10 Kelebihan dan Kekurangan Itel S23 Plus, HP RAM 8/256 GB Cuman 1 Jutaan

Setelah sukses merilis seri Itel S23 4G pada Mei 2023 lalu, kini Itel Indonesia kembali memperkenalkan seri tertingginya di Indonesia, yaitu Itel S23 Plus. Smartphone ini dijual dengan harga di bawah Rp 2,5 juta, menjadikannya salah satu pilihan menarik di segmen ponsel kelas menengah. Dengan harga yang terjangkau, Itel S23 Plus hadir dengan layar AMOLED 3D Curved Screen berukuran 6,78 inci dan resolusi Full HD+.

Itel S23 Plus

Spesifikasi layar yang dimiliki Itel S23 Plus sangat istimewa untuk smartphone di kelas harga tersebut. Layar AMOLED 3D Curved Screen biasanya ditemukan pada smartphone dengan harga Rp 5 jutaan atau lebih.

Tidak hanya itu, Itel S23 Plus juga unggul di kelasnya dengan kamera yang powerful. Kamera selfie 32 MP AI Selfie memberikan hasil foto yang menakjubkan. Di bagian belakang, terdapat kamera utama 50 MP dan kamera QVGA.

Salah satu hal menarik lainnya dari smartphone ini adalah kehadiran GPT AI Assistant dan garansi 3 tahun dari perusahaan. Perusahaan juga menawarkan layar pengganti gratis jika terjadi kerusakan dalam 6 bulan setelah pembelian.

Namun, keistimewaan Itel S23 Plus tidak hanya sampai di situ. Masih banyak fitur lain yang menarik dari smartphone ini. Untuk informasi lebih detail mengenai kelebihan, kekurangan, spesifikasi, dan harga Itel S23 Plus, Anda dapat membaca artikel berikut.

Kelebihan Itel S23 Plus

Kelebihan Itel S23 Plus

1. Desain Bodi Tipis

Itel S23 Plus memiliki desain kamera belakang yang mengesankan dan mirip dengan iPhone. Namun, lensa kameranya agak besar dengan tiga lensa yang disusun secara zig-zag, mirip dengan desain kamera pada iPhone.

Layar ponsel ini menggunakan desain punch hole, bukan waterdrop notch, yang memberikan kesan premium meskipun dengan harga yang terjangkau. Smartphone ini juga memiliki ketebalan bodi 7,9 mm yang tipis. Dengan layar yang melengkung, pengalaman menggenggam akan terasa lebih nyaman dan ergonomis dibandingkan dengan ponsel lain yang memiliki bodi datar dengan ujung sisi yang tajam.

Bodi Itel S23 Plus memberikan kesan flagship yang jarang ditemui pada ponsel di kelasnya. Bodi belakangnya memiliki finishing matte yang tidak hanya membuatnya terlihat lebih menarik tetapi juga mampu menyamarkan noda sidik jari seperti pada bodi dengan finishing glossy.

2. Layar AMOLED 3D Curved

Itel S23 Plus, smartphone premium terbaru dari Itel Indonesia dengan harga Rp 2 jutaan, hadir dengan layar melengkung di kedua sisinya dan desain punch hole. Layarnya berukuran 6,78 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) serta kerapatan 388 ppi (pixel per inch). Layar ini juga dilengkapi fitur Always-on display.

Layar tersebut mendukung 99 persen DCI-P3 untuk gamut warna dan memiliki kontras rasio 400.000:1, memberikan pengalaman visual yang menjanjikan. Meskipun panel AMOLED seringkali dipadukan dengan refresh rate 90Hz pada harga yang lebih terjangkau, Itel S23 Plus hanya mendukung refresh rate standar 60Hz.

Namun, hal ini dianggap tidak menjadi masalah besar karena layarnya sudah memberikan kesan premium dengan desain melengkung dan harganya yang terjangkau. Selain itu, layarnya dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5.

3. Performa Cukup Oke di Kelas Harganya

Performa yang ditawarkan oleh Itel S23 Plus cukup sesuai untuk kelas harganya, berkat dukungan SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T616 dengan fabrikasi 12 nanometer. SoC ini memiliki prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz, serta didukung oleh memori RAM 8 GB + 8 GB untuk RAM Virtual, dan GPU (Graphics Processing Unit) ARM Mali-G57 yang memadai.

Untuk mendukung performa ini, perusahaan juga menyediakan fitur Atom Storage Technology, yang membantu dalam pengaturan ulang penyimpanan seperti disk defragmentation untuk meningkatkan kinerja secara optimal.

Berdasarkan Nano Review, SoC Unisoc Tiger T616 mampu mencapai skor AnTuTu v10 sebesar 271.698 poin, skor Geekbench 6 untuk single-core sebesar 451 poin, dan multi-core sebesar 1501 poin. Dengan hasil tersebut, chipset pada Itel S23 Plus dapat dianggap memiliki performa setara dengan MediaTek Helio G85 dan Snapdragon 675.

Salah satu hal yang membuat Itel S23 Plus layak diperhitungkan adalah kapasitas penyimpanan internalnya yang besar, yaitu 256 GB, dengan jenis storage UFS 2.0, yang merupakan peningkatan dari eMMC 5.1 yang biasanya digunakan pada ponsel entry-level.

4. Baterai Besar dan Fitur AI Smart Charge

Itel S23 Plus tidak hanya menawarkan spesifikasi yang memadai untuk kelasnya, tetapi juga memiliki baterai yang cukup awet. Meskipun kapasitasnya standar, yaitu 5000 mAh, Itel S23 Plus diklaim dapat bertahan seharian penuh.

Anda dapat menggunakan smartphone ini untuk menemani aktivitas sehari-hari. Selain itu, terdapat fitur pengisian cepat 18W. Meskipun pengisian dayanya tergolong lambat untuk kelas harganya, ini sudah cukup mempersingkat waktu pengisian daya.

Itel S23 Plus juga akan otomatis berhenti mengisi daya ketika baterai mencapai 100 persen sebagai mekanisme keamanan. Selain itu, fitur software bernama AI Smart Charge dapat mengadaptasikan alokasi daya berdasarkan pola penggunaan sehari-hari.

5. In-Display Fingerprint

Itel S23 Plus memiliki fitur sensor yang cukup lengkap dan menarik. Ponsel ini dilengkapi dengan sensor sidik jari yang disimpan di dalam layar, sehingga memudahkan pengguna untuk membuka ponsel dengan cepat dan mudah menggunakan sidik jari.

Selain itu, Itel S23 Plus juga dilengkapi dengan sensor gyroscope yang berguna untuk menentukan arah dengan hanya menggerakkan ponsel. Sensor gyroscope ini juga sering digunakan untuk bermain game seperti PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, dan lainnya.

Tidak hanya itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor accelerometer, proximity, dan compass. Menurut penulis, sensor sidik jari di dalam layar merupakan fitur yang sulit ditemukan pada ponsel dengan harga di bawah Rp 2,5 juta. Sebagaimana umumnya, sensor sidik jari dalam layar biasanya ditemukan pada ponsel dengan harga di atas Rp 3 juta, seperti Tecno Camon 20 Pro dan lainnya.

6. Kamera Selfie 32 MP AI

Dalam hal fotografi, smartphone Itel S23 Plus dilengkapi dengan dua kamera di bagian belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2,76 inci dan ukuran piksel 0,64um. Kamera ini memiliki bukaan aperture f/1,7, fitur phase-detection autofocus, dan LED flash.

Selain itu, terdapat juga kamera sekunder dengan resolusi 2 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci dan ukuran piksel 1,75um. Kamera ini dilengkapi dengan lensa 27mm pada bukaan aperture f/2,4 yang berfungsi sebagai depth sensor.

Untuk kamera depan, Itel S23 Plus memiliki kamera selfie dengan resolusi 32 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS. Kamera ini memiliki bukaan aperture f/2,0 dan fitur fixed focus dengan tambahan fitur AI. Kedua kamera, baik kamera belakang maupun kamera depan, mampu merekam video dengan resolusi 1080p@30fps.

Salah satu fitur menarik yang dimiliki ponsel ini adalah fitur Ultra Steady Video yang dapat menstabilkan video yang direkam dengan resolusi 1080p. Fitur ini jarang ditemukan pada ponsel dengan harga yang terjangkau.

7. Konektivitas Lengkap, Ada NFC

Itel S23 Plus juga dapat digunakan sebagai sarana penunjang saat berperjalanan. Ponsel ini dilengkapi dengan konektivitas NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan perangkat bertukar data dengan perangkat lain yang mendukung dalam jarak dekat.

NFC memiliki berbagai fungsi, termasuk untuk melakukan pengecekan saldo eToll, serta untuk berkirim-kirim data kontak atau file antar perangkat. Keuntungannya, penggunaan NFC tidak memerlukan proses pairing seperti saat menggunakan Bluetooth.

Selain itu, Itel S23 Plus juga mendukung Bluetooth versi 5.0 dengan antarmuka A2DP dan LE. Ponsel ini juga dilengkapi dengan protokol Wi-Fi 5 dual band, serta port USB Type-C 2.0 untuk mendukung USB OTG.

8. Garansi Resmi 3 Tahun

Umumnya, sebuah smartphone hanya memiliki garansi resmi selama 1 tahun alias 12 bulan saja. Namun, Itel S23 Plus menawarkan sesuatu yang berbeda, yaitu garansi selama 3 tahun.

Jika terjadi kerusakan layar dalam kurun waktu 6 bulan setelah pembelian, perusahaan juga siap menyediakan layar pengganti. Dirilis pada tahun 2023, Itel S23 Plus hadir dengan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka Itel OS 13 terbaru yang kaya akan fitur.

Salah satu fitur menariknya adalah dukungan asisten suara berbasis GPT AI yang bernama Aivana. Fitur ini diyakini dapat mengerti perintah suara pengguna dengan lebih akurat, dan memberikan prompt saat menggunakan Chat GPT.

Kekurangan Itel S23 Plus

Kekurangan Itel S23 Plus

1. Tidak Ada 3.5mm Jack Audio

Selain tidak menyertakan charger, Itel S23 Plus juga tidak dilengkapi dengan 3.5 mm jack audio port, suatu hal yang jarang terjadi pada ponsel di kelas harga Rp 2 jutaan. Umumnya, hanya ponsel kelas atas yang menghilangkan port audio ini, entah untuk membuat bodi lebih ramping, mengurangi biaya produksi, atau mendorong pengguna untuk beralih ke earphone nirkabel.

Untungnya, ada adapter earphone yang disertakan sehingga Anda masih bisa menggunakan earphone biasa dengan ponsel ini.

2. Charger Dijual Terpisah

Di dalam kotak pembelian Itel S23 Plus, Anda akan mendapatkan casing plastik, 1 unit smartphone, SIM ejector, kabel USB Type-C, earphone dengan konektivitas USB Type-C, dan adapter earphone. Namun, charger harus dibeli secara terpisah. Kemungkinan hal ini dilakukan untuk menjaga harga penjualan agar tetap terjangkau.

Harga dan Spesifikasi Itel S23 Plus

Spesifikasi 
  • Warna : Black dan Cyan
  • Dimensi : -
  • Berat : 194 gram
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400, 6.78 inci
  • Chipset : Unisoc Tiger T616 (12 nm)
  • GPU : Mali-G57 MP1
  • RAM : 8 GB
  • ROM : 256 GB
  • OS : Android 13, Itel OS 13
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18W wired
  • Kamera Belakang : 50 MP + QVGA
  • Kamera Depan : 32 MP

Selengkapnya :


Itel S23 Plus adalah salah satu smartphone terjangkau yang memiliki layar melengkung di kedua sisinya dengan panel AMOLED berukuran 6,78 inci dan resolusi Full HD+. Ponsel ini dilengkapi dengan sensor sidik jari di bawah layar, memberikan kesan flagship meski dengan harga yang terjangkau.

Kamera Itel S23 Plus juga dianggap memadai, dengan kamera utama 50 MP di bagian belakang dan kamera selfie 32 MP AI di bagian depan. Harga terbaru smartphone ini di Indonesia adalah Rp2.299.000 untuk varian RAM 8 GB + 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Selain itu, untuk pembelian eksklusif melalui e-commerce Tokopedia mulai tanggal 6-9 Oktober 2023, harga spesial yang ditawarkan adalah Rp1.899.000.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.