Cara Mengganti Nomor WA Tanpa Diketahui Orang Lain di iPhone dan Android

Apakah Anda menyadari bahwa hampir di setiap lingkungan, baik itu lingkungan kerja, teman, atau keluarga, kebanyakan orang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi jarak jauh? Rasanya ada yang kurang jika ponsel tidak memiliki aplikasi WhatsApp dan nomor HP tidak terdaftar di WhatsApp.

Ganti Nomor Whatsapp

Itulah mengapa WhatsApp menjadi aplikasi media sosial chatting yang sangat populer di dunia dengan jutaan pengguna. Meskipun menggunakan koneksi internet, WhatsApp menggunakan nomor HP sebagai akun pribadi untuk saling berkirim pesan.

Sehingga jika Anda kehilangan nomor, maka mau tidak mau Anda harus mengganti akun. Dalam hal ini, Anda perlu mengganti nomor WhatsApp. Ada beberapa alasan mengapa pengguna ingin mengganti nomor WhatsApp, seperti penggunaan HP baru, nomor lama sudah tidak aktif, atau ingin menghindari pesan dari kontak yang terlalu banyak.

Mengganti nomor WhatsApp berbeda dengan mengganti akun atau menghapus akun, karena Anda masih bisa mendapatkan data dari nomor WhatsApp lama dengan memverifikasi nomor baru sebagai pengganti nomor lama.

Efek Mengganti Nomor WhatsApp

Terkadang seseorang ragu untuk mengganti nomor WhatsApp karena takut ada efek yang tidak diinginkan. Namun, apa yang sebenarnya terjadi jika Anda mengganti nomor WhatsApp? Berikut penjelasannya:

  • Orang lain atau teman Anda tidak akan dapat mengirim pesan atau menelpon ke nomor lama Anda.
  • Orang yang menyimpan kontak Anda akan langsung mendapat pemberitahuan jika Anda sudah mengganti nomor, dan mereka dapat menyimpan nomor baru Anda secara langsung.
  • Hal ini juga berlaku jika Anda menjadi anggota grup. Anggota grup akan mendapat pemberitahuan bahwa Anda sudah mengganti nomor.

Apakah ganti nomor WA grup akan hilang?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengganti nomor WhatsApp tidak berarti Anda membuat akun baru. Jadi, jika Anda sudah bergabung dalam sebuah grup WhatsApp sebelumnya, grup tersebut akan tetap ada dan tidak akan hilang. Selain itu, Anda juga akan tetap berada di dalam grup tersebut dan tidak akan keluar.

Apakah ganti nomor WA menghilangkan kontak?

Ini juga berlaku apabila Anda mengikuti langkah-langkah di bawah ini dengan benar, kami jamin bahwa semua data kontak tidak akan hilang. Hal ini karena WhatsApp akan mengambil kontak yang tersimpan di daftar kontak HP Anda.

Cara Ganti Nomor Whatsapp di Android

Fitur Ganti Nomor WhatsApp memungkinkan Anda untuk mengganti nomor WhatsApp dalam ponsel yang sama. Fitur ini akan sangat mudah digunakan jika nomor ponsel Anda belum pernah diverifikasi sebagai akun WhatsApp Anda sebelumnya. Dengan menggunakan fitur Ganti Nomor WhatsApp ini, Anda akan mendapatkan:

  1. Memindahkan informasi akun WhatsApp Anda, termasuk informasi profil, grup, dan setelan dari nomor telepon lama ke nomor telepon baru.
  2. Menghapus akun WhatsApp Anda yang terhubung dengan nomor telepon lama Anda, sehingga kontak Anda tidak dapat melihat nomor telepon lama Anda di daftar kontak WhatsApp mereka lagi.

Selama Anda menggunakan telepon yang sama, meskipun Anda sudah mengganti nomor akun WhatsApp, riwayat chat akan tetap disimpan di ponsel Anda. Oleh karena itu, jika Anda hanya ingin beberapa orang yang mengetahui nomor WhatsApp baru Anda, mintalah mereka untuk menyimpan nomor telepon baru Anda yang didaftarkan di WhatsApp agar akun WhatsApp Anda secara otomatis terdeteksi di daftar kontak WhatsApp mereka.

Sebelum Anda mengganti nomor WhatsApp Anda, pastikan untuk memeriksa hal-hal berikut:

  1. Pastikan nomor telepon baru Anda aktif dan dapat menerima panggilan atau SMS, serta memiliki koneksi internet.
  2. Pastikan juga bahwa nomor WhatsApp Anda yang lama sudah terverifikasi. Buka WhatsApp, lalu ketuk tombol Menu > Setelan, dan kemudian ketuk pada foto profil Anda untuk melihat apakah nomor Anda sudah terverifikasi atau belum.

Hal penting yang perlu Anda ketahui adalah kontak Anda tidak akan diberitahu secara individu jika Anda mengganti nomor akun WhatsApp Anda. Namun, kontak yang berada dalam grup dengan Anda dan aktif berkomunikasi dengan Anda akan secara otomatis mengetahui perubahan nomor ponsel WhatsApp Anda.

Cara Ganti Nomor Whatsapp Lama dengan Nomor Whatsapp Baru di Android

Untuk mengikuti cara ini, ikuti petunjuk dan langkah-langkah di bawah ini:

  • Masukkan Kartu SIM Baru Anda sehingga Nomor telepon Baru Anda juga Aktif.
  • Buka WhatsApp.
  • Periksa apakah nomor telepon WhatsApp Anda yang lama sudah terverifikasi atau belum.
  • Pergi ke WhatsApp > Tombol Menu > Setelan > Akun > Ganti nomor.
  • Masukkan nomor WhatsApp lama Anda.
  • Masukkan nomor WhatsApp baru Anda.
  • Klik "Selesai" di pojok kanan atas layar.
  • Dengan cara ini, SMS konfirmasi akan masuk ke nomor baru Anda. Jika nomor berada di perangkat yang Anda gunakan untuk mendaftar, verifikasi akan berjalan secara otomatis. Namun, jika tidak, Anda harus memasukkan secara manual.

Berikut adalah cara untuk mengganti nomor WhatsApp lama dengan nomor WhatsApp baru di Android. Semoga dengan langkah-langkah ini, Anda dapat menggunakan akun WhatsApp baru dengan lebih nyaman. Semoga bermanfaat.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.