Sebelum Beli, Ketahui 9 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Pad Air Ini!

Satu per satu merek terkenal yang biasanya fokus pada smartphone berusaha menciptakan apa yang dikenal sebagai ekosistem. Mereka tidak hanya menawarkan smartphone kepada konsumen, tetapi juga TWS (True Wireless Stereo), smartband, smartwatch, tablet, dan produk lainnya untuk mendukung penggunaan smartphone.

OPPO Pad Air

Sekarang, OPPO juga bergabung dalam tren ekosistem tersebut. Pada bulan Juni 2022, OPPO meluncurkan tablet yang diberi nama OPPO Pad Air, sebuah perangkat yang sebelumnya tidak pernah mereka garap.

OPPO Pad Air hadir dengan performa yang handal di kelasnya untuk mendukung pekerjaan, gaming, dan aktivitas multimedia lainnya. Dalam ulasan ini, kami akan membagikan kelebihan dan kekurangan OPPO Pad Air berserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan OPPO Pad Air

Kelebihan OPPO Pad Air

1. Desain Elegan

Ketika melihat bagian belakangnya, OPPO Pad Air memberikan kesan elegan. Permukaan belakang dengan material logam memiliki dua bagian. Bagian yang lebih besar memiliki finishing OPPO Glow, yang membuat permukaan tablet bebas dari noda sidik jari. Permukaan ini juga memiliki tekstur 3 dimensi yang dapat dirasakan saat disentuh.

OPPO menyebutnya sebagai Sunset Dune 3D Texture, terinspirasi dari keindahan bukit pasir saat matahari terbenam. Bagian yang lebih kecil memiliki finishing dengan motif garis-garis, menyerupai logam yang terbakar. Kedua jenis finishing ini digabung dengan rangka datar, memberikan tampilan tablet yang estetis.

OPPO Pad Air memiliki dimensi 245,1 x 154,8 x 6,9 mm dengan bobot 440 gram. Bobotnya yang cukup berat menandakan bahwa tablet ini dilengkapi dengan baterai yang besar untuk mendukung penggunaan sehari-hari.

2. Dapur Pacu yang Memadai

OPPO Pad Air ditenagai oleh SoC (System on Chip) Snapdragon 680 buatan Qualcomm. Snapdragon 680 memiliki 8 inti CPU (Central Processing Unit), terdiri dari 4 inti Kryo 265 Gold berbasis Cortex A73 (2,4 GHz) dan 4 inti Kryo 265 Silver berbasis Cortex A53 (1,9 GHz). CPU ini juga memiliki berbagai komponen lainnya yang terintegrasi melalui fabrikasi 6 nanometer.

Komponen tersebut meliputi GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 610, prosesor AI DSP Hexagon 686, prosesor gambar ISP Spectra 346, dan Modem X11 LTE. Berdasarkan pengujian gaming oleh Infofull, OPPO Pad Air mampu menjalankan game-game seperti PUBG Mobile, Genshin Impact, Apex Legends, dan lainnya.

3. Layar Lebar dengan Sertifikasi TUV Rheinland

Tablet ini memiliki layar berukuran 10,36 inci dengan panel IPS LCD dan resolusi 2K atau 2000 x 1200 piksel pada aspek rasio 5:3. OPPO mengklaim bahwa layar dengan 225 ppi (pixel per inch) ini mampu menampilkan hingga 1 miliar warna dan memiliki tingkat kecerahan warna sebesar 360 nit. Layar ini juga dilengkapi dengan sensor cahaya yang memungkinkan penyesuaian tingkat kecerahan sesuai dengan kondisi pencahayaan sekitar.

Selain itu, OPPO Pad Air juga telah disertifikasi oleh TUV Rheinland, yang menandakan bahwa layarnya dapat mengurangi emisi cahaya biru dan aman untuk mata jika digunakan dalam waktu yang lama.

4. Baterai Badak dengan Fast Charging 18W

OPPO Pad Air dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 7100 mAh. OPPO mengklaim bahwa baterai tablet ini dapat bertahan hingga 15 jam untuk aktivitas video call dan 12 jam untuk pemutaran video. Saat diuji menggunakan PC Mark dengan tingkat kecerahan layar 100 nit, tablet ini masih dapat bertahan hingga 12 jam.

Untuk penggunaan ringan seperti browsing dan menggunakan media sosial, OPPO Pad Air dapat bertahan hingga 2 hari. Tablet ini mendukung fast charging 18W, yang meskipun tidak tergolong yang tercepat, namun dapat mempercepat proses pengisian daya.

Charger fast charging 18W ini mampu mengisi baterai dari kosong hingga penuh dalam waktu 1 jam 40 menit. Selain fitur fast charging, OPPO Pad Air juga mendukung reverse charging, yang memungkinkan tablet ini digunakan untuk mengisi daya perangkat lain.

5. Kamera

OPPO Pad Air dilengkapi dengan dua kamera, yaitu kamera belakang dengan resolusi 8 MP dan autofokus, memiliki bukaan f/2.0, dan kamera selfie dengan resolusi 5 MP dan fixed focus, memiliki bukaan f/2.2. Keduanya mampu merekam video hingga resolusi Full HD atau 1080p pada 30 fps.

Meskipun sektor kamera tidak menjadi fokus utama pada sebuah tablet, hasil foto yang mungkin kurang memuaskan perlu dimaklumi. Namun, keberadaan kamera pada tablet tetap penting untuk melakukan video call dan memotret dokumen.

6. Speaker dengan Kualitas Suara yang Lantang

OPPO Pad Air memiliki speaker berkualitas dengan suara yang lantang. Tablet ini dilengkapi dengan setidaknya 4 speaker. Suara frekuensi menengah, seperti vokal manusia, dihasilkan dengan baik. Namun, suara frekuensi tinggi, seperti bunyi peluit dan bel, terdengar biasa saja.

Dengan kualitas suara yang dimilikinya, OPPO Pad Air sangat cocok digunakan untuk menonton film atau mendengarkan musik tanpa perlu headset.

Dengan begitu, OPPO Pad Air juga sangat cocok digunakan untuk menonton film atau sekedar mendengarkan lagu. Sehingga, headset tidak diperlukan untuk tablet ini mengingat kualitas suara yang dihasilkan sudah cukup lantang.

7. Ada Fitur Extended RAM

Secara global, OPPO Pad Air tersedia dalam 2 varian memori, yaitu RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 64 GB atau 128 GB. Jika masih kurang, pengguna dapat menambahkan kartu microSD hingga 512 GB. Selain itu, OPPO Pad Air juga memiliki fitur Extended RAM yang memperluas RAM Virtual hingga 3 GB, sehingga total RAM Virtual yang dapat digunakan mencapai 7 GB.

Kekurangan OPPO Pad Air

Kekurangan OPPO Pad Air

1. Tanpa Konektivitas Seluler

OPPO Pad Air mendukung konektivitas WiFi 5 dan Bluetooth 5.1. Namun, tablet ini tidak memiliki slot kartu SIM, sehingga tidak dapat digunakan untuk koneksi seluler. Hanya terdapat slot microSD yang dapat digunakan untuk memori tambahan hingga 512 GB.

Untuk mengakses internet, pengguna memerlukan modem atau WiFi eksternal. Jika tidak tersedia, hotspot dari smartphone juga dapat digunakan sebagai alternatif.

2. Refresh Rate 60Hz

Meskipun OPPO Pad Air menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi 2K, namun refresh rate-nya standar yaitu 60 Hz. Hal ini berarti pengalaman pengguna saat melakukan scrolling di aplikasi media sosial belum terasa sangat mulus.

Meskipun demikian, refresh rate 60 Hz adalah hal yang wajar untuk tablet dengan harga terjangkau seperti OPPO Pad Air.

Harga dan Spesifikasi OPPO Pad Air

Spesifikasi 
  • Warna : Gray, Silver.
  • Dimensi : 245.1 x 154.8 x 6.9 mm.
  • Berat : 440 gram
  • Layar : IPS LCD, 1200 x 2000 piksel, 10.36 inci.
  • Chipset : Qualcom Snapdragon 680 4G (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB / 128 GB.
  • OS : Android 12, ColorOS 12.
  • Baterai : Li-Po 7100 mAh, Fast Charging 18W.
  • Kamera Belakang : 8 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Selengkapnya :


Berdasarkan informasi yang penulis dapatkan, OPPO Pad Air belum dirilis di Indonesia namun dipastikan akan masuk pasar Indonesia. Menurut laman resmi GizmoChina, OPPO Pad Air dihargai sekitar 1.299 yuan atau sekitar Rp2,8 juta untuk varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Sementara itu, varian RAM 4 GB dan ROM 128 GB dihargai sekitar 1.499 Yuan atau sekitar Rp3,2 juta. Beberapa toko online sudah menerima PreOrder untuk OPPO Pad Air.


Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.