Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A38, HP 1 Jutaan Punya Spek Kece

Tak lama setelah merilis OPPO A58 4G, OPPO Indonesia kembali merangkul segmen entry-level dengan seri OPPO A38. Smartphone ini menawarkan desain yang mirip dengan OPPO A58, dengan frame datar atau flat yang dipadukan dengan housing kamera sederhana berwarna hitam yang elegan, serta penutup belakang bergaya OPPO Glow yang juga dilengkapi dengan dekorasi kamera vertikal yang sederhana. Tersedia dalam dua varian warna, yaitu Glowing Black dan Glowing Gold. Selain itu, OPPO A38 juga memiliki sertifikasi IP54 dan IPX4, menjadikannya tahan terhadap percikan air dan debu.

OPPO A38

Dari segi performa, smartphone OPPO A38 ini ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 octa-core yang masih sangat mumpuni, dipadukan dengan RAM 4 GB LPDDR4X. Smartphone ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang didukung oleh fitur pengisian cepat terkencang di kelasnya, yakni SuperVOOC 33W. Tak hanya itu, ponsel ini juga memiliki dua kamera di bagian belakang, dengan kamera utama berkekuatan 50 MP.

Lalu, apa kelebihan dan kekurangan dari OPPO A38, serta berapa harga dan spesifikasinya? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan berikut.

Kelebihan OPPO A38

Kelebihan OPPO A38

1. Kualitas Layar Oke

Smartphone entry-level OPPO A38 dilengkapi dengan layar sentuh waterdrop notch berukuran 6,56 inci dengan aspek rasio 20:9. Layar ini menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD dengan resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel, yang menawarkan kerapatan mencapai 391 ppi (pixel per inch) dan kecerahan mencapai 720 nits (puncak), sehingga cukup cemerlang. Layar ini juga memiliki refresh rate 90Hz yang membuat pengalaman pengguna menjadi lebih imersif. Selain itu, layar ini sudah dilengkapi dengan screenguard bawaan pabrik.

Untuk mendukung berbagai aktivitas, pengguna dapat memilih dua mode warna pada pengaturan layar. Mode pertama adalah mode vivid, yang menampilkan gamut warna 100% DCI-P3. Namun, jika pengguna ingin menggunakan ponsel ini untuk membuat konten, disarankan untuk memilih mode gentle, yang menunjukkan gamut warna 100% sRGB.

2. Performa Masih Bersaing

Menurut penulis, performa dari OPPO A38 masih dapat bersaing di tahun 2023 meskipun bukan yang terbaik di kelasnya. Smartphone ini menggunakan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 dengan fabrikasi 12 nanometer.

Helio G85 memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz. OPPO A38 didukung oleh RAM 4 GB LPDDR4X dan GPU Mali-G52 2EEMC2 yang mumpuni.

OPPO A38 juga dilengkapi dengan penyimpanan internal 128 GB eMMC 5.1 dan memiliki slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga 512 GB.

3. Desain Menarik

Smartphone ini memiliki desain yang unik dengan frame datar yang dipadukan dengan housing kamera berwarna hitam yang elegan, serta penutup belakang bergaya OPPO Glow yang inovatif dengan dekorasi kamera vertikal. Selain itu, ponsel ini juga memiliki sertifikasi IPX4 sehingga tahan terhadap percikan air dari segala sisi. Tersedia dalam dua varian warna, Glowing Black dan Glowing Gold.

Dimensi bodi smartphone ini adalah panjang 163,7 mm dan lebar 75 mm, dengan ketebalan 8,2 mm. Meskipun tidak termasuk yang paling tipis, ketebalan ini masih dianggap tipis untuk memberikan kenyamanan saat digenggam.

OPPO A38 menggunakan bahan material plastik polikarbonat di sisi belakang dan frame. Meskipun tidak sekelas dengan kaca pada ponsel kelas atas atau menengah, bahan plastik ini membuat ponsel lebih kokoh terhadap benturan.

4. Fitur Menarik dan OS Terbaru

Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur Ultra Volume 300 persen yang dapat memperbesar volume speaker hingga 300 persen, sehingga kualitas audio menjadi lebih jelas.

OPPO A38 juga dilengkapi dengan fitur lain seperti Game Space dan AI System Booster yang bertujuan untuk memanjakan para gamer dan mengurangi frame-drop saat bermain game. Dari segi perangkat lunak, smartphone ini menggunakan sistem operasi Android 13 terbaru dengan antarmuka ColorOS 13.1 yang kaya akan fitur.

5. Dual Camera 50MP

Dari segi fotografi, OPPO A38 dilengkapi dengan konfigurasi Dual Camera di bagian belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan aperture f/1.8, menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2,76 inci dengan piksel sebesar 0,64um. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Kamera kedua memiliki resolusi 2 MP, menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci dengan piksel sebesar 1,75um, dan lensa 27mm dengan bukaan aperture f/2.4. Kamera ini berfungsi sebagai depth sensor. Namun, sayangnya, ponsel ini tidak dilengkapi dengan lensa ultra-wide angle.

Untuk kamera depan, OPPO A38 memiliki kamera selfie dengan resolusi 5 MP, menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci dengan piksel sebesar 1,12um, dan bukaan aperture f/2.2. Untuk perekaman video, baik kamera belakang maupun kamera depan mampu merekam hingga resolusi 1080p@30fps.

Beberapa fitur fotografi juga disertakan, seperti AI Portrait Retouching untuk memperindah foto dengan tetap terlihat natural, dan Portrait Bokeh untuk memberikan efek blur pada latar belakang foto.

6. SuperVOOC 33W

Untuk daya tahan baterai, OPPO A38 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas ini sudah menjadi standar umum di industri smartphone, yang mampu membuat ponsel bertahan sepanjang hari.

Selain itu, OPPO A38 juga dilengkapi dengan fitur pengisian cepat SuperVOOC 33W, yang mampu mengisi daya hingga 50% dalam waktu 30 menit saja. Untuk mengisi daya dari nol hingga penuh, OPPO mengklaim bahwa ponsel hanya membutuhkan waktu sekitar 75 menit saja.

Kekurangan OPPO A38

Kekurangan OPPO A38

1. Kapasitas RAM Hanya 4GB

Salah satu kekurangan dari smartphone OPPO A38 adalah kapasitas RAM-nya. Meskipun dijual dengan harga Rp2 jutaan, ponsel ini hanya memiliki RAM 4 GB. Kapasitas ini terasa kurang memadai untuk kelas harganya.

Sebagai perbandingan, beberapa merek smartphone lain di kelas harga yang sama sudah menghadirkan RAM yang lebih besar. Sebagai contoh, itel S23 dijual dengan harga Rp1,3 jutaan namun dibekali RAM hingga 8 GB. Di sisi lain, Infinix Hot 30 dijual dengan harga Rp1,8 jutaan dan memiliki RAM 8 GB.

2. Touch Sampling Rate 90Hz

Ponsel ini memiliki layar seluas 6,72 inci yang mampu menampilkan detail dan warna dengan baik, serta dilengkapi dengan refresh rate 90Hz. Namun, layar ini hanya mendukung touch sampling rate 90Hz, yang merupakan standar yang sudah umum diketahui kualitasnya. Hal ini cukup mengecewakan banyak konsumen karena sebagian besar ponsel di rentang harga yang sama menawarkan touch sampling rate 180 Hz atau lebih tinggi.

3. Tidak Ada Stereo Speaker

Speaker dengan konfigurasi stereo tidak hadir pada OPPO A38. Keputusan ini kemungkinan untuk menjaga harga jual produk tetap terjangkau. Ponsel ini hanya memiliki satu speaker, yang diletakkan di sebelah kiri port USB Type-C 2.0.

Meskipun demikian, kualitas suara yang dihasilkan oleh OPPO A38 tergolong baik untuk kelasnya. Selain itu, fitur Ultra Volume Speaker juga hadir untuk meningkatkan kelantangan suara hingga 300%, yang biasanya hanya mencapai 100% saja.

4. Tidak Ada Fitur NFC

Saat ini, banyak orang yang tertarik dengan keberadaan fitur NFC. Namun, sayangnya, OPPO A38 tidak mendukung fitur NFC (Near Field Communications). Padahal, fitur NFC ini penting karena dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti cek saldo eMoney, transaksi yang mudah dan cepat, pengisian saldo eToll, dan lain sebagainya.

Harga dan Spesifikasi OPPO A38

Spesifikasi 
  • Warna : Glowing Black dan Glowing Gold.
  • Dimensi : 165.7 x 76 x 8 mm.
  • Berat : 190 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.72 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6769 Helio G85 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, ColorOS 13.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W SuperVOOC.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Selengkapnya :


OPPO A38 adalah smartphone entry-level terbaru yang menggunakan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 dan layar HD+ dengan refresh rate 90Hz. Selain itu, ponsel ini juga memiliki sertifikasi IP54 dan IPX4, membuatnya tahan terhadap percikan air dan paparan debu. Harga OPPO A38 di Indonesia adalah Rp2.099.000 untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.