Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan itel A60s, HP 1 Jutaan dengan Fitur Mumpuni

Setelah sukses meluncurkan seri Itel S23 4G pada 25 Mei 2023, Itel Indonesia kembali menggebrak pasar smartphone entry-level dengan seri Itel A60s. Ponsel ini dirancang untuk penggunaan sehari-hari karena hanya ditenagai oleh SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A, yang mungkin kurang cocok untuk bermain game berat saat ini. Meskipun begitu, smartphone ini telah menyajikan beberapa fitur menarik yang jarang ditemukan pada ponsel dengan harga serupa.

Itel A60s

Itel A60s sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari di bagian belakang bodi, layar yang cukup luas untuk menonton streaming dengan nyaman, dan memiliki konfigurasi memori yang cukup besar untuk kelasnya. Hal menarik lainnya adalah Itel A60s menawarkan garansi satu kali penggantian layar jika rusak, asalkan masa pemakaian tidak lebih dari 100 hari.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan, kekurangan, spesifikasi, dan harga Itel A60s, simak ulasan berikut.

Kelebihan Itel A60s

Kelebihan itel A60s

1. Layar Luas

Ponsel entry-level Itel A60s dilengkapi dengan layar sentuh waterdrop notch berukuran 6,6 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD dan resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel, dengan kerapatan mencapai 267 ppi (pixel per inch) yang cemerlang.

Layar tersebut mampu memancarkan kecerahan hingga 350 nits dan didukung oleh touch sampling rate 120Hz untuk responsivitas touchscreen yang baik. Meskipun begitu, tidak disebutkan apakah ponsel ini dilengkapi dengan proteksi antigores.

Dengan harga di bawah Rp1 juta, kualitas layar yang ditawarkan Itel A60s sudah cukup untuk menonton streaming, browsing, dan aktivitas lainnya. Layar yang cukup besar juga mendukung aktivitas menonton bersama teman atau keluarga.

2. Desain Unik

Desain bodi sebuah smartphone haruslah nyaman digenggam dan tidak terlalu sederhana. Itel A60s memiliki desain yang cukup menarik dengan tampilan yang polished. Upaya untuk menyamarkan sensor sidik jari menjadi nilai tambah. Housing kamera yang cukup besar dibuat agar muat untuk rear-mounted fingerprint.

Bodi smartphone Itel A60s memiliki tekstur 3D yang membuatnya lebih mudah digenggam dan tidak mudah tergelincir atau terkena bekas sidik jari. Smartphone ini hadir dalam dua varian warna di pasar Indonesia, yaitu Glacier Green dan Shadow Black.

3. RAM dan Storage Besar

Itel A60s memiliki keunggulan yang jarang dimiliki oleh smartphone dengan harga di bawah Rp1 jutaan, yaitu RAM dan penyimpanan internal yang besar. Dengan harga pasaran sekitar Rp1,1 jutaan atau bahkan hanya 900 ribuan saat flash sale, Itel memberikan ponsel entry-level dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB.

Hal ini patut diapresiasi karena jarang ditemukan pada merek lain. Bahkan, ada smartphone dengan harga Rp1,5 jutaan yang masih menawarkan RAM 3 GB, yang terasa kurang memadai untuk tahun 2023.

Jika penyimpanan internal dirasa kurang, pengguna dapat menambahkan kartu microSD triple slot untuk ekspansi memori eksternal guna menyimpan lebih banyak file seperti foto, video, musik, dokumen, dan lainnya.

4. Kamera Masih Bersaing

Dalam hal fotografi, Itel A60s dilengkapi dengan konfigurasi Dual Camera di bagian belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 8 MP dengan sensor BSI CMOS dan aperture f/2.8, serta fitur autofocus, LED flash, dan HDR. Selain itu, terdapat juga kamera kedua dengan resolusi 0.03 MP (QVGA) yang berfungsi sebagai depth sensor.

Di bagian depan, Itel A60s memiliki kamera selfie 5 MP dengan aperture f/2.0. Untuk perekaman video, baik kamera belakang maupun depan hanya mampu merekam hingga resolusi 1080p@30fps.

Kedua kamera, baik depan maupun belakang, dilengkapi dengan beberapa mode pemotretan seperti panorama, mode malam, dan time lapse.

5. Hadirnya Sensor Sidik Jari

Metode pembukaan kunci layar yang cepat dan praktis jarang ditemukan di kelas entry-level. Meskipun kebanyakan smartphone sudah dilengkapi dengan fitur pengenalan wajah melalui kamera depan atau Face Unlock, namun tidak banyak yang juga menawarkan sensor sidik jari.

Jika Anda sedang mencari smartphone dengan harga di bawah Rp1 juta yang dilengkapi dengan sensor sidik jari di belakang bodi, Itel A60s adalah pilihan yang tepat. Meskipun sensor Face Unlock bisa diandalkan, tingkat keamanannya tidak sebaik sensor sidik jari.

6. Baterai Besar dan Awet

Meskipun harga yang sangat terjangkau, Itel tetap memberikan kapasitas baterai yang unggul pada Itel A60s. Ponsel ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang dapat bertahan seharian penuh.

Perusahaan juga mengklaim bahwa baterai ini dapat mendukung aktivitas browsing selama 8 jam, pemutaran musik selama 112 jam, dan pemutaran video selama 7,5 jam. Layar dengan resolusi HD+ tidak akan banyak menguras daya, sehingga dapat memperpanjang masa pakai smartphone.

Selain itu, baterai Itel A60s diklaim dapat bertahan hingga 750 jam dalam mode siaga (stand by). Hal ini karena ponsel ini dilengkapi dengan fitur penghemat daya software yang disebut AI Power Master.

7. Garansi Satu Kali Mengganti Layar

Salah satu keunggulan yang menarik dari Itel A60s, meskipun harganya sangat terjangkau, adalah garansi satu kali penggantian layar jika pecah atau retak, asalkan masa pemakaian tidak lebih dari 100 hari setelah pembelian.

Kekurangan itel A60s

Kekurangan itel A60s

1. Performa Kurang Andal

Itel A60s tidak dirancang untuk bermain game berat, melainkan untuk penggunaan standar seperti browsing, scrolling media sosial, dan sebagainya. Ponsel ini ditenagai oleh SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A55 64-bit yang terdiri dari quad-core berkecepatan 1,6 GHz dan quad-core berkecepatan 1,2 GHz, dengan memori RAM 4 GB, dan GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR GE8322.

Namun, pengguna harus bersabar karena navigasi antarmukanya tidak semulus yang diharapkan. Itel A60s menggunakan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka Android 12 Go Edition. Versi Android Go Edition ini merupakan versi ringan dari Android biasa, di mana pengguna akan lebih cenderung untuk mengunduh aplikasi berbasis "Go" seperti Maps Go, YouTube Go, Files Go, Photos Go, dan lainnya.

2. Tanpa Wi-Fi Dual Band dan Bluetooth Jadul

Kekurangan pertama dari Itel A60s adalah tidak mendukung Wi-Fi Dual Band, hanya Wi-Fi 4. Ini berarti ponsel hanya dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi 2,4 GHz saja. Hal ini disayangkan karena Wi-Fi 4 sudah dianggap usang, terutama dalam hal kecepatan dibandingkan dengan Wi-Fi 5.

Selain itu, jaringan 2,4 GHz juga tidak dapat mendeteksi Wi-Fi di tempat umum karena sebagian besar menggunakan router Wi-Fi 5.

Versi Bluetooth pada Itel A60s juga tergolong kuno karena hanya menggunakan Bluetooth 4.2, yang memiliki kecepatan transfer data yang lambat.

3. Masih Menggunakan microUSB

Di tengah beralihnya mayoritas smartphone ke port USB Type-C, itel P40 malah tetap menggunakan port microUSB 2.0. Port ini dinilai sudah ketinggalan zaman karena pengguna harus memperhatikan posisi ujung kabel charger sebelum dicolok.

Selain itu, kecepatan transfer data pada port microUSB 2.0 juga lebih lambat dibandingkan USB Type-C. Namun, keuntungannya, port microUSB 2.0 ini mendukung USB OTG (On-The-Go) sehingga dapat terhubung dengan berbagai peripheral seperti keyboard, mouse, HDD, flashdisk, dan lainnya.

Harga dan Spesifikasi Itel A60s

Spesifikasi 
  • Warna : Glacier Green dan Shdow Black.
  • Dimensi : 164.6 x 76 x 8.9 mm.
  • Berat : 190 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : Unisoc SC9863A.
  • GPU : PowerVR GE8322.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 12 Go Edition.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 8 MP + 0.03 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Selengkapnya :


Itel A60s adalah smartphone entry-level terbaru dari Itel Indonesia, yang memiliki sensor pemindai sidik jari di belakang bodi, suatu fitur yang patut diapresiasi dalam kelas harganya. Selain itu, ponsel ini dilengkapi dengan layar sentuh IPS LCD berukuran 6,6 inci yang cukup luas untuk menonton streaming dan lainnya. Itel A60s juga memiliki memori yang luas untuk kelasnya.

Harga smartphone Itel A60s terbaru di Indonesia adalah Rp1.099.000 untuk varian RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 64 GB. Namun, selama periode pre-order dari tanggal 12 Juni 2023 hingga 15 Juni 2023, harga akan ditawarkan sebesar Rp929.000. Sementara itu, varian RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 128 GB akan dibanderol dengan harga Rp1.299.000.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.