9 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 30i

Tak lama setelah merilis Infinix Smart 7 pada 6 April 2023, Infinix Mobility Indonesia kembali memperkenalkan ponsel entry-level mereka melalui seri Infinix Hot 30i sebagai penerus dari Infinix Hot 20i. Ada beberapa hal yang membuat ponsel entry-level ini patut dipertimbangkan. Pertama, harganya cukup terjangkau. Kedua, ia dilengkapi dengan sejumlah fitur yang bermanfaat dan berkualitas untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Infinix Hot 30i

Infinix Hot 30i bahkan menonjol dengan berbagai fitur yang membuatnya terlihat lebih eksklusif dibandingkan dengan ponsel lain di kisaran harga Rp1 jutaan. Ini termasuk sensor pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power, konektivitas yang cukup lengkap untuk kelasnya, dan desain yang menawan.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 30i, beserta spesifikasi dan harga, yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk membeli ponsel ini.

Kelebihan Infinix Hot 30i

1. Hadir dengan Desain yang Cukup Menawan

Infinix Hot 30i tersedia dalam empat pilihan warna yang beragam, yakni Glacier Blue, Mirror Black, Diamond White, dan Marigold. Khusus untuk tiga opsi warna pertama, penutup belakangnya menampilkan bentuk geometris yang mengingatkan pada konsep desain art deco.

Dengan adanya Dynamic Zone Design, ponsel ini memberikan kesan tekstur berkaca, menciptakan sentuhan yang terasa lebih mewah dan premium. Di sisi lain, varian warna Marigold menggunakan finishing bertekstur kulit imitasi, memberikan kenyamanan ekstra saat digenggam.

Tidak hanya itu, varian Marigold juga menampilkan desain yang bersih dan minimalis. Salah satu alasan utamanya adalah karena sensor pemindai sidik jari ditempatkan di bagian samping yang terintegrasi dengan tombol power.

2. Layar IPS 90Hz, Pergeseran Layar yang Lebih Smooth

Infinix Hot 30i dilengkapi dengan layar sentuh Infinity-V Display berukuran 6,6 inci yang lebar, menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD dengan resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel, yang sesuai dengan kisaran harganya di sekitar Rp1 jutaan. Meskipun begitu, layarnya mendukung kecerahan maksimum hingga 500 nits.

Layar ini telah mendapatkan sertifikasi Widevine L3, sehingga hanya mendukung streaming pada resolusi SD (480p) di platform OTT seperti Netflix dan Amazon Prime Video.

Yang menarik dari layar Infinix Hot 30i adalah dukungan refresh rate 90Hz, suatu fitur yang cukup langka untuk kelas harga Rp1 jutaan. Refresh rate yang lebih tinggi ini membuat pergeseran layar menjadi 50% lebih mulus dibandingkan dengan layar berrefresh rate konvensional 60Hz.

Selain itu, touch sampling rate yang mencapai 180Hz membuat Infinix Hot 30i menjadi salah satu ponsel entry-level dengan responsivitas layar terbaik, baik untuk kebutuhan scrolling maupun gaming.

3. Performa yang Cukup Oke untuk Penggunaan Harian

Performa yang dimiliki oleh Infinix Hot 30i menurut penulis sudah lebih dari memadai untuk komputasi ringan sehari-hari, didukung oleh System on Chip (SoC) MediaTek Helio G37 berfabrikasi 12 nanometer. SoC ini memiliki octa-core prosesor yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 berkecepatan 2.2 GHz dan quad-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1.8 GHz, serta dilengkapi dengan pengolah grafis GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR GE8320.

MediaTek Helio G37 ini dipasangkan dengan memori RAM sebesar 4 GB LPDDR4X, dan memiliki fitur ekspansi RAM hingga 8 GB, dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB berjenis UFS 2.2. Dengan kapasitas memori sebesar itu, pengguna dapat menyimpan puluhan aplikasi dan game. Ini menjadi sebuah fitur yang jarang diperhatikan pada ponsel entry-level, di mana kebanyakan hanya memiliki penyimpanan berkapasitas 64 GB.

4. Kamera Unggul di Kelas Harganya

Dalam aspek fotografi, Infinix Hot 30i dilengkapi dengan konfigurasi dual camera yang terdiri dari kamera utama berkekuatan 50 MP wide-angle, dan satu kamera pendamping berkekuatan 0.08 MP yang berfungsi sebagai depth sensor. Untuk perekaman video, ponsel ini mampu merekam hingga resolusi 1080p pada 30fps.

Pada bagian depan, terdapat kamera selfie berkekuatan 5 MP, yang juga dapat merekam video hingga resolusi 1080p pada 30fps. Fitur lain yang ditawarkan adalah perekaman slow motion dengan frame rate 120fps, menciptakan footage dengan efek dramatis.

5. Baterai Jumbo yang Tergolong Awet

Untuk bersaing di kelas entry-level, Infinix Mobility Indonesia wajib menyediakan baterai yang memadai. Baterai Infinix Hot 30i memiliki kapasitas 5000 mAh dengan pengisian daya 10W, angka yang cukup besar dan sudah menjadi standar pada masa kini.

Dengan layar beresolusi HD+ dan chipset hemat daya, baterai Infinix Hot 30i mampu bertahan hingga 41 hari dalam kondisi stand by, 60 jam pada aktivitas menelepon, 24 jam untuk streaming video, dan 14 jam untuk bermain game.

Fitur Power Marathon juga hadir untuk memperpanjang masa pakai ponsel lebih lama dari yang seharusnya. Saat baterai tinggal 5%, ponsel dapat digunakan untuk menelepon selama 2 jam.

Bahkan ketika fitur Ultra Power Saving diaktifkan, Infinix Hot 30i dapat bertahan hingga 24 jam dalam mode siaga dengan tingkat baterai 5%.

6. Fingerprint Side Mounted

Beberapa merek sepertinya sudah menyadari dampak sensor pemindai sidik jari di bagian belakang bodi terhadap estetika desain bagian belakangnya. Meskipun menggunakan rear-mounted fingerprint scanner, penempatan sensor ini tampak menyatu dengan housing kamera, menciptakan tampilan yang seamless.

Housing kamera disengaja diperlebar agar mampu menampung sensor sidik jari, memberikan kesan desain yang streamlined dan lebih terpadu. Dengan adanya sensor ini, pengguna tidak perlu lagi repot membuka kunci layar.

Keberadaan sensor pemindai sidik jari di sisi belakang bodi ini patut diapresiasi, terutama mengingat sebagian besar ponsel entry-level dengan harga di kisaran Rp1 jutaan kurang cenderung tidak menyediakannya.

7. Konektivitas yang Cukup Lengkap di Kelasnya

Mungkin sudah banyak yang menyadari bahwa kebanyakan ponsel di kelas entry-level biasanya hanya dilengkapi dengan port microUSB 2.0 yang tergolong cukup ketinggalan zaman. Namun, Infinix Hot 30i justru hadir dengan konektivitas yang lebih unggul dan lengkap, salah satunya adalah penyediaan port USB Type-C 2.0.

Tidak hanya itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan Bluetooth 5.0 dengan antarmuka A2DP dan LE. Infinix Hot 30i juga dikemas dengan protokol Wi-Fi 5 dual band, mendukung kecepatan internet yang lebih stabil dibandingkan dengan Wi-Fi 4 GHz.

Bahkan, Infinix Hot 30i turut mendukung fitur NFC (Near Field Communication), memungkinkan pengguna untuk mengisi saldo e-Money tanpa harus mendatangi minimarket atau ATM. Ponsel ini juga dilengkapi dengan beragam sensor tambahan, seperti accelerometer, proximity, cahaya, dan kompas, untuk meningkatkan fungsionalitasnya.

8. Menyediakan Triple Slot

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, Infinix Hot 30i menyediakan kapasitas penyimpanan internal yang besar, yakni 128 GB. Kapasitas ini sesuai dengan standar ponsel masa kini, memungkinkan pengguna untuk menginstal banyak aplikasi dan game.

Lebih lanjut, pengguna juga dapat mentransfer file multimedia seperti gambar, video, dan musik dari penyimpanan internal ke kartu memori eksternal. Infinix Hot 30i juga dilengkapi dengan slot microSD yang terpisah, tanpa mengganggu slot kartu SIM 2.

Kekurangan Infinix Hot 30i

1. Perangkat Lunak Lawas

Sejak pertama kali diperkenalkan di pasar Indonesia, Infinix Hot 30i hanya menjalankan sistem operasi Android 12 saat diluncurkan pada tahun 2023. Hal ini berarti, ponsel ini tertinggal satu versi Android dibandingkan dengan sebagian besar ponsel lain yang sudah menggunakan sistem operasi Android 13.

Harga dan Spesifikasi Infinix Hot 30i

Spesifikasi Infinix Hot 30i
  • Warna : Glacier Blue, Mirror Black, Diamond White, dan Marigold.
  • Dimensi : 164 x 75.8 x 8.4 mm.
  • Berat : 191 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : Mediatek Helio G37 (12nm).
  • GPU : IMG PowerVR GE8320.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, XOS 10.6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 10W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 0.08 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Infinix Hot 30i, sebuah ponsel entry-level, menawarkan berbagai fitur yang membuatnya terlihat lebih eksklusif dibandingkan dengan ponsel lain di kisaran harga Rp1 jutaan. Fitur tersebut mencakup sensor pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power di samping bodi, konektivitas yang cukup lengkap untuk kelasnya, kamera utama berkekuatan 50 MP, performa yang cukup kompeten, dan desain yang menawan.

Harga terbaru Infinix Hot 30i di pasaran Indonesia, berdasarkan informasi yang saya himpun, adalah Rp1.499.000 untuk varian dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.