Satuan Luas Tanah Hektare, Are dan Meter Persegi

Satuan Luas Tanah Hektare, Are dan Meter Persegi - Ketika melakukan pengukuran tanah, biasanya setiap orang berbeda-beda dalam menyebutkan satuan luas yang digunakan. Satuan luas yang paling umum digunakan adalah hektare dan meter persegi(m²). Meskipun ada juga yang menyebutkan luas dengan menggunakan satuan are.

Satuan Luas Tanah

Menurut standar SI (Satuan Internasional), standar satuan luas adalah meter persegi. Meskipun begitu, satuan hektare dan are juga termasuk dalam konversi satuan luas yang diterima sebagai satuan internasional dalam pengukuran bidang tanah.

Nah, mengenai beberapa satuan luas tanah tersebut, pastinya kita penasaran dan ingin tahu bagaimana hubungan dari masing-masing satuan luas tanah tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan kalian simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga : Contoh Soal Satuan Berat dan Penjelasannya

Satuan Luas Tanah Hektare, Are dan Meter Persegi

Satuan Hektare (ha)

Hektare merupakan satuan luas dalam sistem matrik yang telah diterima sebagai satuan internasional. 1 hektare nilainya sama dengan 100 are atau 10.000 m². Dalam definisi lain 1 hektare adalah 100 m x 100 m dan telah dginakan sebagai satuan standar luas tanah sebagai pengganti satuan unit acre. Nilai 1 hektar sendiri sama dengan 2,47 acre.

Satuan Are (a)

Are merupakan satuan unit model lama dari sistem metrik dan diluar dari satuan internasional yang sudah modern. Satuan luas are sudah umum digunakan di berbagai negara seperti Indonesia, Perancis, India, Polandia, Portugal, Jerman dan Belanda. Nilai 1 are sama dengan 100 m² atau 10 m x 10 m.

Satuan Meter Persegi (m²)

Meter persegi (square meter) merupakan satuan luas dalam standar internasional yang digunakan untuk luas area yang muncul dari dasar satuan panjang m (meter). Nilai 1 m² sama dengan 10 m x 10 m.

Setelah mengetahui penjelasan dari masing-masing satuan luas yang digunakan dalam pengukuran tanah, selanjutnya kita akan membahas tentang hubungan antara satuan luas tersebut. Coba perhatikan gambar tangga satuan luas di bawah ini.

Tangga Konversi Satuan Luas

Dari gambar di atas, dapat diperoleh hubungan antara satuan hektare, are dan meter persegi adalah sebagai berikut.

  • 1 hektare = 100 Are
  • 1 hektare = 10.000 m²
  • 1 Are = 100 m²
  • 1 dam² = 100 m²
  • 1 dam² = 1 Are
  • 1 hektare = 1 hm²

Baca juga : Tangga Konversi Satuan Berat, Penjelasan dan Contoh Soal

Demikianlah pembahasan tentang satuan luas tanah hektare, are dan meter persegi. Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terimakasih.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.