10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 30 Pro

Setelah meluncurkan Infinix Hot 30 pada Mei 2023, kini Infinix Mobility Indonesia memperkenalkan smartphone terbarunya melalui seri Infinix Note 30 dan Infinix Note 30 Pro pada 8 Juni 2023. Dalam rangkaian Infinix Note 30 series, Infinix Note 30 Pro dapat dianggap sebagai yang paling menarik karena menyajikan fitur unggulan dengan harga di kisaran menengah.

Infinix Note 30 Pro

Beberapa fitur pada smartphone buatan Infinix Mobility Indonesia ini bahkan diketahui lebih umumnya dimiliki oleh ponsel flagship yang harganya di atas Rp10 jutaan. Contohnya, terdapat kamera dengan resolusi tinggi, baterai berkapasitas besar, dan desain bodi yang menawan dan mewah.

Namun, apa saja kelebihan dan kekurangan Infinix Note 30 Pro, serta spesifikasinya dan harganya? Untuk mengetahui jawabannya, mari langsung simak ulasan berikut ini.

Kelebihan Infinix Note 30 Pro

1. Desain Menawan yang Memberikan Kesan Premium dan Mahal

Dalam hal desain, Infinix Note 30 Pro menampilkan kamera berbentuk persegi. Meskipun desain ini dapat dianggap mirip dengan beberapa smartphone yang dirilis pada awal 2020-an, Infinix memberikan sentuhan yang berbeda.

Ukuran persegi tersebut diperbesar, bahkan meluas lebih dari setengah bagian bodi jika diukur dari kiri ke kanan. Desainnya datar alias flat, tetapi dengan sisi-sisi yang sedikit melengkung untuk memberikan kenyamanan saat digenggam.

Infinix Note 30 Pro menjadi Note series pertama yang menggunakan bahan kaca pada bagian belakangnya, menciptakan kesan premium yang umumnya tidak ditemui pada smartphone yang menggunakan plastik polikarbonat.

Dari segi dimensi, smartphone Infinix Note 30 Pro memiliki ukuran 168.5 x 76.5 x 8.5 mm dengan bobot 203 gram. Ponsel ini hadir dalam dua varian warna, yaitu Variable Gold dan Magic Black.

2. Hadir dengan Membawa Sertifikasi IP53

Selain itu, proses pelapisan pada desain Infinix Note 30 Pro ini menggunakan metode NCVM, sehingga meningkatkan ketahanannya terhadap suhu tinggi dan kelembaban. Keunggulan menarik lainnya dari ponsel ini adalah telah memperoleh sertifikasi IP53, yang memberikannya ketahanan terhadap percikan air dan debu.

Meskipun tingkat ketahanan IP masih sebatas IP53, penambahan IP Rating pada smartphone yang terjangkau merupakan suatu nilai positif yang layak diapresiasi.

3. Layar AMOLED dengan Refresh Rate Tinggi 120Hz

Smartphone terbaru kelas menengah dari Infinix Mobility Indonesia dilengkapi dengan layar sentuh waterdrop berukuran 6,7 inci, dengan aspek rasio 20:9, menggunakan panel Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode). Layar ini memiliki resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel, dengan kerapatan mencapai 388 ppi (pixel per inch) dan kecerahan mencapai 900 nits.

Layar tersebut juga mendukung refresh rate 120Hz yang memberikan tampilan yang halus, serta touch sampling rate 360Hz untuk pengalaman sentuhan yang responsif. Layar menggunakan teknologi Super AMOLED, mampu menampilkan 1 miliar warna dengan 100% DCI-P3 color gamut.

Dengan color depth 10-bit dan 100% DCI-P3 color gamut, layarnya memiliki kontras rasio sebesar 5.000.000:1, memberikan tampilan yang optimal. Untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan mata, Infinix Note 30 Pro dilengkapi dengan fitur eye care mode. Adanya sertifikasi TUV Rheinland Certification pada layar juga menjamin bahwa tampilan layarnya aman dan nyaman.

4. Performa Oke dari Helio G99

Performa yang dimiliki oleh smartphone Infinix Note 30 Pro dianggap cukup powerful, berkat dukungan System on Chip (SoC) MediaTek Helio G99 MT8781 yang dibuat dengan fabrikasi 6 nanometer. SoC ini mengusung prosesor octa-core, terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz. Ponsel ini juga didukung oleh RAM 8 GB dan memiliki pengolah grafis yang memadai, yaitu GPU Mali-G57 MC2.

Infinix Note 30 Pro dilengkapi penyimpanan internal sebesar 256 GB, dan masih memiliki slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga 1 TB dengan triple slot. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan lengkap seperti face unlock dan fingerprint side mounted.

5. Kamera Utama 108MP

Beralih ke sektor kamera, Infinix Note 30 Pro membawa konfigurasi Triple Camera. Kamera utamanya memiliki resolusi tinggi, yaitu 108 MP dengan bukaan aperture f/1.6, menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 berukuran 1/1.67 inci dengan piksel sebesar 0.64um. Kamera ini dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus, serta quad LED flash.

Kamera kedua memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan aperture f/2.4, berfungsi sebagai depth sensor untuk mendukung efek bokeh dalam mode potret. Sementara kamera ketiga berperan sebagai AI lens detection.

Pada bagian depan, terdapat kamera selfie beresolusi 32 MP dengan sensor BSI CMOS, bukaan aperture f/2.0, dan fitur fixed focus yang didukung oleh teknologi AI. Dalam hal perekaman video, kamera utama pada Infinix Note 30 mampu merekam pada resolusi 1440p@30fps, sementara kamera depan atau selfie hanya mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps.

6. Baterai Awet Didukung Fast Charge 68W

Untuk memenuhi kebutuhan daya, Infinix Note 30 Pro dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh, didukung oleh teknologi pengisian cepat AI-round Fast Charge 68W. Teknologi ini diyakini mampu mengisi baterai hingga 80% dalam waktu hanya 30 menit.

Fitur-fitur pengecasan pada ponsel ini cukup beragam, salah satunya adalah bypass charging yang memungkinkan pengisian daya langsung dari sumber listrik tanpa melibatkan baterai.

Charger yang digunakan juga mendukung protokol USB Power Delivery 3.0, sehingga dapat mendukung perangkat-perangkat lain seperti laptop dan konsol gim portable.

Selain itu, terdapat teknologi Intelligent Power E-IQ yang menjaga keamanan ponsel saat diisi daya sepanjang malam. Bahkan, Infinix Note 30 Pro juga mendukung pengisian daya nirkabel 15W.

7. Audio Mumpuni

Hal menarik dari Infinix Note 30 Pro adalah kehadiran dual stereo speaker yang telah diatur oleh JBL, dilengkapi dengan sertifikasi Hi-Res Audio. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman menonton film, mendengarkan musik, hingga bermain game menjadi lebih menyenangkan.

Ponsel ini juga dilengkapi linier motor vibration untuk menghasilkan getaran yang lebih taktis saat bermain game. Namun, perlu dicatat bahwa speaker yang terletak di bagian bawah memiliki posisi yang kurang ideal, sehingga kadang-kadang speaker dapat tertutup oleh tangan pengguna saat memegang perangkat.

8. Mendukung Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) tidak lagi menjadi eksklusif untuk ponsel kelas flagship. Fitur ini kini telah diterapkan pada smartphone kelas entry-level hingga mid-range, termasuk Infinix Note 30 Pro.

Dengan adanya dukungan fitur NFC, pengguna dapat dengan mudah mengisi saldo eMoney dengan membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Infinix Note 30 Pro. Keberadaan fitur ini juga akan memberikan kemudahan bagi pengendara sepeda motor hingga mobil saat hendak melewati tol atau melakukan pembayaran parkir.

Kekurangan Infinix Note 30 Pro

1. Tidak Ada Kamera Ultrawide

Sisi fotografi dari Infinix Note 30 Pro memang sangat baik untuk kelasnya karena menyajikan resolusi yang cukup tinggi. Namun, kekurangan sensor ultrawide pada ponsel ini bisa menjadi suatu hal yang cukup krusial. Infinix Mobility Indonesia memilih untuk menghadirkan sensor depth sebagai kamera kedua dan QVGA sebagai kamera ketiga, sementara sensor ultrawide tidak disertakan. Padahal, baru-baru ini banyak ponsel dari kelas entry-level hingga mid-range yang telah menggunakan sensor ultrawide.

2. Tidak Ada Dukungan Jaringan 5G

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Infinix Note 30 Pro adalah ketiadaan dukungan untuk jaringan 5G. Meskipun saat ini jaringan 5G belum sepenuhnya optimal di Indonesia, namun disayangkan bahwa smartphone dengan harga sekitar Rp3 jutaan tidak menyertakan kemampuan untuk beroperasi pada jaringan 5G.

Ketika suatu saat nanti jaringan 5G sudah lebih merata di Indonesia dan jaringan 4G mulai ditinggalkan, mungkin pengguna harus mempertimbangkan untuk membeli smartphone baru yang mendukung jaringan 5G agar dapat merasakan pengalaman pengguna yang optimal.

Harga dan Spesifikasi Infinix Note 30 Pro

Spesifikasi Infinix Note 30 Pro
  • Warna : Variable Gold dan Magic Black.
  • Dimensi : 168.5 x 76.5 x 8.5 mm.
  • Berat : 203 gram.
  • Layar : Super AMOLED, 1080 x 2460 piksel, 6.78 inci.
  • Chipset : Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, XOS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 68W wired, 15W wireless..
  • Kamera Belakang : 108 MP + 2 MP +  QVGA.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Infinix Note 30 Pro adalah sebuah smartphone terbaru di kelas menengah yang menawarkan performa handal berkat dukungan System on Chip (SoC) MediaTek Helio G99, serta mengandalkan kamera beresolusi tinggi 108 MP mirip dengan ponsel flagship.

Tidak hanya sampai di situ, ponsel ini juga dilengkapi layar sentuh waterdrop berukuran 6,78 inci dengan panel Super AMOLED, refresh rate 120Hz, dan touch sampling rate 360Hz. Harga terbaru untuk smartphone Infinix Note 30 Pro di Indonesia, berdasarkan informasi yang saya peroleh, adalah Rp3.099.000 untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.