Inilah 9 Kelebihan dan Kekurangan Nokia C31, HP Murah Cuma Sejutaan

HMD Global, pemegang merek Nokia, secara resmi memperkenalkan ponsel entry-level terbarunya dalam jajaran Nokia C series di Indonesia, yaitu Nokia C21 Plus dan Nokia C31 yang akan saya bahas dalam ulasan kali ini. Nokia C21 Plus hadir dengan desain menarik, menggunakan layar waterdrop notch yang dipadukan dengan frame melengkung yang nyaman digenggam.

Nokia C31

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Nokia C31 termasuk dalam kategori ponsel entry-level yang umumnya dijual dengan harga terjangkau. Dengan harga tersebut, ponsel ini menawarkan spesifikasi yang cukup sederhana untuk kegiatan seperti browsing, media sosial, video call, dan bermain game ringan.

Jika Anda ingin mengetahui detail lengkap mengenai Nokia C31, silakan baca ulasan di bawah ini dengan cermat. Artikel ini akan membahas kelebihan dan kekurangan Nokia C31, serta spesifikasi dan harga yang ditawarkan.

Kelebihan Nokia C31

Kelebihan Nokia C31

1. Layar

Nokia C31 hadir dengan layar IPS (In-Plane Switching) LCD berukuran 6,7 inci dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel, yang umumnya ditemukan pada ponsel entry-level lainnya. Layar ini memiliki aspek rasio 20:9 dan desain waterdrop notch.

Perlu diketahui, layar dengan ukuran di atas 6,5 inci termasuk dalam kategori ekstra lebar. Oleh karena itu, ponsel Nokia C31 dengan layar 6,7 inci cocok untuk menonton film dan kegiatan multimedia lainnya.

2. Bodi Kokoh

Nokia dikenal dengan reputasinya sebagai ponsel yang sangat awet, dan HMD Global sebagai pemegang merek Nokia berusaha untuk menjaga reputasi tersebut. Jika Anda mencari ponsel yang tahan lama dan dapat digunakan untuk jangka panjang, Nokia C31 bisa menjadi pilihan yang direkomendasikan.

Alasan utamanya adalah karena bodi ponsel ini tidak menggunakan material kaca yang rentan pecah atau logam yang mudah penyok. Sebagai gantinya, seluruh bodinya dilapisi dengan plastik polikarbonat yang umumnya digunakan pada ponsel entry-level.

Selain itu, Nokia C31 telah memiliki sertifikasi IP52, yang berarti ponsel ini tahan terhadap debu dan aman dari percikan air dari berbagai arah.

3. Storage Lapang

Di Indonesia, Nokia C31 hanya tersedia dalam satu konfigurasi memori, yaitu RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB eMMC 5.1. Ini merupakan peningkatan yang signifikan dari versi sebelumnya yang hanya memiliki RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB.

Jika Anda masih merasa kurang, ponsel ini juga memiliki slot microSD yang memungkinkan Anda untuk menambahkan kartu memori eksternal hingga 256 GB.

4. Kamera Bersaing

Nokia C31 dilengkapi dengan kamera utama 13 MP dengan autofokus, kamera depth 2 MP, dan kamera makro 2 MP. Di bagian depan, terdapat kamera 5 MP untuk selfie, video call, dan lainnya.

Kamera belakang Nokia C31 dapat merekam video hingga resolusi 1080p@30fps. Meskipun tidak ada informasi resmi mengenai resolusi perekaman video kamera depan, diasumsikan bahwa kamera depan Nokia C31 mampu merekam video hingga resolusi 720p, seperti halnya Nokia C21 Plus.

5. Dapur Pacu

Dari segi performa, Nokia C31 menggunakan SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A, yang dianggap lebih unggul daripada kebanyakan ponsel sejutaan lainnya yang biasanya menggunakan SoC (System on Chip) MediaTek Helio P22 atau Helio P25. Dengan SoC Unisoc SC9863A, Anda dapat merasakan performa yang lebih baik untuk aktivitas sehari-hari.

Meskipun demikian, Unisoc SC9863A dibangun dengan fabrikasi 28 nanometer, sehingga kurang efisien dalam hal penggunaan daya baterai. Meskipun begitu, arsitektur inti CPU-nya terbukti handal dengan kombinasi 4 inti high performance Cortex A55 (1,6 GHz) dan 4 inti hemat daya Cortex A55 (1,2 GHz).

Sebagai informasi tambahan, SoC Unisoc SC9863A juga digunakan oleh beberapa ponsel entry-level lainnya seperti Realme Narzo 50i, Tecno Pop 5 LTE, itel Vision 3, Infinix Smart 6 HD, Samsung Galaxy A04, Infinix Smart 6, dan lain-lain.

6. Baterai 5050 mAh

Untuk kebutuhan daya, Nokia C31 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.050mAh. Baterai ini mendukung mobilitas pengguna dengan daya tahan hingga 3 hari. Namun, ponsel ini tidak dilengkapi dengan fitur pengisian cepat.

Nokia C31 hanya mendukung pengisian standar 10W melalui port microUSB, yang dianggap ketinggalan zaman mengingat banyak ponsel entry-level yang sudah menggunakan USB Type-C.

7. Jaminan Update Sistem

Sejak merek Nokia bangkit kembali pada tahun 2016, HMD Global berjanji untuk memberikan dukungan jangka panjang untuk produk-produknya, tanpa memandang apakah ponsel tersebut mahal atau murah.

Hal ini juga berlaku untuk Nokia C31. Sejak diluncurkan, ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 12 murni tanpa kustomisasi tambahan yang bisa memperlambat kinerja ponsel.

Yang menarik, Nokia C31 juga mendapatkan jaminan pembaruan sistem keamanan. Pembaruan tersebut akan diberikan setiap 3 bulan atau 2 tahun sekali.

Kekurangan Nokia C31

Kekurangan Nokia C31

1. Tanpa Sensor Compass

Nokia C31 dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari di bagian belakang, accelerometer, dan proximity sensor. Namun, sayangnya, ponsel ini tidak dilengkapi dengan sensor kompas.

Ketidakhadiran sensor kompas bisa menjadi kekurangan pada Nokia C31. Tanpa sensor ini, pengguna tidak dapat mengetahui arah mata angin jika ponsel tidak terhubung ke internet.

2. Masih Menggunakan microUSB

Port pada Nokia C31 dianggap ketinggalan zaman karena masih menggunakan port microUSB 2.0, bukan USB Type-C 2.0 yang memungkinkan penggunaan colokan tanpa harus memperhatikan arahnya. Ponsel ini dirilis pada tahun 2022.

Harga dan Spesifikasi Nokia C31

Spesifikasi 
  • Warna : Cyan, Charcoal.
  • Dimensi : 169.2 x 78 x 8.6 mm.
  • Berat : 200 gram
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600, 6.7 inci.
  • Chipset : Unisoc SC9863A (28 nm).
  • GPU : IMG 8322.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 12.
  • Baterai : Li-Po 5050 mAh.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Selengkapnya :


Nokia C31 merupakan ponsel entry-level dengan baterai berkapasitas 5.050 mAh, sedikit lebih besar dari beberapa pesaingnya yang memiliki baterai 5.000 mAh atau 4.500 mAh. Menurut informasi resmi dari Nokia Indonesia, Nokia C31 dijual dengan harga Rp1.699.000 untuk varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.