Yuk Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero 30 5G

Pada tanggal 26 Oktober 2023, Infinix Mobility Indonesia meluncurkan smartphone terbaru dalam lini Zero 30 Series, termasuk Infinix Zero 30 4G dan Infinix Zero 30 5G. Diketahui, seri "Zero" ini merupakan seri flagship dari Infinix, sehingga tak heran jika fitur-fitur yang dihadirkannya berada di level yang berbeda dibandingkan dengan seri Note maupun Hot. Salah satu keunggulan Infinix Zero 30 5G adalah kemampuannya untuk merekam video 4K pada 60 FPS pada kamera belakang dan depan, sebuah fitur yang jarang ditemukan pada smartphone dengan harga di bawah Rp 5 juta.

Infinix Zero 30 5G

Dalam hal performa, Infinix Zero 30 5G ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8020 octa-core yang powerful, dipadukan dengan memori RAM 12 GB. Pengalaman bermain game pun semakin mulus berkat layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mendukung refresh rate 144Hz, sebuah fitur unggulan di kelasnya. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi baterai berkapasitas 5000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 68W.

Meski begitu, keunggulan Infinix Zero 30 5G tidak hanya sampai di situ. Rincian lebih lanjut mengenai kelebihan, kekurangan, spesifikasi, dan harga dapat ditemukan dalam artikel berikut.

Kelebihan Infinix Zero 30 5G

1. Desain Premium dengan Layar Curved

Infinix Zero 30 5G hadir dengan desain menarik, melibatkan layar yang melengkung, profil tipis, dan daya tahan yang memadai. Ponsel ini menawarkan dua opsi bahan material, yaitu kaca untuk varian Golden Hour dan eco leather (kulit imitasi) untuk varian warna Rome Green dan Fantasy Purple.

Dengan ketebalan 7,9 mm dan bobot 185 gram, bodi smartphone ini cukup ringan dan tipis. Infinix Zero 30 5G juga menonjolkan daya tahan yang baik dengan kehadiran Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakangnya. Penting untuk dicatat bahwa Gorilla Glass 5 hanya dimiliki oleh varian warna Golden Hour.

Keunikan lain dari ponsel ini adalah sertifikasi IP53, yang memberikannya ketahanan terhadap percikan air dan debu. Meski begitu, perlu diingat bahwa sertifikasi IP53 pada Infinix Zero 30 5G kalah dengan Samsung Galaxy A34 dalam rentang harga yang sama. Samsung Galaxy A34 memiliki sertifikasi IP67, yang membuatnya tahan terhadap air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

2. Membawa Layar AMOLED di Kelas Harganya

Infinix Zero 30 5G, smartphone kencang kelas menengah, menampilkan layar sentuh punch hole dengan aspek rasio 20:9 berukuran 6,67 inci. Layar ini mengusung teknologi AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel, memberikan kerapatan mencapai 388 ppi (pixel per inch) dan kecerahan puncak 950 nits.

Layar Infinix Zero 30 5G tidak hanya mengesankan dari segi resolusi, tetapi juga memiliki profil warna 10 bit, mampu menampilkan hingga 1 miliar warna. Dengan dukungan DCI-P3 100% color gamut, layar ini ideal untuk keperluan kreatif, memastikan konsistensi warna di antara kreator dan audiens.

Teknologi AMOLED memberikan warna yang hidup dan hitam yang sangat pekat. Refresh rate layar sebesar 144Hz membuat pengalaman pengguna lebih imersif. Infinix Zero 30 5G juga memberikan fleksibilitas dengan tiga opsi refresh rate (60Hz, 120Hz, dan 144Hz) dan mode auto switch yang menyesuaikan tingkat refresh rate sesuai dengan jenis aktivitas yang dilakukan pengguna di layar.

3. Performa Dimensity 8020 5G yang Cukup Powerful

Performa Infinix Zero 30 5G sangat impresif di kelasnya, didukung oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8020 5G berfabrikasi 6 nanometer. Prosesor ini memiliki octa-core, terdiri dari quad-core ARM Cortex-A78 berkecepatan 2,6 GHz dan quad-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz, dipadukan dengan memori RAM 12 GB LPDDR4X. Pengolah grafis Mali-G77 MC9 turut memberikan dukungan yang memadai.

Menurut data Nanoreview, MediaTek Dimensity 8020 pada Infinix Zero 30 5G mencapai skor AnTuTu v10 sebesar 758.738 poin, menunjukkan performa super kencang. Pada Geekbench 6, MediaTek Dimensity 8020 mendapat skor 3122 poin untuk multi-core dan 987 poin untuk single-core.

Infinix Zero 30 5G hadir dengan RAM 12 GB LPDDR4X dan penyimpanan internal 256 GB UFS 3.1. Sayangnya, tidak ada slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Meskipun demikian, kapasitas penyimpanan internal yang besar, yakni 256 GB, seharusnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

4. Konfigurasi Triple Camera 108MP, Ada Ultrawide

Infinix Zero 30 5G menawarkan sistem kamera belakang yang tangguh dengan tiga lensa. Kamera utamanya memiliki resolusi tinggi, yaitu 108 MP, menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 dengan ukuran 1/1.67 inci dan piksel sebesar 0,64um. Kamera ini dilengkapi dengan bukaan aperture f/1.7, fitur phase-detection autofocus, Optical Image Stabilization (OIS), dan quad LED flash.

Kamera kedua memiliki resolusi 13 MP dengan sensor BSI CMOS, berfungsi sebagai ultrawide dengan bukaan aperture f/2.2, menangkap foto super wide dengan Field of View (FoV) 120 derajat. Sementara kamera ketiga, dengan resolusi 2 MP dan bukaan aperture f/2.4, memiliki fungsionalitas yang belum dijelaskan.

Kamera utama 108 MP pada Infinix Zero 30 5G menggunakan teknologi pixel binning 9-in-1 (Nona Bayer), menghasilkan foto beresolusi 11,8 MP atau 12 MP. Elemen lensa kaca pada kamera utama diklaim dapat meningkatkan penangkapan cahaya sebanyak 10 persen lebih banyak dibandingkan dengan elemen berbahan plastik.

Di sisi depan, terdapat kamera selfie 50 MP dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2.76 inci, bukaan aperture f/2.5, dan fitur phase-detection autofocus. Kamera selfie ini juga mampu merekam video pada resolusi 4K@60fps, sehingga pengguna dapat mengabadikan momen dengan kualitas tinggi.

5. Baterai 5000 mAh Awet Didukung Fast Charging 68W

Dalam hal daya tahan baterai, Infinix Zero 30 5G menawarkan baterai berkapasitas 5000 mAh. Meskipun hanya didukung oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8020 5G dengan fabrikasi 6 nanometer TSMC, namun smartphone ini memberikan ketahanan baterai yang memadai untuk satu siklus pengisian daya.

Pengujian dari GSM Arena mencatatkan skor endurance rating (skor ketahanan) sebesar 102 jam. Menariknya, pengujian ini dilakukan dengan layar menggunakan mode 144Hz saat melakukan web browsing.

Infinix Zero 30 5G juga dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat 68W yang diharapkan dapat mengisi daya dari kosong hingga mencapai 80 persen dalam waktu singkat, yakni hanya dalam kurun waktu 30 menit.

6. Under Display Fingerprint

Infinix Zero 30 5G dilengkapi dengan beragam sensor yang memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Fitur sidik jari atau sensor fingerprint yang terletak di dalam layar memungkinkan pengguna membuka kunci ponsel dengan cepat dan mudah, hanya dalam waktu sekitar 234 milidetik.

Selain sensor sidik jari, smartphone kelas mainstream ini juga dilengkapi dengan sensor gyroscope yang dapat digunakan untuk menentukan arah dengan menggerakkan ponsel. Sensor gyroscope ini juga berguna untuk bermain game seperti PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, dan lainnya.

Selain itu, Infinix Zero 30 5G juga dilengkapi dengan sensor accelerometer, proximity, dan compass, yang semuanya memiliki peran penting dalam meningkatkan fungsionalitas dan kegunaan ponsel ini.

7. Dukungan Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) memang tidak lagi terbatas pada ponsel kelas flagship. Bahkan, Infinix Zero 30 5G, sebagai perwakilan kelas entry-level hingga mid-range, turut menyematkan fitur NFC.

Dengan hadirnya fitur NFC (Near Field Communication), pengguna memiliki kemampuan untuk melakukan pengisian saldo eMoney dengan mudah. Caranya cukup membuka aplikasi yang sesuai dan menempelkan kartu pada bagian belakang bodi Infinix Zero 30 5G. Hal ini tentu sangat memudahkan para pengendara kendaraan bermotor saat melewati tol atau saat melakukan parkir.

8. Audiovisual yang Cukup Memukau

Sebagai ponsel di kelas menengah, Infinix Zero 30 5G tidak hanya menonjolkan sisi layar superior dan performa yang memadai, tetapi juga membawa dua speaker yang ditempatkan di bagian bawah dan atas, yang berfungsi ganda sebagai speaker dan earpiece.

Kualitas suara yang dihasilkan tergolong jernih dan bersih, dengan frekuensi mid dan high yang terdengar jelas dan minim distorsi. GSM Arena memberikan predikat "Good" untuk kelantangan speaker-nya, mencatat skor -26,6 LUFS.

Keunggulan kualitas suara ini juga didukung oleh penyetelan dari DTS, yang menyediakan empat opsi preset yang dapat disesuaikan berdasarkan aktivitas tertentu seperti mendengarkan musik, menonton video, bermain game, dan lain sebagainya.

Kekurangan Infinix Zero 30 5G

1. Sistem Operasi yang Dibawa Banyak Bloatware

Infinix Zero 30 5G dilengkapi dengan sistem operasi Android 13 dan antarmuka terbaru, yaitu XOS 13. Antarmuka ini membawa sejumlah fitur menarik, termasuk Dark-Link dan X Arena yang meningkatkan pengalaman bermain game, X Clone untuk menggandakan aplikasi, Peek Proof untuk melindungi privasi dengan menutupi sebagian layar, dan Folax Translate sebagai fitur penerjemah yang didukung oleh ChatGPT.

Namun, sayangnya, XOS ini memiliki sejumlah aplikasi pra-instal yang bisa dianggap sebagai bloatware, yang tentunya dapat memakan sebagian besar ruang penyimpanan.

2. Layar yang Dibawa Tidak Menawarkan Sertifikasi HDR

Kualitas layar pada smartphone Infinix Zero 30 5G memang menawarkan ketajaman yang luar biasa. Namun, sayangnya, keunggulan tersebut tidak diiringi dengan sertifikasi HDR. Meskipun bukan kekurangan yang menjadi faktor utama penolakan, namun hal ini membuatnya bersaing ketat dengan sejumlah pesaingnya yang telah memiliki sertifikasi Dolby Vision.

Kehadiran sertifikasi Dolby Vision pada smartphone memberikan kemampuan untuk menampilkan rentang dinamis yang lebih unggul, terutama saat menonton konten di platform seperti YouTube atau Netflix.

Meskipun Infinix Zero 30 5G tidak mendukung sertifikasi HDR dan Dolby Vision, keberadaan Widevine L1 pada layarnya setidaknya memungkinkan pengguna untuk menikmati konten Netflix dengan resolusi Full HD yang optimal.

Harga dan Spesifikasi Infinix Zero 30 5G

Spesifikasi Infinix Zero 30 5G
  • Warna : Golden Hour, Rome Green, Fantasy Purple.
  • Dimensi : 164.5 x 75 x 7.9 mm.
  • Berat : 185 gram
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400, 6.67 inci.
  • Chipset : Mediatek Dimensity 8020 (6 nm).
  • GPU : Mali-G77 MC9.
  • RAM : 12 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, XOS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 68W wired.
  • Kamera Belakang : 108 MP + 13 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 50 MP.

Infinix Zero 30 5G merupakan salah satu smartphone terkini yang menawarkan kualitas layar unggul dengan layar sentuh punch hole berukuran 6,67 inci dan panel AMOLED yang mendukung refresh rate 144Hz. Performa handalnya didukung oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8020 5G octa-core berfabrikasi 6 nanometer, sementara dayanya dipasok oleh baterai berkapasitas 5000 mAh.

Tidak hanya itu, Infinix Zero 30 5G juga menonjolkan kamera selfie 50 MP dengan fitur phase-detection autofocus, suatu fitur yang jarang ditemukan pada kamera depan ponsel lain yang mendukung PDAF. Harga dari smartphone Infinix Zero 30 5G ini, berdasarkan informasi yang penulis kumpulkan, adalah Rp4.299.000 rupiah untuk varian RAM 12 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.