9 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A17k, HP Sejutaan dengan Desain Keren

Pada 11 November 2022, OPPO Indonesia mengumumkan smartphone entry-level mereka dengan nama OPPO A17k di kelas harga Rp1 jutaan. OPPO A17k merupakan penerus dari OPPO A16k yang dirilis pada bulan Mei 2022. Meskipun menjadi penerus dari OPPO A16k, harga OPPO A16k terpaut lebih tinggi, yaitu sekitar Rp2,1 jutaan.

OPPO A17k

OPPO A17k hadir sebagai ponsel terjangkau dengan desain trendi yang kokoh, baterai besar 5.000 mAh yang diklaim tahan lama, dan konektivitas yang lebih unggul dari pesaingnya.

Ponsel ini ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G35 yang cukup memadai untuk kebutuhan browsing dan scrolling media sosial. Anda juga dapat memainkan beberapa game populer seperti PUBG Mobile, Free Fire, dan Mobile Legends. Mari kita lihat kelebihan dan kekurangan OPPO A17k sebagai berikut!

Kelebihan OPPO A17k

Kelebihan OPPO A17k

1. Desain Trendi yang Kokoh

OPPO A17k adalah contoh ponsel yang menarik meskipun dengan desain sederhana. Meskipun begitu, ponsel ini tidak memiliki banyak kamera di bagian belakangnya. Bodi ponsel ini terbuat dari bahan plastik polikarbonat dengan desain frame datar yang sedang trendi.

Di bagian belakang, terdapat satu kamera yang terletak rapi di pojok kiri atas dengan LED Flash di bawahnya. Keduanya dilapisi oleh elemen visual berbentuk pil yang menonjol ke bawah, yang berisikan tulisan AI Camera. Di pojok kanan bawah, terdapat tulisan OPPO.

Sementara itu, di sisi depan, OPPO A17k memiliki kamera selfie yang ditempatkan di poni tetesan air seperti kebanyakan ponsel entry-level lainnya. Yang menarik, OPPO A17k telah lolos berbagai tes uji ketahanan, sehingga diklaim memiliki bodi yang tangguh dibandingkan dengan pesaingnya.

Ponsel ini telah diuji dengan mencabut dan mencolok kabel microUSB sebanyak 20.000 kali, uji micro-drop sebanyak 28.000 kali, jatuh dari ketinggian 1 meter, dan menjalani 14 hari pengujian suhu tinggi dan kelembaban.

Selain itu, OPPO A17k telah mendapatkan sertifikasi IPX4, yang membuatnya tahan terhadap percikan air dari segala arah.

2. Layar Luas

OPPO A17k dilengkapi dengan layar IPS (In-Plane Switching) LCD berukuran 6,56 inci dengan resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel dan aspek rasio 20:9. Tingkat kerapatan pikselnya mencapai 269 ppi (pixel per inch). Layar OPPO A17k ini memiliki kecerahan standar sebesar 480 nits dan kecerahan HBM (High Brightness Mode) sebesar 600 nits.

Selain itu, layar ponsel ini juga mendukung ruang warna DCI-P3 100%, sehingga memberikan tampilan yang lebih kaya akan warna. Dengan fitur ini, pengalaman menonton film Anda akan menjadi lebih hidup.

3. Dapur Pacu

OPPO A17k menggunakan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G35 yang dibuat dengan fabrikasi 12 nanometer. Prosesor ini memiliki kluster inti hemat daya tanpa adanya inti high performance, sehingga ponsel ini kurang cocok untuk bermain game berat. Namun, hal ini bisa dimaklumi mengingat harganya yang hanya sekitar 1 jutaan.

MediaTek Helio G35 memiliki konfigurasi octa-core, terdiri dari 4 unit Cortex-A53 berkecepatan 2,3 GHz dan 4 unit Cortex-A53 berkecepatan 1,8 GHz. Untuk grafis, ponsel ini menggunakan GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR G38320.

4. Hadirnya RAM Expansion

OPPO A17k hanya tersedia dalam satu varian, yaitu RAM 3 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Namun, OPPO telah menyematkan fitur RAM Expansion yang memungkinkan pengguna memperluas RAM hingga 4 GB. Dengan demikian, total RAM yang tersedia menjadi 7 GB, meningkatkan pengalaman multitasking dibandingkan dengan hanya memiliki RAM 3 GB.

Jika penyimpanan internal masih terasa kurang, pengguna dapat menggunakan kartu microSD hingga 1 TB pada slot terpisah yang disediakan oleh ponsel ini.

5. Baterai Besar dan Awet

Baterai berkapasitas 5.000 mAh menjadi standar umum pada banyak smartphone akhir-akhir ini, termasuk OPPO A17k. Dengan kapasitas tersebut, ponsel ini dapat bertahan sepanjang hari dengan penggunaan ringan, terutama karena layarnya yang hanya beresolusi HD+ yang lebih hemat daya dibandingkan dengan layar Full HD+.

Sayangnya, OPPO A17k tidak dilengkapi dengan fitur pengisian cepat. Sebagai hasilnya, proses pengisian daya dari baterai kosong hingga penuh memakan waktu hingga 2 jam.

6. Adanya Side-Monted Fingerprint

Umumnya, sebagian besar ponsel di kelas entry-level hanya menyediakan sensor pemindai sidik jari di bagian belakang bodi, bahkan beberapa tidak memiliki sensor tersebut sama sekali.

Namun, OPPO A17k menawarkan fitur yang lebih modern dengan sensor pemindai sidik jari yang terletak di samping bodi, yang terintegrasi dengan tombol daya. Hal ini menghindarkan gangguan terhadap estetika desain ponsel yang dapat terjadi dengan adanya sensor sidik jari di bagian belakang.

7. ColorOS Terbaru

Kini, OPPO A17k telah diperbarui dengan ColorOS terbaru yang lebih ringan dan aman. Ponsel ini menggunakan ColorOS 12.1 berbasis Android 12, yang membawa sejumlah perbaikan dan peningkatan, termasuk sistem keamanan yang lebih baik.

 ColorOS 12.1 juga menambahkan fitur permintaan kata sandi saat perangkat dimuat ulang, serta fitur lain seperti penerjemahan dengan menggunakan 3 jari, FlexDrop, dan kontrol akses keamanan.

Kekurangan OPPO A17k

Kekurangan OPPO A17k

1. Masih Menggunakan Port microUSB

Kekurangan lain dari OPPO A17k adalah penggunaan port microUSB yang terbilang sudah ketinggalan zaman. Hal ini sedikit membingungkan karena kebanyakan ponsel pesaingnya sudah menggunakan port USB Type-C yang lebih modern.

Meskipun demikian, kemungkinan OPPO memilih microUSB untuk menjaga harga jual tetap terjangkau. Perlu diketahui, microUSB memiliki kecepatan transfer data yang lebih lambat dibandingkan dengan USB Type-C yang lebih modern dan cepat.

2. Kamera Hanya 8MP

Cukup disayangkan, OPPO A17k hanya dilengkapi dengan kamera utama 8 MP yang memiliki bukaan f/2.0 dan fitur autofokus. Sementara itu, kamera depannya hanya memiliki resolusi 5 MP dengan bukaan f/2.2. Hal ini membuat ponsel OPPO A17k kalah bersaing dengan kompetitornya, mengingat kebanyakan dari mereka sudah menawarkan kamera utama 13 MP dengan PDAF.

Harga dan Spesifikasi OPPO A17k

Spesifikasi 
  • Warna : Navi Blue, Gold.
  • Dimensi : 164.2 x 75.6 x 8.3 mm.
  • Berat : 189 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.56 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G35 (12 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 12, ColorOS 12.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 8 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Selengkapnya :


Berdasarkan informasi dari laman resmi OPPO Indonesia, OPPO A17k dibanderol dengan harga Rp1.799.000 untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Ponsel ini tersedia dalam dua opsi warna, yaitu Navi Blue dan Gold.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.