Yuk Ketahui 8 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 8

Setelah sukses meluncurkan smartphone Infinix Zero 30 4G dan Infinix Zero 30 5G di segmen kelas menengah, kini Infinix Mobility Indonesia melangkah ke segmen entry-level dengan merilis seri Infinix Smart 8, yang dapat dianggap sebagai penerus dari Infinix Smart 7. Keunggulan utama dari smartphone ini terletak pada desainnya yang modern mirip dengan iPhone, serta dilengkapi layar IPS (In-Plane Switching) LCD dengan refresh rate 90Hz dan fitur Magic Ring yang terletak di sekitar kamera selfie atau punch hole.

Infinix Smart 8

Dari segi performa, Infinix Smart 8 menawarkan kinerja yang memadai di kelas harga yang bersaing, didukung oleh System on Chip (SoC) Unisoc T606 octa-core yang dipadukan dengan RAM 3 GB atau 4 GB. Seluruh performa ini didukung oleh baterai berkapasitas besar, yaitu 5000 mAh, yang mampu bertahan seharian dalam penggunaan normal.

Dengan harga Rp1 jutaan lebih sedikit, ponsel ini menjadi opsi menarik bagi mereka yang memiliki budget terbatas namun tetap ingin merasakan pengalaman Android yang nyaman. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Infinix Smart 8, serta spesifikasi dan harga yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk membeli ponsel ini.

Kelebihan Infinix Smart 8

1. Desain yang Kekinian

Dari segi desain, Infinix Smart 8 menampilkan tata letak kamera belakang yang mirip dengan iPhone, dengan frame datar yang memberikan kesan estetis pada bodi. Meskipun demikian, Infinix tidak sekadar meniru desain iPhone, karena mereka memberikan sentuhan matte dengan tekstur yang disebut sebagai Vibrant Glow Texture Design.

Tekstur ini membuat penutup belakang Infinix Smart 8 terlihat berkilau, namun tetap minim noda sidik jari berkat finishing matte-nya. Tidak hanya sebagai elemen estetika, tekstur khusus pada bagian belakang juga berfungsi untuk mencegah bodi agar tidak licin.

Berbeda dengan pendahulunya, Infinix Smart 7, yang masih menggunakan port microUSB, Infinix Smart 8 telah diperbarui dengan menggunakan port USB Type-C. Selain itu, sensor sidik jari juga telah dipindahkan ke samping bodi, yang sebelumnya terletak di bagian belakang.

Peningkatan lainnya terdapat pada bagian depan, di mana layar Infinix Smart 8 kini mengusung desain punch hole yang dianggap lebih modern oleh banyak orang dibandingkan dengan waterdrop notch.

2. Layar Luas, Menawarkan Refresh Rate 90Hz

Pengalaman menggunakan layar pada Infinix Smart 8 dinilai sangat memuaskan oleh penulis, karena ponsel ini dilengkapi dengan layar berukuran 6,6 inci berjenis IPS (In-Plane Switching) LCD, yang sedikit lebih besar daripada rata-rata ponsel dengan layar 6,5 inci.

Meskipun memiliki resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel, tingkat ketajamannya tetap dianggap baik untuk kelas entry-level. Layar ini memiliki aspek rasio 20:9 dan kerapatan piksel sebanyak 267 ppi (pixel per inch).

Selain itu, layar smartphone Infinix Smart 8 juga mendukung refresh rate 90Hz, memberikan pengalaman animasi yang lebih smooth. Namun, sayangnya, artikel tidak menyebutkan adanya perlindungan antigores seperti Corning Gorilla Glass atau sejenisnya pada layar ponsel ini.

3. Kinerja Optimal Berkat Unisoc T606

Kinerja yang disajikan oleh smartphone terjangkau Infinix Smart 8 dianggap cukup mumpuni untuk kebutuhan komputasi ringan sehari-hari dalam kelas harganya. Ponsel ini didukung oleh System on Chip (SoC) Unisoc T606 dengan fabrikasi 12 nanometer, yang memiliki prosesor octa-core 64-bit terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 1,6 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,6 GHz. Kombinasi ini dipasangkan dengan memori RAM sebesar 3 GB atau 4 GB, serta didukung oleh unit pemrosesan grafis GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 650MHz yang dianggap memadai.

Infinix Smart 8 tersedia dalam dua pilihan kapasitas memori, yakni RAM 3 GB dengan ROM 64 GB atau RAM 4 GB dengan ROM 128 GB. Selain itu, ponsel ini tetap mempertahankan slot kartu SIM triple, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan dua kartu SIM dan kartu microSD secara bersamaan.

Dengan adanya fitur ini, pengguna dual SIM tidak perlu lagi memilih antara satu kartu SIM atau kartu microSD. Bahkan, ponsel ini mendukung kartu SD hingga 512 GB, memberikan ruang penyimpanan yang cukup besar untuk foto, aplikasi, video, musik, dan berbagai data lainnya.

4. Tersemat Kamera yang Cukup Oke

Dalam hal fotografi, Infinix Smart 8 dinilai memadai di kelasnya karena dilengkapi dengan dua kamera di bagian belakangnya. Kamera utamanya memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan aperture f/2.0, sensor BSI CMOS 1/3 inci, piksel sebesar 1.12um, autofocus, dan dual LED flash. Sedangkan kamera sekundernya memiliki resolusi QVGA dan berfungsi sebagai depth sensor.

Sementara itu, kamera selfie Infinix Smart 8 juga dianggap cukup memadai dengan kamera selfie berkekuatan 8 MP. Kamera ini menggunakan sensor BSI CMOS 1/4 inci, piksel sebesar 1.12um, fixed focus, dan dilengkapi dengan fitur AI serta LED flash untuk mendukung pemotretan dalam kondisi cahaya rendah.

5. Baterai Jumbo yang Awet

Untuk dapat bersaing dalam persaingan ketat di kelas entry-level, Infinix Mobility Indonesia tentu harus menyajikan baterai yang dapat diandalkan. Kapasitas baterai Infinix Smart 8 mencapai 5000 mAh, suatu angka yang cukup besar dan mungkin telah menjadi standar pada masa ini.

Dengan memanfaatkan layar beresolusi HD+ dan pemilihan System on Chip (SoC) yang efisien dalam penggunaan daya, baterai pada Infinix Smart 8 mampu memberikan daya tahan yang lama. Ponsel ini dapat bertahan hingga 50 jam untuk pemutaran musik, 39 jam untuk durasi panggilan telepon, dan 36 jam untuk pemutaran video.

Fitur lain yang ditawarkan adalah Ultra Power Saving Mode, yang memungkinkan ponsel Infinix Smart 8 bertahan hingga 2 jam lebih lama saat melakukan panggilan telepon, atau memberikan mode siaga tambahan selama 24 jam saat sisa baterai hanya tersisa 5%.

6. Side-Mounted Fingerprint

Infinix Mobility Indonesia juga memberikan perhatian khusus pada unsur desain. Oleh karena itu, Infinix Smart 8 dirancang dengan bodi belakang yang bersih dan rapi, tanpa menampilkan sensor sidik jari di bagian belakangnya.

Sebagai pengganti, sensor sidik jari pada ponsel ini ditempatkan di sisi, terintegrasi dengan tombol power. Keputusan ini tidak hanya membuat bagian belakang ponsel terlihat lebih bersih, tetapi juga meningkatkan pengalaman membuka kunci dengan lebih mudah dan alami.

Kekurangan Infinix Smart 8

1. Pengisian Daya Masih Standar 10W

Meskipun Vivo Y17s dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar 5.000 mAh, namun terdapat kekurangan pada sektor ini, yaitu hanya mendukung pengisian standar 10W tanpa adanya fitur pengisian cepat. Oleh karena itu, proses pengisian daya dari kosong hingga penuh memerlukan waktu lebih dari 3 jam. Sebuah periode waktu yang cukup lama, bukan?

2. Absennya Fitur NFC

Kekurangan lain dari Infinix Smart 8 adalah ketiadaan fitur NFC (Near Field Communication), yang merupakan salah satu fitur yang banyak dicari oleh pengguna. Dengan kehadiran fitur ini, berbagai aktivitas dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Salah satu kegunaan umum dari fitur NFC adalah dalam transaksi digital. Selain itu, fitur ini juga berguna untuk memeriksa saldo kartu e-money, menyambungkan perangkat dengan mudah, dan mentransfer file dengan lebih cepat.

Harga dan Spesifikasi Infinix Smart 8

Spesifikasi Infinix Smart 8
  • Warna : Timber Black, Shiny Gold, Crystal Green.
  • Dimensi : 163.8 x 75.6 x 8.5 mm.
  • Berat : 184 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : Unisoc T606 (12 nm).
  • GPU : Mali-G57 MP1.
  • RAM : 3 GB / 4 GB.
  • ROM : 64 GB / 128 GB.
  • OS : Android 13 Go Edition.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 0.08 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Infinix Smart 8 merupakan salah satu smartphone 4G entry-level terbaru yang menawarkan desain stylish dan performa tangguh dengan menggunakan System on Chip (SoC) Unisoc T606. Selain itu, ponsel ini telah diperbarui dengan sistem operasi Android 13 Go Edition terbaru yang ringan dan responsif.

Bahkan, smartphone entry-level ini dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 6,6 inci dan panel IPS (In-Plane Switching) LCD dengan refresh rate 90Hz untuk pengalaman visual yang lebih halus. Harga terbaru Infinix Smart 8 di Indonesia, berdasarkan informasi yang penulis himpun, adalah Rp1.099.000 untuk varian RAM 3 GB dan ROM 64 GB, sementara varian RAM 4 GB dan ROM 128 GB dibanderol seharga Rp1.299.000.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.