Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan itel P40, Worth It?

Pada Maret 2023, itel Mobile secara resmi meluncurkan ponsel entry-level terbarunya di pasar India dengan seri itel P40. Sebagai bagian dari kelompok perusahaan Transsion Holding, yang juga mengoperasikan merek seperti Infinix dan Tecno, itel Mobile membawa smartphone entry-level tersebut, itel P40, ke pasar Indonesia pada tanggal 15 April 2023.

itel P40

itel P40 ini memiliki keunggulan dalam ketahanan baterai yang bisa bertahan hingga 15 hari dalam kondisi ultra-long standby berkat baterai jumbo berkapasitas 6000 mAh-nya. Keunggulan ini sangat diapresiasi oleh konsumen mengingat harganya yang hanya sedikit lebih dari Rp1 juta. Bahkan, kebanyakan pesaing itel P40 masih menggunakan baterai berkapasitas 5000 mAh.

Meskipun begitu, sebagai ponsel murah, itel P40 masih memiliki keterbatasan dalam spesifikasinya. Ada banyak aktivitas yang mungkin sulit dilakukan dengan perangkat ini. Jadi, apa saja kelebihan dan kekurangan itel P40, serta spesifikasi dan harganya? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Kelebihan itel P40

Kelebihan itel P40

1. Konfigurasi Dual Camera Cukup Baik

Dari segi fotografi, itel P40 dilengkapi dengan konfigurasi Dual Camera. Kamera utamanya memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan aperture f/1.9, sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci dengan piksel sebesar 1.12um, dilengkapi dengan fitur autofokus dan LED flash.

Sementara itu, kamera kedua berkekuatan VGA digunakan sebagai depth sensor. Dengan kombinasi kedua kamera belakang tersebut, itel P40 mampu menghasilkan efek portrait atau bokeh layaknya kamera DSLR, yang oleh itel disebut sebagai Blurr Effect.

Di bagian depan, itel P40 memiliki kamera selfie dengan resolusi 5 MP yang cukup baik untuk kelasnya. Kamera ini menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci dengan piksel sebesar 1.12um dan fixed-focus.

2. Desain Stylish

Dari segi desain, itel P40 menampilkan tampilan yang cukup berani. Bagian belakangnya memiliki housing kamera yang besar, hampir menjangkau kedua sisi samping dan bagian atas ponsel, mirip dengan desain housing kamera pada smartphone POCO.

Meskipun housing kameranya besar, posisi kamera di dalamnya disusun dengan rapi, berjejer secara vertikal. LED flash ditempatkan dekat dengan kamera utama. Selain itu, sensor pemindai sidik jari juga disematkan dengan warna hitam agar cocok dengan warna housing kamera. Hal ini membuat desain bodi belakangnya terlihat modern.

Ukuran ponsel ini adalah 164,4 x 75,8 x 9,2 mm dengan berat 209 gram. Tersedia dalam beberapa pilihan warna di pasar Indonesia, seperti Force Black, Luxurious Gold, dan Dreamy Blue.

3. Layar Luas

Smartphone terjangkau dari itel Mobile ini dilengkapi dengan layar sentuh waterdrop display berukuran 6,6 inci dengan aspek rasio 20:9 yang lebar, menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD dengan resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel, memberikan kerapatan 282 ppi (pixel per inch), dan memiliki tingkat kecerahan hingga 450 nits.

Agar lebih nyaman digunakan, layar itel P40 memiliki refresh rate standar 60Hz. Meskipun angkanya tidak terlalu tinggi, ini cukup biasa untuk kelasnya. Selain itu, layar ini juga dilengkapi dengan touch sampling rate 120Hz yang membuatnya responsif terhadap sentuhan.

4. Performa Cukup Oke

Meskipun performa itel P40 tidak termasuk yang terbaik di kelasnya, namun sudah cukup baik untuk kebutuhan komputasi ringan sehari-hari. Ponsel ini ditenagai oleh SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A55 64-bit yang terdiri dari quad-core berkecepatan 1,6 GHz dan quad-core berkecepatan 1,2 GHz, serta GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR GE8322.

Unisoc SC9863A ini dipadukan dengan RAM 4 GB dan Memory Fusion 3 GB, serta memiliki penyimpanan internal sebesar 64 GB, yang cukup besar untuk kelasnya. Selain itu, terdapat slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga 128 GB.

5. Fitur Keamanan Lengkap

Dalam kelas harga murah, sulit menemukan ponsel dengan fitur keamanan yang lengkap. Biasanya, ponsel dalam kelas ini hanya memiliki salah satu fitur keamanan, seperti pemindai sidik jari atau face unlock.

Namun, itel P40 hadir dengan fitur keamanan yang lengkap di kelasnya. Ponsel ini dilengkapi dengan teknologi pemindai sidik jari di bagian belakang, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Selain itu, ponsel ini juga memiliki fitur face unlock atau pemindai wajah untuk membuka kunci layar.

6. Baterai Jumbo 6000 mAh

Performa keseluruhan itel P40 didukung oleh baterai berkapasitas 6000 mAh yang besar, dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat 18W. Menurut klaim itel, ponsel ini dapat bertahan hingga 15 hari dalam kondisi ultra-long standby.

Selain itu, klaim tersebut juga menyatakan bahwa ponsel ini dapat melakukan panggilan selama 32 jam tanpa henti. Kemampuan ini tentu menarik, terutama bagi mereka yang sering bepergian atau bekerja seperti driver ojek online.

7. Sistem Operasi Ringan

Salah satu keunggulan lain dari itel P40 adalah sistem operasinya. Ponsel ini menggunakan sistem Android 12 Go Edition. Pemilihan sistem ini menarik, karena Android 12 Go Edition dirancang khusus untuk ponsel murah, termasuk itel P40.

Penggunaan Android 12 Go Edition dianggap tepat mengingat spesifikasi itel P40 yang terbatas, sehingga Android 12 Go Edition dapat mengoptimalkan kinerjanya.

8. Mendapatkan Garansi Layar

Penulis tidak memiliki informasi lebih lanjut tentang lapisan pelindung layar pada itel P40 ini. Namun, mengingat harganya yang sangat murah, besar kemungkinan ponsel ini tidak dilengkapi dengan pelindung layar atau antigores. Hal ini membuat layarnya rentan terhadap goresan atau retak jika terjatuh.

Meskipun begitu, produsen tampaknya telah memperhatikan hal ini. Mereka menawarkan satu kali garansi untuk kerusakan layar, dengan syarat bahwa masa pakai ponsel itel P40 tidak lebih dari 100 hari sejak pembelian.

Kekurangan itel P40

Kekurangan itel P40

1. Masih Menggunakan microUSB

Di tengah popularitas port USB Type-C pada mayoritas smartphone, itel P40 malah menggunakan port microUSB 2.0. Ini merupakan pilihan yang agak ketinggalan zaman karena pengguna harus memperhatikan posisi ujung kabel charger sebelum mencolokkannya.

Selain itu, port microUSB 2.0 juga memiliki kecepatan transfer data yang lebih lambat dibandingkan dengan USB Type-C. Namun, keuntungannya adalah port microUSB 2.0 ini mendukung USB OTG (On-The-Go), yang memungkinkan ponsel terhubung dengan berbagai perangkat peripheral seperti keyboard, mouse, HDD, flashdisk, dan lainnya.

2. Tidak Ada Wi-Fi Dual Band dan Bluetooth Jadul

Salah satu kekurangan utama itel P40 adalah tidak mendukung Wi-Fi Dual Band, hanya menggunakan Wi-Fi 4. Artinya, ponsel ini hanya dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi dengan pita 2,4 GHz saja. Hal ini disayangkan karena Wi-Fi 4 sudah dianggap usang, dengan perbedaan yang jelas terlihat dibandingkan dengan Wi-Fi 5, terutama dalam hal kecepatan.

Selain itu, ponsel ini juga tidak dapat mendeteksi jaringan Wi-Fi di tempat umum yang umumnya menggunakan router Wi-Fi 5.

Bluetooth pada itel P40 juga terkesan ketinggalan karena hanya menggunakan Bluetooth 4.2, yang memiliki kecepatan transfer data yang lambat.

Harga dan Spesifikasi itel P40

Spesifikasi 
  • Warna : Force Black, Luxurious Gold, Dreamy Blue.
  • Dimensi : 164,4 x 75,8 x 9,2 mm.
  • Berat : 209 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : Unisoc SC9863A.
  • GPU : PowerVR IMG8322.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 12 Go Edition.
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, 18W wired.
  • Kamera Belakang : 13 MP + VGA (depth sensor).
  • Kamera Depan : 5 MP.

Selengkapnya :


itel P40 adalah smartphone terjangkau yang menonjolkan baterai jumbo berkapasitas 6000 mAh dengan pengisian cepat 18W, menjalankan Android 12 Go Edition yang ringan.

Selain itu, desainnya stylish dan memiliki kapasitas memori yang besar untuk kelasnya. Harga terbaru itel P40 di Indonesia adalah Rp1.199.000 untuk varian dengan RAM 4 GB dan Memory Fusion 3 GB, serta penyimpanan internal 64 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.