2 Cara Melihat Trending YouTube dengan Mudah

Youtube telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia. Jumlah pengguna Youtube terus meningkat hingga mencapai lebih dari ratusan juta pengguna. Hal ini diduga karena Youtube menawarkan berbagai jenis video, seperti tutorial, pendidikan, hiburan, dan konten menarik lainnya.

Trending Youtube

Salah satu daya tarik utama Youtube adalah program penghasilan bagi para pembuat konten yang mengunggah video mereka ke platform ini. Kesempatan untuk menghasilkan uang hanya dari video sangat menarik bagi banyak orang.

Salah satu fitur unggulan Youtube adalah fitur Trending. Apa itu Trending Youtube? Trending Youtube adalah daftar video yang paling viral dan menarik bagi penonton Youtube. Biasanya, video yang masuk daftar trending memiliki jumlah penonton yang besar meskipun baru diunggah dalam waktu singkat.

Mungkin Anda pernah melihat video Indonesia yang masuk ke daftar trending dengan ratusan ribu penonton meskipun baru diunggah beberapa menit yang lalu. Jika video Anda masuk ke daftar trending, maka akan mendapatkan lebih banyak penonton tanpa perlu dicari atau muncul di halaman utama Youtube.

Dengan demikian, penghasilan yang Anda dapatkan juga akan meningkat. Oleh karena itu, para pembuat konten berlomba-lomba untuk masuk ke daftar trending Youtube. Lalu, bagaimana cara melihat video yang sedang trending di Youtube? Simak ulasannya di artikel berikut ini.

Syarat Video Masuk Trending YouTube

Sebelum membahas cara melihat trending YouTube, penting untuk dipahami bahwa tidak semua video yang diunggah di YouTube bisa masuk ke dalam kategori trending dengan mudah. Berikut adalah beberapa syarat yang membuat video bisa menjadi trending di YouTube.

1. Durasi Tontonan

Mungkin sebagian dari Anda pernah menemukan video YouTube yang trending memiliki sedikit penonton namun masuk dalam 50 video trending. Hal ini bukan disebabkan oleh adanya error, melainkan adanya sistem baru yang membuat durasi tontonan yang banyak lebih penting daripada jumlah penonton.

Durasi tontonan atau watch time merupakan waktu yang digunakan untuk menonton sebuah video. Algoritma YouTube akan memilih video yang memiliki durasi tontonan yang memadai.

Perlu diingat, meskipun sebuah video memiliki banyak penonton, tidak semua penonton menyaksikan tayangannya sampai akhir. Jika sebuah video sering ditonton hingga habis, berarti video tersebut memang menarik.

2. Interaksi

ouTube tidak hanya memilih video berdasarkan jumlah like yang banyak saja. Dalam sistem algoritma baru, like, dislike, komentar, dan share menjadi faktor yang dihitung untuk menentukan apakah sebuah video masuk dalam kategori trending.

Like, dislike, komentar, dan share adalah bentuk interaksi antara penonton dengan video. Semakin banyak interaksi tersebut, maka video tersebut memiliki potensi lebih besar untuk menjadi trending.

Oleh karena itu, jangan heran jika sebuah video dengan banyak dislike dapat masuk ke dalam daftar trending. Hal ini mencerminkan respons penonton YouTube di negara tertentu terhadap video tersebut.

3. Konten Unik

Salah satu syarat agar video Anda menjadi trending adalah memiliki konten yang menarik untuk ditonton. Hal ini karena ada banyak video yang diunggah ke platform ini, sehingga video dengan konten yang unik dan menarik akan lebih mudah ditemukan dan dicari orang.

Selain memiliki konten yang berbeda, Anda juga dapat menambahkan judul video yang unik, namun bukan clickbait. Saat ini, orang-orang cenderung lebih suka judul yang tidak biasa. Oleh karena itu, buatlah konten dengan isi dan judul yang dapat menarik minat penonton.

Penting untuk diingat bahwa Google juga memperhatikan keamanan video yang akan masuk ke trending YouTube. Untuk alasan ini, mereka telah menyediakan fitur untuk memastikan bahwa video yang mengandung bahasa kasar, unsur kekerasan, atau konten dewasa tidak akan masuk ke dalam trending YouTube.

Cara Melihat Trending YouTube

Menonton video YouTube sekarang bisa dilakukan di berbagai perangkat, mulai dari komputer hingga smartphone. Agar dapat melihat video yang sedang trend dengan maksimal, disarankan untuk login ke YouTube menggunakan akun Google Anda. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melihat trending YouTube yang bisa Anda coba.

1. Cara Melihat Trending YouTube di HP

Mungkin Anda berpikir bahwa melihat video yang sedang tren di YouTube sangat mudah, terutama menggunakan aplikasi di ponsel Android. Namun, pada versi terbaru YouTube, ada beberapa pengguna yang merasa bingung dan menganggap bahwa fitur trending YouTube telah hilang.

Hal ini memang mungkin terjadi, mengingat sebelumnya kita bisa dengan mudah menemukan fitur trending YouTube di bawah fitur untuk mengunggah video dan beranda. Namun, di versi baru ini, YouTube menggantinya dengan fitur YouTube Shorts.

Jadi, apakah fitur trending benar-benar hilang? Tentu tidak. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melihat video yang sedang tren di YouTube melalui ponsel Android.

  • Buka aplikasi YouTube yang sudah terinstal di ponsel Anda. Tidak perlu login untuk menikmati fitur trending.
  • Setelah masuk ke aplikasi YouTube, pilih menu "Eksplorasi" yang terletak di pojok kiri atas seperti pada gambar.

Melihat Trending Youtube di HP

  • Di menu Eksplorasi, pilih opsi "Trending".
  • Anda akan melihat daftar video yang sedang tren di YouTube.

Catatan: Mulai tahun 2021, fitur trending YouTube telah dibagi menjadi beberapa kategori, termasuk video konten kreator, musik, dan game. Oleh karena itu, bisa saja ada lebih dari satu video yang sedang tren, tergantung pada kategori masing-masing.

2. Cara Melihat Trending YouTube di PC

Melihat Trending Youtube di PC

YouTube juga telah menyediakan fitur trending untuk pengguna PC, sehingga tidak hanya dapat diakses dari perangkat seluler, tetapi juga dari desktop. Berikut adalah cara untuk melihat video yang sedang tren di YouTube Indonesia melalui PC.

  • Buka web browser apa pun di komputer atau laptop Anda.
  • Masuk ke situs resmi YouTube.com melalui kolom URL.
  • Setelah masuk ke dashboard YouTube, perhatikan menu di sebelah kiri layar. Pilih "Eksplorasi", seperti yang ditunjukkan pada gambar.
  • Di menu Eksplorasi, pilih opsi "Trending".
  • Sekarang Anda dapat melihat daftar video YouTube yang sedang tren.
  • Selamat, Anda sekarang dapat melihat video yang sedang trend di YouTube melalui PC Anda.

Tidak sulit, bukan? Sekarang Anda bisa melihat banyak video yang sedang viral dan trend di YouTube melalui semua perangkat. Jangan sampai ketinggalan berita dan informasi terkini dari YouTube.

Itu tadi dua cara untuk melihat video yang sedang tren di YouTube versi terbaru melalui HP Android dan juga PC. Semoga informasi ini dapat membantu Anda. Sampai jumpa!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.