7 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 7

Setelah berhasil menguasai pasar smartphone kelas menengah melalui seri Infinix Zero 5G 2023 beberapa waktu lalu, Infinix Mobility Indonesia melangkah ke segmen entry-level dengan merilis seri Infinix Smart 7 pada 6 April 2023. Seri ini menjadi penerus dari Infinix Smart 6 yang juga menonjolkan nilai tinggi dalam kategori value for money.

Infinix Smart 7

Dengan harga di bawah Rp1 juta, ponsel ini menjadi opsi menarik bagi mereka yang memiliki keterbatasan dana tetapi tetap menginginkan pengalaman Android yang nyaman.

Infinix Smart 7 membawa sejumlah kelebihan, termasuk layar yang lebih lebar dari rata-rata, daya tahan baterai sepanjang hari, performa yang memadai untuk tugas ringan sehari-hari, dan desain bodi yang ergonomis dan aman untuk kesehatan.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Infinix Smart 7, berserta spesifikasi dan harga yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk membeli ponsel ini.

Kelebihan Infinix Smart 7

1. Hadir dengan Desain Unik dan Anti Bakteri

Infinix Smart 7 hadir dengan desain kekinian yang mengadopsi konsep 3D Textured Body yang stylish. Bodi belakangnya dilapisi oleh silver ion antibakteri yang diklaim dapat memperlambat pertumbuhan kuman pada permukaan ponsel. Dengan ini, ponsel ini dapat terjaga dari 14 jenis bakteri berbeda, bahkan dengan tingkat antibacterial sebesar 99%.

Meskipun material yang digunakan pada sisi belakang dan frame masih terbuat dari plastik polikarbonat, ini dipilih mengingat kisaran harga ponsel ini yang berada di bawah Rp1 juta. Meski begitu, bahan ini terasa kokoh dan tahan lama. Bagian depan Infinix Smart 7 menggunakan material kaca dengan desain tetesan air atau waterdrop notch sebagai housing kamera depan.

Ponsel ini memiliki ketebalan yang baik, sekitar 8,7 mm, meskipun bukan yang paling tipis di kelasnya. Namun, hal ini membuatnya terasa nyaman saat digenggam oleh sebagian besar pengguna. Bobotnya sendiri mencapai 188 gram. Selain itu, ponsel ini tersedia dalam empat varian warna, yaitu Iceland White, Peacock Blue, Polar Black, dan Coastal Green.

2. Layar IPS yang Luas

Pengalaman menggunakan layar pada Infinix Smart 7, menurut penulis, cukup memuaskan karena ponsel ini dilengkapi dengan layar berukuran 6,6 inci berbasis IPS (In-Plane Switching) LCD, sedikit lebih besar dari rata-rata ponsel dengan layar 6,5 inci.

Meskipun resolusinya masih HD+ atau 720 x 1612 piksel, tingkat ketajamannya cukup baik untuk kelas entry-level. Layar ini memiliki aspek rasio 20:9 dan kerapatan piksel hingga 267 ppi (pixel per inch).

Infinix Mobility Indonesia menyatakan bahwa ponsel ini mampu menampilkan isi layar dengan baik, terlepas dari kondisi pencahayaan. Di luar ruangan, tingkat kecerahan Infinix Smart 7 mencapai 500 nits, yang masih dapat diandalkan untuk ponsel kelasnya.

3. Performa yang Cukup Oke untuk Menangani Aktivitas Harian

Performa yang dimiliki oleh Infinix Smart 7, menurut penulis, sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan komputasi ringan sehari-hari. Ponsel ini didukung oleh System on Chip (SoC) MediaTek Helio A22 berfabrikasi 12 nanometer, yang menampilkan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit dengan kecepatan 2 GHz. Performa tersebut diperkuat oleh pengolah grafis PowerVR GE8320 yang mumpuni.

MediaTek Helio A22 ini dipadukan dengan RAM sebesar 3 GB atau 4 GB, serta penyimpanan internal sebesar 64 GB eMMC 5.1. Ponsel ini juga mendukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga 256 GB dengan triple slot.

4. Kamera Memadai di Kelas Harganya

Sisi fotografi pada Infinix Smart 7 tergolong memadai untuk kelasnya, karena ponsel ini dilengkapi dengan dua kamera di bagian belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan aperture f/2.0, sensor BSI CMOS 1/3 inci dengan piksel sebesar 1.12um, autofocus, dan dual LED flash. Sedangkan kamera kedua memiliki resolusi QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor.

Kamera selfie Infinix Smart 7 juga cukup memadai, dengan kamera selfie berkekuatan 5 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/5 inci dengan fixed focus. Kamera ini didukung oleh fitur AI dan LED flash untuk mengambil foto dalam kondisi cahaya rendah.

5. Baterai 5000 mAh Awet

Untuk dapat bersaing dalam persaingan ketat di kelas entry-level, Infinix Mobility Indonesia tentu harus menyajikan baterai yang memadai. Infinix Smart 7 membawa baterai berkapasitas 5000 mAh, sebuah angka yang cukup besar dan mungkin sudah menjadi standar di masa sekarang.

Dengan kombinasi layar beresolusi HD+ dan penggunaan System on Chip (SoC) yang hemat daya, baterai Infinix Smart 7 mampu memberikan ketahanan yang lama. Ponsel ini dapat bertahan hingga 50 jam pemutaran musik, 39 jam durasi panggilan telepon, dan 32 jam pemutaran video.

Fitur lainnya termasuk Ultra Power Saving Mode yang memungkinkan ponsel Infinix Smart 7 bertahan hingga 2 jam lebih lama saat melakukan panggilan, atau memberikan waktu mode siaga tambahan 24 jam saat sisa baterai tinggal 5%.

6. Adanya Fingerprint

Beberapa merek nampaknya telah menyadari pengaruh positif dari sensor pemindai sidik jari yang ditempatkan di belakang bodi terhadap estetika desain bagian belakang. Meskipun Infinix Smart 7 menggunakan rear-mounted fingerprint scanner, penempatan sensor ini terlihat menyatu dengan housing kamera sehingga menciptakan kesan seamless.

Bagian housing kamera sengaja diperlebar untuk menampung sensor sidik jari, memberikan sentuhan desain yang lebih streamlined dan terpadu. Keberadaan sensor ini membuat pengguna tidak perlu repot untuk membuka kunci layar.

Kehadiran sensor pemindai sidik jari di sisi belakang bodi ini patut diacungi jempol, terutama mengingat sebagian besar ponsel entry-level dalam rentang harga kurang dari Rp1 juta tidak menyediakannya.

Kekurangan Infinix Smart 7

1. Masih Menggunakan microUSB

Pada saat sebagian besar smartphone beralih ke port USB Type-C, Infinix Smart 7 tetap menggunakan port microUSB 2.0. Penggunaan port ini dianggap sudah cukup ketinggalan zaman dan mulai ditinggalkan karena memerlukan perhatian pada posisi ujung kabel charger sebelum dicolokkan.

Selain itu, port microUSB 2.0 juga memiliki kecepatan transfer data yang lebih lambat dibandingkan dengan USB Type-C. Untungnya, meskipun menggunakan port microUSB 2.0, Infinix Smart 7 mendukung fitur USB OTG (On-The-Go), sehingga pengguna masih dapat menghubungkannya dengan berbagai perangkat tambahan seperti keyboard, mouse, HDD, flashdisk, dan lainnya.

Harga dan Spesifikasi Infinix Smart 7

Spesifikasi Infinix Smart 7
  • Warna : Iceland White, Peacock Blue, Polar Black, dan Coastal Green.
  • Dimensi : 163.8 x 75.6 x 8.7 mm.
  • Berat : 188 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio A22 MT6761.
  • GPU : IMG PowerVR GE8320.
  • RAM : 3 GB / 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 12, XOS 10.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 0.3 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Infinix Smart 7 merupakan ponsel terjangkau yang berada di kategori entry-level, menawarkan desain yang stylish dengan lapisan antibakteri, baterai besar berkapasitas 5000 mAh dilengkapi dengan fitur Ultra Power Saving Mode, serta sensor sidik jari di bagian belakang.

Harga terbaru Infinix Smart 7 di Indonesia, berdasarkan informasi yang saya temukan, adalah Rp1.099.000 untuk varian dengan RAM 3 GB dan ROM 64 GB, sementara varian dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB dihargai Rp1.199.000.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.