Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Pad 2, Tablet Flagship yang Rilis di Indonesia

OPPO Pad 2 dirilis bersamaan dengan seri OPPO Find X6 pada 21 Maret 2023 di pasar China, menjadi penerus OPPO Pad dan OPPO Pad Air. OPPO Indonesia kemudian membawa OPPO Pad 2 ke Indonesia pada 21 September 2023.

OPPO Pad 2

Tablet ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan yang demanding dengan spesifikasi tinggi di hampir semua aspeknya. Diluncurkan dengan SoC (System on Chip) flagship kelas atas, OPPO Pad 2 menggunakan MediaTek Dimensity 9000 berfabrikasi 4 nanometer, RAM 8 GB, dan penyimpanan internal 256 GB.

Tablet ini juga memiliki layar lebar dengan resolusi 2000 x 2800 piksel dan refresh rate 144Hz yang sangat imersif. Desain layar yang matang membuat pengalaman membaca novel digital menjadi nyaman.

Dengan harga menengah ke atas, OPPO Pad 2 cocok tidak hanya untuk komputasi ringan sehari-hari tetapi juga untuk produktivitas profesional. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan OPPO Pad 2 beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan OPPO Pad 2

Kelebihan OPPO Pad 2

1. Layar IPS 144Hz

Dari informasi yang saya himpun, OPPO Pad 2 dirancang dengan rasio layar 7:5 yang diklaim mampu menampilkan konten lebih luas tanpa scrolling. OPPO menyebutkan bahwa rasio ini mirip dengan tampilan membaca buku sungguhan. Rasio layar ini juga mendukung tampilan split-screen dengan jendela yang matang dan nyaman bagi mata.

OPPO Pad 2 menggunakan panel layar IPS LCD berukuran 11,61 inci dengan resolusi 2000 x 2800 piksel dan kerapatan 296 ppi. Layar ini memiliki refresh rate 144Hz untuk animasi yang lebih mulus dan bebas dari screen tearing. Layar tersebut juga memiliki kecerahan tipikal hingga 500 nits dan sertifikasi Dolby Vision.

Untuk kenyamanan pengguna, layar OPPO Pad 2 dilengkapi dengan fitur Eye Protection yang menyaring cahaya biru pada rentang 415 hingga 455 nm. Tablet ini juga telah lolos uji sertifikasi Rheinland dan evaluasi National Eye Engineering Center.

2. Desain Bodi Tipis

Dari segi desain, OPPO Pad 2 memiliki sudut yang melengkung sehingga nyaman digunakan. Frame-nya terbuat dari aluminium, memberikan kesan premium dan sulit meninggalkan sidik jari. OPPO menyatakan bahwa mereka telah melakukan proses polishing ribuan kali untuk menciptakan tekstur mewah pada bodi tablet ini.

Dengan ketebalan hanya 6,54 mm, tablet ini mudah dimasukkan ke dalam tas dan nyaman digenggam tanpa membuat tangan cepat lelah. Pada bagian belakang, konfigurasi kamera tidak seperti tablet biasanya. Sementara tablet lain menempatkan kamera di pojok kiri atas dalam orientasi potret, OPPO Pad 2 menempatkannya di tengah atas dalam orientasi lanskap.

Tidak hanya itu, posisi kamera belakang sekarang selaras dengan posisi kamera selfie. Desain seperti ini tidak hanya memperindah tampilan, tetapi juga meningkatkan kepraktisan penggunaan.

3. Ada Stylus Pen

OPPO Pad 2 didukung oleh OPPO Pen (stylus) dan juga keyboard. OPPO Pen pada tablet ini memiliki latensi 2 ms yang memberikan pengalaman menulis yang nyata seperti menggunakan pena dan kertas.

Stylus ini selalu terpasang pada bodi tablet dan dapat digunakan langsung untuk menulis dan menggambar secara instan. Selain itu, bodi OPPO Pad 2 dilengkapi dengan konektor pin POGO untuk menghubungkannya dengan keyboard.

Keyboard yang didukung oleh OPPO Pad 2 dilengkapi dengan trackpad untuk navigasi antarmuka yang lebih lancar. Ini mirip dengan Magic Keyboard pada produk Apple. Dengan pin POGO, keyboard tidak perlu diisi daya secara terpisah karena dapat mengambil daya dari tablet. Hal ini juga mengurangi latensi untuk pengetikan yang lebih responsif.

4. Kamera Bisa Diandalkan

OPPO Pad 2 dilengkapi dengan kamera utama 13 MP dengan aperture f/2.2 yang dapat menghasilkan foto yang bagus. Fitur menarik dari kamera ini adalah kemampuan merekam video 4K pada 30 FPS. Namun, tablet ini tidak mendukung frame rate 60 FPS saat merekam video 1080p.

Untuk mengurangi guncangan saat merekam video, OPPO Pad 2 dilengkapi dengan fitur stabilisasi gyro-EIS (Electronic Image Stabilization). Hal ini membuatnya cocok untuk keperluan pembuatan konten di kelasnya.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie 8 MP yang dapat merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 FPS.

5. Performa Mumpuni

Performa yang ditawarkan oleh OPPO Pad 2 menurut penulis dianggap tak tertandingi. Hal ini disebabkan oleh dukungan dari System on Chip (SoC) MediaTek Dimensity 9000 dengan fabrikasi 4 nanometer.

SoC ini memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari single-core ARM Cortex-X2 dengan kecepatan 3,05 GHz, triple-core ARM Cortex-A710 dengan kecepatan 2,85 GHz, dan quad-core ARM Cortex-A510 dengan kecepatan 1,8 GHz. SoC ini juga dipadukan dengan memori RAM 8 GB LPDDR5 dan GPU Mali G710 MC10 yang memadai.

Dilansir dari kanal YouTube Wow Tech Arena, tablet ini menunjukkan performa yang sangat lancar saat memainkan PUBG Mobile. Dengan pengaturan grafis smooth dan refresh rate 90Hz, tablet ini mampu menjalankan permainan tanpa lag yang terasa.

SoC MediaTek Dimensity 9000 ini juga memiliki skor AnTuTu v9 sebesar 1.005.677 poin, seperti yang dilansir dari Nano Review. Selain itu, pada Geekbench 5, chipset ini mampu mencapai skor 1271 poin untuk single-core dan 4324 poin untuk multi-core.

6. Konektivitas Ideal

Konektivitas dari tablet OPPO Pad 2 dianggap cukup ideal oleh penulis berkat dukungan Wi-Fi 6 yang mampu mencapai kecepatan maksimal yang lebih tinggi dibandingkan dengan Wi-Fi 5. Selain itu, terdapat juga Bluetooth 5.3 yang dilengkapi dengan kodek A2DP dan antarmuka Low Energy.

Sayangnya, tidak ada fitur NFC dan FM Radio pada tablet ini. Hal ini membuat pengguna tidak dapat melakukan pengecekan dan pengisian kartu eMoney dengan mudah. Untuk mendukung produktivitas, OPPO Pad 2 menggunakan sistem operasi terbaru Android 13 dengan antarmuka ColorOS 13.1 yang dilengkapi dengan fitur gesture menarik.

Salah satu fitur menarik dari tablet ini adalah Multi Screen Collaboration, di mana tablet dapat menampilkan isi layar dari smartphone yang terhubung ke akun yang sama. Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan navigasi smartphone melalui tablet tanpa perlu terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.

Ketika OPPO Pad 2 terhubung ke jaringan Wi-Fi, tablet ini akan meningkatkan kecepatan internet dengan menggabungkan jaringan seluler 5G dari smartphone yang terhubung. Fitur ini cukup jarang ditemukan pada tablet lainnya.

7. Baterai 9150 mAh Awet

OPPO Pad 2 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 9510 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 16 jam saat menonton series. Tablet ini juga dilengkapi dengan fitur pengisian cepat Super Flash Charge 67W, sehingga dalam waktu 10 menit pengisian, tablet dapat digunakan untuk produktivitas kantor selama 3 jam.

Dengan kapasitas baterai yang besar, OPPO Pad 2 dapat bertahan sepanjang hari dengan penggunaan normal. Proses pengisian daya hanya membutuhkan waktu 80 menit untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh.

Tablet ini juga dilengkapi dengan port USB Type-C 2.0 yang mendukung USB OTG (On-The-Go), memungkinkan transfer data antara tablet, laptop, atau flashdisk yang terhubung.

Kekurangan OPPO Pad 2

Kekurangan OPPO Pad 2

1. Tidak Ada 3.5mm Jack Audio

OPPO Pad 2 menawarkan pengalaman multimedia yang memuaskan dengan dukungan audio stereo dari empat speaker dan sertifikasi Dolby Atmos. Dengan tambahan dukungan Dolby Vision pada layar, tablet ini menyajikan pengalaman menonton yang imersif secara audio dan visual.

Namun, sayangnya, OPPO Pad 2 tidak dilengkapi dengan jack audio 3.5 mm untuk menggunakan earphone kabel. Sebagai gantinya, pengguna perlu menggunakan earphone nirkabel (TWS).

2. WiFi Only

Salah satu kekurangan dari OPPO Pad 2 adalah ketidakmampuannya untuk terhubung dengan jaringan seluler, sehingga tablet ini hanya dapat terhubung melalui Wi-Fi. Namun, tablet ini dapat terhubung dengan perangkat lain melalui fasilitas tethering menggunakan Bluetooth atau kabel USB.

3. Tidak Ada Slot microSD

OPPO Pad 2 dilengkapi dengan memori RAM 8 GB LPDDR5 dan penyimpanan internal 256 GB UFS 3.1 untuk pasar Indonesia. Meskipun memiliki kemampuan transfer data yang cepat, menurut penulis, kapasitas penyimpanan 256 GB terasa cukup kecil untuk ukuran tablet.

Sayangnya, OPPO Pad 2 tidak menyediakan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal, sehingga pengguna tidak dapat memisahkan file multimedia dengan aplikasi.

Harga dan Spesifikasi OPPO Pad 2

Spesifikasi 
  • Warna : Grey.
  • Dimensi : 258 x 189.4 x 6.5 mm.
  • Berat : 552 gram.
  • Layar : IPS LCD, 2000 x 2800, 11,61 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6983 Dimensity 9000 (4 nm).
  • GPU : Mali-G710 MC10.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, ColorOS 13.1.
  • Baterai : Li-Po 9510 mAh, non-removable, 67W wired.
  • Kamera Belakang : 13 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Selengkapnya :


OPPO Pad 2 adalah salah satu tablet terbaru yang menawarkan spesifikasi tingkat tinggi di hampir semua aspeknya. Tablet ini didukung oleh SoC (System on Chip) kelas atas, MediaTek Dimensity 9000, yang berfabrikasi 4 nanometer, serta didukung oleh RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB. Layar lebarnya menawarkan resolusi 2000 x 2800 piksel dengan refresh rate 144Hz yang sangat mengesankan secara visual.

Dengan spesifikasi tersebut, performa OPPO Pad 2 tak tertandingi. Harga tablet ini di Indonesia, berdasarkan informasi yang penulis kumpulkan, adalah Rp9.999.000.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.