Sebelum Beli, Baca Dulu 11 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A77s

OPPO Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbaru mereka di Indonesia, yakni OPPO A77s pada tanggal 13 Oktober 2022 lalu dengan tagline “Gaya Keren, Perfoma Ekstra”. Ponsel ini masuk dalam kategori kelas menengah dengan harga sekitar Rp3 jutaan. OPPO A77s hadir dengan berbagai keunggulan, salah satunya adalah layar yang mendukung gamut warna DCI-P3 100%, sehingga menawarkan pengalaman visual yang sangat berwarna.

OPPO A77s

Sebagai penerus dari OPPO A76 yang dirilis pada bulan Februari sebelumnya, OPPO A77s menawarkan berbagai peningkatan yang menyenangkan. Salah satunya adalah sektor kamera yang mengusung resolusi 50 MP dan fitur-fitur lainnya yang membuat pengalaman fotografi Anda lebih memuaskan.

Bagi yang ingin mengetahui lebih detail tentang OPPO A77s, berikut ulasan lengkap mengenai kelebihan, kekurangan, spesifikasi, dan harga ponsel ini.

Kelebihan OPPO A77s

Kelebihan OPPO A77s

1. Desain Mewah

Jika dilihat dari desainnya, OPPO A77s terlihat seperti smartphone flagship yang dijual dengan harga puluhan juta. Desain ponsel ini terdiri dari dua bahan material, yaitu plastik dan kulit imitasi. Varian warna Sunset Orange menggunakan desain fiberglass-leather.

Sementara varian warna Starry Black dan Sky Blue menggunakan teknologi desain OPPO Glow yang dapat berubah warna tergantung sudut pandang. Ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari yang terletak di samping bodi, yang terintegrasi dengan tombol power agar tidak mengganggu desain belakang OPPO A77s.

Dengan dimensi 163,8 x 75 x 8 mm dan bobot antara 187 gram dan 190 gram, OPPO A77s menawarkan berbagai pilihan varian warna yang dapat Anda pilih.

2. Punya Sertifikasi IP54

Anda tidak perlu khawatir tentang kualitas bangunan dari OPPO A77s. Ponsel ini telah menjalani serangkaian uji ketat sebelum dirilis, seperti diuji dengan 20.000 kali colok-cabut pada port USB Type-C, 150.000 kali penekanan tombol volume, 500.000 kali penekanan tombol power, dan uji jatuh dari ketinggian 1 meter.

Selain itu, OPPO A77s cocok digunakan oleh mereka yang sering bekerja di luar ruangan seperti ojek online, kurir, dan lainnya. Ponsel ini memiliki sertifikasi IP54 yang melindungi dari kerusakan akibat cipratan air seperti gerimis hujan dan sejenisnya.

3. Layar IPS 90Hz

Dalam hal layar, OPPO A77s menawarkan pengalaman visual yang cukup memuaskan. Ponsel ini dilengkapi dengan layar IPS LCD berukuran 6,56 inci dengan resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel.

Layar dengan rasio aspek 20:9 ini memiliki tingkat kecerahan mencapai 480 nit, dengan kecerahan maksimal mencapai 600 nit, serta refresh rate 90 Hz. Selain itu, layar OPPO A77s juga memiliki kemampuan menampilkan gamut warna sRGB sebesar 99,53% dan DCI-P3 sebesar 96,17%. Hal ini hampir sesuai dengan klaim perusahaan yang menyatakan bahwa ponsel ini mendukung 100% DCI-P3 dan 96% NTSC.

4. Dapur Pacu Cukup Memadai

Baik OPPO A76 maupun OPPO A77s sama-sama menggunakan dapur pacu yang tangguh, yaitu Qualcomm Snapdragon 680 4G. Dengan ini, Anda dapat memainkan game-game populer seperti PUBG Mobile, Genshin Impact, Free Fire MAX, COD Mobile, Apex Legends Mobile, dan lainnya.

Snapdragon 680 4G ini memiliki fabrikasi 6 nanometer, sehingga memiliki efisiensi daya yang setara dengan chipset flagship. Chipset ini memiliki 8 inti CPU yang terdiri dari 4 inti performa Kryo 265 Gold (2,4 GHz) dan 4 inti hemat daya Kryo 265 Silver (1,9 GHz).

Inti Kryo 265 Gold didasarkan pada arsitektur ARM Cortex A73, sementara inti Kryo 265 Silver didasarkan pada ARM Cortex A53. Dengan keberadaan inti Cortex A73, OPPO A77s dapat mengatasi tugas-tugas grafis berat seperti bermain game, mengedit foto, dan merender video. Selain itu, chipset ini juga dilengkapi dengan GPU Adreno 610.

5. Ada RAM Expansion

OPPO A77s dilengkapi dengan RAM 8 GB (LPDDR4X) dan penyimpanan internal 128 GB (UFS 2.2). Selain itu, ponsel ini memiliki fitur RAM Expansion yang memungkinkan Anda meminjam penyimpanan internal hingga 8 GB untuk digunakan sebagai RAM Virtual.

Dengan fitur ini, pengalaman gaming dan multitasking dapat berjalan lebih lancar. Jika Anda merasa kapasitas penyimpanan internal 128 GB kurang, Anda masih bisa menambahkan kartu microSD hingga 1 TB.

6. Kamera Utama 50MP

OPPO A77s menawarkan dual camera dengan kamera utama 50 MP dengan bukaan f/1.8 dan FOV 77 derajat. Kamera kedua adalah kamera depth 2 MP. Di bagian depan, terdapat kamera selfie 8 MP dengan bukaan f/2.0 dan FOV 79 derajat.

Ponsel ini dilengkapi dengan berbagai fitur kamera seperti mode malam, mode potret, panorama, time-lapse, slow motion, Google Lens, Extra HD, dan pemindai teks. OPPO A77s juga memiliki fitur Ultra Clear 108 MP.

Untuk perekaman video, OPPO A77s dapat merekam video hingga resolusi 720p dan 1080p pada 30fps.

7. Baterai 5000 mAh dengan Fitur SuperVOOC 33W

Untuk memastikan pengguna dapat menggunakan ponsel dalam jangka waktu yang lama, OPPO A77s dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang memiliki daya tahan yang luar biasa. Selain itu, ponsel ini juga unggul dalam hal pengisian daya, karena dilengkapi dengan teknologi 33W SuperVOOC yang dapat mengisi daya dari kosong hingga penuh dalam waktu 69 menit.

OPPO A77s juga memiliki fitur Optimized Night Charging yang mengurangi efek negatif dari overcharge. Dengan bantuan teknologi AI, fitur ini dapat menjadwalkan rencana pengisian daya yang terstruktur, sehingga ponsel akan mencapai kondisi baterai penuh pada keesokan harinya.

8. Konektivitas Lengkap

OPPO A77s hadir dengan konektivitas yang lengkap. Ponsel ini dilengkapi dengan WiFi Dual Band yang dapat terhubung dengan frekuensi 5 GHz, Bluetooth 5.0 dengan kodek A2DP dan aptX HD, port USB Type-C 2.0 yang mendukung On-The-Go (OTG), dan speaker stereo.

Selain itu, OPPO A77s juga dilengkapi dengan berbagai sensor seperti proximity, geomagnetic, optical sensor, accelerometer, gravity sensor, dan pedometer.

Kekurangan OPPO A77s

Kekurangan OPPO A77s

1. Tidak Mendukung NFC

Menurut informasi spesifikasi dari situs GSM Arena, OPPO A77s mendukung fitur NFC (Near Field Communications) untuk beberapa kawasan tertentu. Namun, untuk wilayah Indonesia, ponsel ini tidak mendukung fitur NFC (Near Field Communications).

2. Tanpa Lensa Ultrawide

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, OPPO A77s hanya dilengkapi dengan konfigurasi Dual Camera, yaitu kamera utama 50 MP dan kamera depth 2 MP. Meskipun dibanderol dengan harga sekitar Rp3 jutaan, kebanyakan produsen lain biasanya sudah menyertakan sensor Ultrawide pada ponsel sekelasnya. Namun, OPPO A77s tidak menyertakan fitur tersebut.

Karena itu, pengguna tidak dapat menangkap banyak subjek dalam satu frame. Hal ini dapat menyulitkan pengguna saat ingin mengambil foto dengan banyak orang sekaligus, seperti foto bersama teman sekelas, undangan pernikahan, atau saat memotret pemandangan dengan sudut pandang yang luas.

3. Resolusi Layar Masih HD+

Meskipun layar OPPO A77s mampu menampilkan warna yang sangat akurat, namun layarnya hanya memiliki resolusi HD+. Hal ini menjadi kekurangan karena banyak pesaing yang sudah menggunakan resolusi Full HD+ pada harga yang sama atau lebih rendah. Hal ini mungkin mengecewakan bagi pengguna, tetapi bagi yang sudah terbiasa dengan resolusi HD+, hal ini mungkin masih dapat ditoleransi.

Harga dan Spesifikasi OPPO A77s

Spesifikasi OPPO A77s
  • Warna : Sunset Orange, Starry Black.
  • Dimensi : 163.8 x 75 x 8 mm.
  • Berat : 187 gram dan 190 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.56 inci.
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 680 4G  (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 8 GB + 8 GB RAM Virtual.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, ColorOS 12.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 33W SuperVOOC.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

SelengkapnyaSpesifikasi OPPO A77s dan Harganya

OPPO A77s merupakan salah satu ponsel kelas menengah terbaru yang menampilkan desain premium mirip dengan ponsel flagship yang dijual dengan harga puluhan juta rupiah. Ponsel ini ditenagai oleh Snapdragon 680 4G, memiliki kamera utama 50 MP, dan mendukung speaker stereo.

Menurut informasi resmi dari situs web OPPO Indonesia, OPPO A77s dijual dengan harga Rp3.499.000 untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Ponsel ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Starry Black dan Sunset Orange.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.