Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A58 4G, HP Rp 2 Jutaan dengan Layar Ciamik

Setelah meluncurkan OPPO A78 5G dan OPPO A78 4G beberapa waktu lalu, kini OPPO Indonesia melanjutkannya dengan merilis smartphone terbaru melalui seri OPPO A58 4G yang membidik segmen 2 jutaan.

OPPO A58 4G

Keputusan dalam menghadirkan varian 4G LTE ini didasari karena minat masyarakat akan ponsel 4G masih cukup tinggi. Ini karena smartphone 4G umumnya hadir dengan harga yang lebih terjangkau, namun dengan value dan spesifikasi yang tak kalah menarik. Terlebih lagi jaringan 5G masih belum merata, bahkan di kota besar sekalipun.

Berbicara soal performa, smartphone terbaru OPPO A58 4G ini ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 octa-core dipadukan dengan memori RAM berkapasitas 6 GB.

Kemudian, keseluruhan performa tersebut juga didukung dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dengan SuperVOOC 33W. Selain itu, ponsel tersebut pun hadir dengan dua buah kamera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang memadai.

OPPO A58 4G ini pun hadir di pasar Indonesia dengan membawa konektivitas NFC (Near Field Communication) guna membantu pengguna dalam menjalani hidupnya lebih praktis.

Desain dari sang ponsel juga termasuk salah satu yang terbaik di kelas harganya. Lalu apa saja sih kelebihan dan kekurangan OPPO A58 4G? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Kelebihan OPPO A58 4G

Kelebihan OPPO A58 4G

1. Desain Unik dan Menawan

Smartphone ini pun hadir dengan desain yang cukup unik dengan frame datar dipadukan housing kamera yang simpel berwarna hitam yang elegan serta didukung oleh penutup belakang bergaya OPPO Glow yang inovatif dipadukan dekorasi kamera vertikal.

Tak cukup sampai disitu saja, sang ponsel juga telah mengantongi sertifikasi IPX4 sehingga ia tahan percikan air dari segala sisi. Itu juga hadir dalam dua varian warna, yakni Glowing Black dan Dazzling Green.

Bodi smartphone memiliki dimensi panjang 165,7 mm dengan lebar 76 mm. Sementara pada ketebalannya berada di angka 8 mm. Ini memang bukan yang paling tipis di dunia, namun tingkat ketebalan ini masih tergolong tipis guna memberikan kenyamanan genggam.

OPPO A58 4G pun masih mengusung bahan material plastik polikarbonat di sisi belakang dan frame. Kendati tidak semewah kaca pada sejumlah ponsel kelas atas atau mid-range yang sudah menggunakan kaca, bahan plastik ini membuat sang ponsel lebih kokoh terhadap benturan.

2. Performa Bersaing

Performa dari OPPO A58 4G ini menurut penulis masih bisa bersaing di tahun 2023 walaupun bukan yang terbaik di kelasnya karena hanya mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 yang berlari dengan kecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 yang berlari dengan kecepatan 1.8 GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6 GB LPDDR4X, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G52 2EEMC2.

Smartphone kelas menengah besutan OPPO Indonesia itu pun juga dibekali dengan penyimpanan internal berkapasitas 128 GB eMMC 5.1 dan masih didukung kehadiran slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 512 GB.

3. Kualitas Layar yang Cukup Baik

Smartphone kelas menengah terbaru OPPO A58 4G dilengkapi dengan layar sentuh punch hole berukuran 6,72 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang memiliki resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel, memberikan kerapatan hingga 391 ppi (pixel per inch), dan kecerahan puncak mencapai 680 nits (puncak) dengan aspek rasio 20:9. Layar ini juga dilengkapi dengan screenguard bawaan pabrik.

Meskipun layarnya hanya memiliki refresh rate 60Hz, layar ini memiliki touch sampling rate tinggi yaitu 180Hz, sehingga memberikan respons yang cepat untuk pengalaman pengguna yang lebih baik dalam bermain game.

Untuk mendukung berbagai aktivitas, pengguna dapat memilih dua mode warna pada pengaturan layar. Mode vivid menampilkan gamut warna 100% DCI-P3, sedangkan mode gentle menampilkan gamut warna 100% sRGB yang lebih cocok untuk membuat konten.

4. Kamera Utama 50MP

Dalam hal fotografi, OPPO A58 4G dilengkapi dengan konfigurasi Dual Camera di bagian belakangnya. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan aperture f/1.8, menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2.76 inci dengan ukuran piksel 0.64um. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Kamera kedua memiliki resolusi 2 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci dan ukuran piksel 1.75um, dipadukan dengan lensa 27mm pada bukaan aperture f/2.4, berfungsi sebagai depth sensor. Sayangnya, ponsel ini tidak dilengkapi dengan lensa ultra-wide angle.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie beresolusi 8 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci dan ukuran piksel 1.12um pada bukaan aperture f/2.0. Untuk perekaman video, baik kamera belakang maupun depan mampu merekam hingga resolusi 1080p@30fps.

5. Adanya Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) kini tidak hanya digunakan oleh ponsel kelas flagship, tetapi juga sudah ada pada smartphone kelas entry-level hingga mid-range, termasuk OPPO A58 4G.

Dengan fitur NFC (Near Field Communication), pengguna dapat dengan mudah mengisi saldo eMoney dengan membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi OPPO A58 4G. Hal ini akan sangat memudahkan pengguna kendaraan roda dua hingga roda empat saat melewati tol atau parkir.

6. Hadirnya Fitur IR Blaster

Infrared (IR) Blaster bukanlah fitur eksklusif yang hanya dimiliki oleh ponsel Xiaomi. Beberapa ponsel dari keluarga OPPO juga dilengkapi dengan fitur ini, termasuk OPPO A58 4G yang sedang dibahas.

IR Blaster berfungsi untuk mengendalikan perangkat elektronik seperti mengubah HP menjadi remote TV, AC, dan perangkat lainnya.

7. Ada Stereo Speaker

OPPO A58 4G dilengkapi dengan dual stereo speaker dan teknologi Dirac 3.0 untuk memberikan pengalaman suara yang imersif. Selain itu, Anda dapat menikmati suara yang jelas dengan meningkatkan volume hingga 200%. Fitur ini sangat berguna saat harus menjawab panggilan telepon penting atau mendengarkan pesan suara di tempat yang ramai.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan jack audio 3.5mm agar Anda bisa mendengarkan musik menggunakan earphone biasa.

8. SuperVOOC 33W

Untuk urusan daya, smartphone kelas menengah OPPO A58 4G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas ini sudah menjadi standar umum di industri smartphone dan dapat membuat ponsel bertahan hingga seharian penuh.

Menurut informasi yang penulis himpun, baterai OPPO A58 4G hanya berkurang 6 persen setelah digunakan bermain game Mobile Legends dengan kecerahan layar 30 persen dan volume suara sekitar 40 persen.

Selain itu, OPPO A58 4G dilengkapi dengan fitur pengisian cepat SuperVOOC 33W, yang mampu mengisi daya hingga 52% dalam waktu 30 menit. Untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh, OPPO mengklaim bahwa HP hanya membutuhkan waktu 75 menit.

Tidak hanya itu, ketahanan baterai OPPO A58 4G juga didukung oleh dua fitur penghemat baterai, yaitu Super Power Saving Mode dan Super Night-time Standby Mode.

Kekurangan OPPO A58 4G

Kekurangan OPPO A58 4G

1. Tidak Ada Dukungan 5G

Dikarenakan OPPO A58 4G hanya menggunakan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85, bukan Dimensity, maka ponsel ini tidak mendukung jaringan seluler generasi kelima atau 5G. Ponsel ini hanya mendukung jaringan 4G LTE dengan Dual Sim Card.

2. Tanpa Kamera Ultrawide

Kamera dari OPPO A58 4G dapat dikatakan cukup baik. Namun, ada kekurangan yang mungkin menjadi masalah bagi sebagian orang, terutama bagi yang sering berpergian ke tempat alam.

Ponsel kelas menengah ini tidak dilengkapi dengan sensor ultrawide, sehingga Anda tidak dapat mengambil foto dengan sudut yang sangat luas. Padahal, beberapa pesaingnya dengan harga yang lebih murah telah menyertakan lensa ultra-wide angle, seperti Xiaomi Redmi 12 yang baru saja diluncurkan di Indonesia.

Harga dan Spesifikasi OPPO A58 5G

Spesifikasi 
  • Warna : Glowing Black dan Dazzling Green.
  • Dimensi : 165.7 x 76 x 8 mm.
  • Berat : 192 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2400 piksel, 6.72 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6769 Helio G85 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, ColorOS 13.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W SuperVOOC.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Selengkapnya :


OPPO A58 4G adalah salah satu smartphone kelas menengah terbaru dari OPPO Indonesia. Smartphone ini memiliki desain stylish dan sertifikasi IPX4 yang membuatnya tahan terhadap percikan air dari segala arah.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan layar besar beresolusi Full HD+ dan ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 octa-core. Harga smartphone OPPO A58 4G terbaru di Indonesia adalah Rp2.499.000 untuk varian RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.