9 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 12

Infinix Mobility merilis smartphone terbaru mereka di Indonesia pada bulan Mei 2022, yakni Infinix Note 12. Ponsel ini dirancang untuk bersaing di kelas menengah dengan menawarkan sejumlah spesifikasi menarik di berbagai aspek.

Infinix Note 12

Dengan tagline "Multitasking Master," Infinix Note 12 memberikan beragam fitur kepada pengguna, termasuk pengisian daya cepat, baterai besar, layar AMOLED, dan performa yang tangguh di kelasnya. Semua fitur tersebut tersedia dengan harga sekitar Rp2 jutaan. Selanjutnya, mari kita bahas lebih detail mengenai kelebihan dan kekurangan dari Infinix Note 12.

Kelebihan Infinix Note 12

1. Desain Menarik

Desain Infinix Note 12 terinspirasi dari iPhone, terlihat pada bagian belakang yang bersih dengan modul kamera berbentuk persegi panjang vertikal, menampilkan sedikit cahaya yang menarik. Meskipun menggunakan material plastik, ponsel ini tetap nyaman digenggam dan tidak mudah licin.

Modul kamera belakang Infinix Note 12 menonjol sedikit, dengan kamera utama berukuran besar, dua kamera kecil, dan LED Flash. Bagian depan masih mengusung kamera selfie berbentuk waterdrop. Dimensinya adalah 164.4 x 76.7 x 7.9 mm, dengan bobot 184.5 gram, memberikan kenyamanan untuk dibawa ke mana-mana. Tersedia dalam tiga warna: Force Black, Snowfall, dan Sapphire Blue.

2. Layar AMOLED yang Unggul di Kelasnya

Sebagian besar smartphone di kisaran harga Rp2 jutaan umumnya menggunakan panel IPS LCD atau PLS TFT. Namun, Infinix Note 12 memberikan perbedaan dengan menyajikan panel AMOLED, yang tidak hanya hemat daya tetapi juga mampu menghasilkan tampilan warna lebih beragam dan rasio kontras yang lebih tinggi.

Layar Infinix Note 12 berukuran 6,7 inci, memberikan pengalaman menonton video dan bermain game yang sangat nyaman dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel yang tajam. Fitur refresh rate 90 Hz pada layar membuat tampilan lebih mulus dan responsif dibandingkan dengan refresh rate 60 Hz. Teknologi True Color yang disematkan juga meningkatkan kualitas warna dan efisiensi daya layar.

Untuk kebutuhan di luar ruangan, kecerahan layar Infinix Note 12 mencapai 514 nits. Selain itu, terdapat pemindai sidik jari yang terletak di samping bodi, yang terintegrasi dengan tombol power.

3. Dapur Pacu Helio G96 Ngebut

Infinix Note 12 membawa dapur pacu Helio G96 dari MediaTek, yang dijanjikan memberikan kecepatan dan kinerja tinggi. Helio G96 ini dibangun dengan teknologi fabrikasi 12 nm, meskipun bukan yang paling efisien pada saat ini.

MediaTek Helio G96 hadir dengan arsitektur CPU 2 x Cortex-A76 dan 6 x Cortex-A55, mampu mencapai kecepatan clock hingga 2.05 GHz. Dengan spesifikasi tersebut, pengguna dapat menjalankan game PUBG Mobile dengan pengaturan Smooth-Ultra dan meraih frame rate stabil sekitar 40 fps.

Untuk game Apex Legends, pengguna masih dapat menikmati grafis HD dengan frame rate rata-rata sekitar 40 fps. Ketika bermain Mobile Legends dengan pengaturan High-Shadow On, Infinix Note 12 dapat mencapai frame rate sekitar 57 hingga 60 fps.

4. Baterai Besar dengan Dukungan Fast Charging 33W

Umumnya, smartphone dengan panel layar AMOLED seringkali menggunakan baterai berkapasitas 4.500 mAh atau bahkan kurang, karena telah terbukti sangat hemat daya. Akan tetapi, Infinix mempertahankan baterai besar 5.000 mAh untuk Infinix Note 12. Keberuntungan, ponsel ini dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat 33W untuk mempercepat proses pengisian daya.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, Infinix Note 12 mampu mengisi daya baterai dari 15% hingga 100% hanya dalam waktu 96 menit. Menurut penulis, waktu pengisian yang relatif singkat tersebut cukup mengesankan, terutama mengingat kapasitas baterai Infinix Note 12 yang mencapai 5.000 mAh.

5. Fitur Extended RAM

Kelebihan lain dari Infinix Note 12 adalah adopsi fitur Extended RAM yang memungkinkan pengguna memperluas RAM dengan menggunakan penyimpanan internal sebagai RAM Virtual. Meskipun Infinix Note 12 telah dilengkapi RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB atau 256 GB, fitur Extended RAM memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kapasitas RAM hingga 5 GB tambahan. Dengan demikian, total RAM yang tersedia dapat mencapai 13 GB.

Fitur ini memberikan fleksibilitas ekstra bagi pengguna yang merasa RAM 8 GB standar masih kurang memadai. Selain itu, Infinix Note 12 juga dilengkapi dengan slot microSD yang mendukung kartu memori hingga 2 TB, memungkinkan pengguna untuk menyimpan banyak file seperti dokumen, audio, dan video dengan kapasitas maksimal.

6. Kamera Utama 50MP

Sistem kamera Infinix Note 12 terdiri dari kamera utama dengan kekuatan 50 MP dan bukaan f/1.6, dilengkapi dengan autofokus PDAF untuk hasil foto yang tajam. Selain itu, terdapat kamera kedalaman 2 MP dengan bukaan f/2.4, dan kamera kecil beresolusi 0.3 MP, walaupun fungsi kamera terakhir ini belum diketahui secara pasti. Di bagian depan, terdapat kamera selfie dengan resolusi 16 MP dan bukaan f/2.5.

Kamera utama Infinix Note 12 mampu merekam video hingga resolusi 2K pada 30 fps, sementara kamera depannya dapat merekam video dengan resolusi Full HD pada 30 fps.

7. Dual Stereo Speaker

Infinix Note 12 dilengkapi dengan sistem speaker stereo, di mana konfigurasi speaker stereo ini didukung oleh teknologi DTS dual-speaker untuk mengoptimalkan kualitas suara yang prima. Speaker utama ponsel ditempatkan di bagian bawah bodi, sementara speaker sekunder terletak di bagian atas dan terintegrasi dengan earpiece.

Dalam pengujian, speaker Infinix Note 12 mendapatkan pujian karena menghasilkan suara yang cukup lantang dan memiliki keseimbangan yang baik. Dengan demikian, pengalaman menonton film, mendengarkan musik, dan bermain game di ponsel ini menjadi lebih menyenangkan.

Kekurangan Infinix Note 12

1. Tanpa Kamera Ultrawide

Jika Anda seringkali mengambil foto pemandangan yang sangat luas, mungkin Infinix Note 12 bukanlah pilihan yang ideal. Hal ini dikarenakan, Infinix Note 12 tidak menyertakan lensa ultrawide dan hanya dilengkapi dengan lensa utama, depth, serta kamera kecil yang fungsi pastinya belum jelas.

Ketidakadaan lensa ultrawide pada Infinix Note 12 masih dapat dimaklumi, mengingat harganya yang berada di kisaran 2 jutaan dan telah memberikan keunggulan di aspek-aspek lainnya. Oleh karena itu, keputusan untuk tidak menyertakan lensa ultrawide dalam seri ini tampaknya merupakan strategi yang dipilih oleh perusahaan.

2. Belum Mendukung NFC

Saat ini, banyak orang yang tertarik pada keberadaan fitur NFC (Near Field Communication). Namun, sayangnya, Infinix Note 12 belum mendukung fitur NFC. Padahal, fitur NFC memiliki kegunaan penting, seperti memeriksa saldo eMoney, melakukan transaksi dengan cepat, mengisi saldo eToll, dan berbagai fungsi lainnya.

Harga dan Spesifikasi Infinix Note 12

Spesifikasi Infinix Note 12
  • Warna : Force Black, Snowfall, Sapphire Blue.
  • Dimensi : 164.4 x 76.7 x 7.9 mm.
  • Berat : 184.5 gram.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.7 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G96 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 8 GB + 5 GB Extended RAM.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 12, XOS 10.6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP + 0.3 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Setelah mencari informasinya lebih lanjut ternyata Infinix Note 12 untuk konfigurasi RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB dibanderol dengan harga Rp2.799.000 rupiah. Sementara itu, konfigurasi RAM 8 GB beserta penyimpanan internal sebesar 256 GB dibanderol dengan harga Rp2.999.000 rupiah. Jika tertarik untuk membelinya, gunakan saja tombol di bawah ini untuk mendapatkan harga termurah.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.