Ini Dia 9 Kelebihan dan Kekurangan Nokia C21 Plus, HP 1 Jutaan Baterai Awet Seharian

HMD Global, perusahaan yang mengelola merek ponsel Nokia, telah resmi meluncurkan dua ponsel terbaru dalam seri Nokia C di Indonesia, yaitu Nokia C21 Plus dan Nokia C31, keduanya dengan harga di kisaran sejutaan.

Nokia C21 Plus

Kedua ponsel ini menggunakan sistem operasi Android 11 Go Edition dan memiliki desain yang menarik, termasuk layar dengan waterdrop notch dan frame yang melengkung untuk kenyamanan saat digenggam. Nokia C21 Plus hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Warm Grey dan Dark Cyan.

Nokia C21 Plus termasuk dalam kategori entry-level di seri Nokia C, dengan harga yang terjangkau. Dengan harga tersebut, ponsel ini memiliki spesifikasi yang cukup sederhana untuk digunakan dalam kegiatan seperti browsing, media sosial, dan bermain game ringan.

Jika Anda ingin mengetahui lebih detail mengenai Nokia C21 Plus, silakan baca ulasan di bawah ini secara cermat. Ulasan ini akan membahas kelebihan dan kekurangan Nokia C21 Plus, serta spesifikasi dan harga yang ditawarkan.

Kelebihan Nokia C21 Plus

Kelebihan Nokia C21 Plus

1. Layar

Nokia C21 Plus dilengkapi dengan layar IPS (In-Plane Switching) LCD berukuran 6,52 inci dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel, yang umumnya ditemukan pada ponsel entry-level. Layar ini memiliki aspek rasio 20:9 dan desain waterdrop notch atau Infinity-U Display.

Namun, ponsel ini hanya memiliki sertifikasi DRM Widevine L3, sehingga tidak mendukung pemutaran konten Full HD di platform seperti Netflix dan Amazon Prime Video. Meskipun begitu, pengalaman menonton masih dapat dinikmati dengan baik.

2. Bodi Kokoh

Nokia dikenal dengan reputasinya sebagai ponsel yang sangat awet, dan HMD Global sebagai pemegang merek Nokia berusaha untuk menjaga reputasi tersebut. Jika Anda mencari ponsel yang awet dengan harga terjangkau, Nokia C21 Plus bisa menjadi pilihan yang direkomendasikan.

Ponsel ini memiliki desain bodi yang baik, meskipun bagian belakangnya terlihat standar dengan modul kamera persegi panjang yang dibulatkan, sensor sidik jari di bagian belakang, dan logo Nokia di bagian tengah. Namun, sayangnya, speaker-nya ditempatkan di bagian belakang, mirip dengan ponsel-ponsel lama.

Nokia C21 Plus juga telah memiliki sertifikasi IP52, yang artinya tahan terhadap cipratan air dari berbagai arah. Meskipun bagian belakang ponsel terbuat dari plastik polikarbonat, frame-nya menggunakan material aluminium.

3. Kamera Bersaing

Dalam hal kamera, Nokia C21 Plus dilengkapi dengan konfigurasi dual camera. Kamera utamanya memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan f/2.0, menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/3.1 inci dengan piksel berukuran 1.12um. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED Flash.

Kamera kedua Nokia C21 Plus memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4 dan berfungsi sebagai depth sensor. Sementara itu, kamera selfie-nya memiliki resolusi 5 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci dan bukaan f/2.0.

Untuk perekaman video, kamera belakang Nokia C21 Plus mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps, sedangkan kamera depannya hanya mampu merekam video hingga resolusi 720p.

4. Dapur Pacu

Dari segi performa, Nokia C21 Plus menggunakan SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A. Penggunaan chipset ini dianggap lebih baik dibandingkan sebagian besar ponsel sejutaan lainnya yang biasanya menggunakan SoC (System on Chip) MediaTek Helio P22 atau Helio P25. Dengan SoC Unisoc SC9863A, Anda dapat mengharapkan performa yang lebih baik untuk kegiatan sehari-hari.

Unisoc SC9863A dibuat dengan fabrikasi 28 nanometer, yang membuatnya kurang efisien dalam hal penggunaan daya baterai. Meskipun begitu, arsitektur inti CPU-nya terbukti handal dengan kombinasi 4 inti high performance Cortex A55 (1,6 GHz) dan 4 inti hemat daya Cortex A55 (1,2 GHz).

Untuk informasi tambahan, SoC Unisoc SC9863A juga digunakan oleh beberapa ponsel entry-level lainnya seperti Realme Narzo 50i, Tecno Pop 5 LTE, itel Vision 3, Infinix Smart 6 HD, Samsung Galaxy A04, Infinix Smart 6, dan lain-lain.

5. Baterai Awet

Selain memiliki bodi yang kokoh, ponsel Nokia C21 Plus juga terkenal dengan daya tahan baterainya yang dapat bertahan seharian penuh. Menurut informasi resmi dari Nokia, ponsel ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh dan mendukung pengisian daya 10W.

Nokia mengklaim bahwa Nokia C21 Plus dapat bertahan selama tiga hari dengan satu kali pengisian baterai. Namun, sayangnya ponsel ini tidak dilengkapi dengan fitur pengisian cepat, sehingga proses pengisian dari 0% hingga 100% memerlukan waktu sekitar tiga jam.

6. Jaminan Update Sistem

Sejak merek Nokia bangkit kembali pada tahun 2016, HMD Global telah berjanji untuk memberikan dukungan jangka panjang untuk produk-produknya, baik yang mahal maupun yang terjangkau.

Hal ini juga berlaku untuk Nokia C21 Plus. Sejak diluncurkan, ponsel ini menggunakan sistem operasi Android 11 Go Edition tanpa kustomisasi tambahan yang bisa memperlambat kinerja ponsel.

Yang menarik, Nokia C21 Plus juga dijamin akan mendapatkan pembaruan keamanan dan sistem operasi selama dua tahun ke depan.

Kekurangan Nokia C21 Plus

Kekurangan Nokia C21 Plus

1. Tidak Ada WiFi Dual Band

Nokia C21 Plus hanya mendukung protokol WiFi 802.11 b/g/n, yang berarti ponsel ini hanya bisa terhubung ke jaringan 2,4 GHz. Jika Anda berada di area publik dengan router 5 GHz, Nokia C21 Plus tidak akan bisa terhubung ke WiFi di sana.

2. Speaker di Belakang Bodi

Dari segi audio, Nokia C21 Plus masih menggunakan speaker mono untuk mendukung aktivitas multimedia seperti menonton film dan mendengarkan musik. Namun, speaker ponsel ini ditempatkan di bagian belakang, sehingga suara bisa terdengar redup jika tertutup oleh tangan atau benda lainnya. Selain itu, penempatan speaker di belakang juga membuat ponsel terlihat kuno.

3. Port microUSB

Port pada Nokia C21 Plus tergolong ketinggalan zaman karena masih menggunakan port microUSB 2.0, bukan USB Type-C 2.0 yang dapat dicolokkan dengan mudah tanpa perlu memperhatikan arah colokan. Ponsel ini dirilis pada tahun 2022.

Harga dan Spesifikasi Nokia C21 Plus

Spesifikasi 
  • Warna : Warm Grey, Dark Cyan.
  • Dimensi : 164.8 x 75.9 x 8.6 mm.
  • Berat : 178 gram
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600, 6.52 inci.
  • Chipset : Unisoc SC9863A (28 nm).
  • GPU : IMG 8322.
  • RAM : 3 GB.
  • ROM : 32 GB.
  • OS : Android 11 Go Edition.
  • Baterai : Li-Po 4000 mAh.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Selengkapnya :


Nokia C21 Plus diluncurkan di pasar Indonesia pada 22 November 2022 dengan harga Rp1.499.000 untuk varian RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Dengan harga tersebut, Anda bisa mendapatkan ponsel Nokia dengan bodi yang kokoh, kamera yang bersaing, baterai yang tahan seharian, dan layar yang memuaskan.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.