9 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 30

Setelah merilis Infinix Hot 30 pada Mei 2023, kini Infinix Mobility Indonesia memperkenalkan smartphone terbarunya melalui seri Infinix Note 30 dan Infinix Note 30 Pro pada 8 Juni 2023. Desain dari Infinix Note 30 terlihat cantik dan mewah. Ponsel ini juga menawarkan fitur-fitur canggih dan kekinian dari Infinix Mobility Indonesia.

Infinix Note 30

Bagaimana kelebihan dan kekurangan Infinix Note 30 beserta spesifikasi dan harganya? Untuk mengetahui jawabannya, mari langsung simak ulasan berikut.

Kelebihan Infinix Note 30

1. Hadir dengan Desain yang Menawan

Dalam hal desain, Infinix Note 30 tampil dengan penampilan yang menarik. Bodi bagian belakang ponsel ini dilapisi dengan material kaca yang memiliki finishing satin. Tidak hanya itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan housing kamera tanpa island seperti yang ada pada Infinix Note 30 Pro. Dua lensa kamera menonjol di samping lampu flash, sementara embos Infinix terletak sedikit lebih bawah di bagian bawah housing kamera.

Pada sisi samping kanan Infinix Note 30, terdapat tombol power yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari. Tombol volume juga terletak di bagian ini, dan keduanya ditempatkan dengan presisi yang baik. Di sebelah kiri, terdapat slot SIM Card yang terdiri dari dual nano SIM dan satu slot microSD. Di bagian atas frame ponsel terdapat logo JBL. Pada bagian bawahnya, terdapat beberapa port seperti USB Type-C, audio jack 3,5mm, dan speaker.

Dimensi smartphone Infinix Note 30 ini adalah 168.6 x 76.6 x 8.6 mm, dengan bobot sekitar 219 gram. Ponsel ini tersedia dalam tiga varian warna, yaitu Obsidian Black, Interstellar Blue, dan Sunset Gold.

2. Punya Sertifikasi IP53, Tahan Air dan Debu

Ternyata, Infinix Note 30 telah diberi sertifikasi IP Rating. Meskipun hanya IP53, penambahan IP Rating pada ponsel terjangkau seperti ini patut diapresiasi. Dengan demikian, ponsel ini memiliki ketahanan terhadap cipratan air dan paparan debu.

Selain sertifikasi IP Rating, bagian layar dari Infinix Note 30 sepertinya telah dilapisi pelindung layar. Meskipun demikian, Infinix tidak memberikan detail lebih lanjut mengenai jenis proteksi yang digunakan pada layar smartphone ini.

3. Layar IPS dengan Refresh Rate Tinggi 120Hz

Ponsel kelas menengah terjangkau dari Infinix Mobility Indonesia dilengkapi dengan layar sentuh punch hole berukuran 6,78 inci dengan aspek rasio 20:9. Layar ini menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD dengan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel, menawarkan kerapatan hingga 396 ppi yang sangat cemerlang.

Layar tersebut mampu memancarkan kecerahan hingga 580 nits (peak) dan mendukung refresh rate 120Hz dengan touch sampling rate 240Hz yang memberikan pengalaman imersif. Tak hanya itu, layar pada Infinix Note 30 telah memperoleh sertifikasi Widevine L1, memungkinkan pengguna untuk menikmati konten Netflix dengan kualitas visual yang optimal.

4. Performa Helio G99 yang Cukup Powerful

Performa yang ditawarkan oleh smartphone Infinix Note 30 dianggap cukup powerful berkat dukungan System on Chip (SoC) MediaTek Helio G99 MT8781 dengan fabrikasi 6 nanometer. SoC ini memiliki octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz. Smartphone ini juga dilengkapi dengan RAM sebesar 8 GB, serta GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2 yang cukup mumpuni.

Infinix Note 30 memiliki penyimpanan internal sebesar 256 GB dan masih mendukung slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga 1 TB, dengan triple slot yang tersedia.

5. Kamera Utama 64MP

Dalam aspek fotografi, Infinix Note 30 membawa konfigurasi Triple Camera yang terdiri dari kamera utama berkekuatan 64 MP dengan bukaan aperture f/1.7. Kamera ini menggunakan sensor OmniVision berukuran 1/2 inci dengan piksel sebesar 0.7um, didukung oleh fitur phase-detection autofocus dan quad LED flash.

Kamera kedua memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor. Kombinasi dari dua kamera belakang pada ponsel ini memungkinkan penghasilan foto portrait atau efek bokeh melalui mode portrait. Sementara itu, kamera ketiga berperan sebagai AI lens detection.

Pada sisi depan, terdapat kamera selfie berkekuatan 16 MP dengan sensor BSI CMOS dan bukaan aperture f/2.0 fixed focus. Dalam hal perekaman video, kamera utama pada Infinix Note 30 mampu merekam pada resolusi 1440p@30fps, sementara kamera depan atau selfie hanya mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps.

6. Baterai Jumbo dengan 45W All-Round Fast Charge

Tidak jauh berbeda dengan model Note 30 Pro, Infinix Note 30 juga dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yakni 5000 mAh. Selain kapasitas yang besar, daya tahan baterainya juga tergolong cukup awet. Menurut informasi yang penulis himpun, baterai smartphone ini mampu bertahan hingga 119 jam dalam penggunaan normal.

Tidak hanya itu, kecepatan pengisian daya pada Infinix Note 30 juga terkesan impresif. Ini berkat kehadiran teknologi pengisian cepat 45W. Infinix bahkan mengklaim bahwa ponsel ini dilengkapi dengan 45W All-Round Fast Charge yang membuat proses pengisian baterai berlangsung dengan cepat.

7. Dual Stereo Speaker yang Mumpuni

Fitur menarik pada Infinix Note 30 adalah hadirnya dual stereo speaker yang disetel oleh JBL dan dilengkapi dengan sertifikasi Hi-Res Audio, memberikan pengalaman menonton film, mendengarkan musik, dan bermain game yang lebih menyenangkan.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan linier motor vibration untuk menghasilkan getaran yang lebih taktis saat bermain game. Namun, perlu diingat bahwa speaker di bagian bawah memiliki posisi yang kurang optimal, sehingga terkadang dapat tertutup oleh tangan saat menggenggam perangkat.

8. Mendukung Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) memang tidak hanya terbatas pada ponsel kelas flagship, namun telah umum digunakan oleh smartphone di kelas entry-level hingga mid-range, termasuk Infinix Note 30.

Dengan adanya fitur NFC (Near Field Communication), pengguna dapat dengan mudah mengisi saldo eMoney dengan membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Infinix Note 30. Ini juga akan sangat memudahkan pengendara sepeda motor hingga mobil saat melewati tol atau saat parkir.

Kekurangan Infinix Note 30

1. Tidak Ada Kamera Ultrawide

Kemampuan fotografi dari Infinix Note 30 memang sangat baik di kelasnya karena menyajikan resolusi yang cukup tinggi. Namun, kekurangan sensor ultrawide pada ponsel ini dapat menjadi suatu keputusan yang sulit. Sebaliknya, Tecno Mobile memilih untuk menyematkan sensor kedalaman sebagai kamera sekundernya. Padahal, saat ini banyak ponsel kelas entry-level hingga mid-range yang sudah dilengkapi dengan sensor ultrawide.

Harga dan Spesifikasi Infinix Note 30

Spesifikasi 
  • Warna : Obsidian Black, Interstellar Blue, dan Sunset Gold.
  • Dimensi : 168.6 x 76.6 x 8.6 mm.
  • Berat : 219 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2460 piksel, 6.78 inci.
  • Chipset : Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, XOS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 45W wired.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 2 MP +  QVGA.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Infinix Note 30 merupakan smartphone kelas menengah terbaru yang menonjolkan performa powerful berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 dan kapasitas memori internal yang luas.

Tidak hanya itu, smartphone yang diproduksi oleh Infinix Mobility Indonesia ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dan teknologi pengisian cepat 45W yang sangat impresif.

Harga terbaru Infinix Note 30 di Indonesia, berdasarkan informasi yang penulis kumpulkan, adalah Rp2.499.000 untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.