9 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 30

Sedang mencari smartphone dengan kinerja tangguh namun memiliki dana terbatas? Salah satu opsi yang layak dipertimbangkan adalah Infinix Hot 30. Ponsel ini menjadi pilihan menarik untuk berbagai kebutuhan dengan harga yang terjangkau. Penting untuk dicatat bahwa seri Infinix Hot berada dalam rentang harga antara Rp1-2 jutaan, menjadikannya produk yang banyak dicari.

Infinix Hot 30

Infinix Hot 30, yang resmi diluncurkan pada 24 Mei 2023, merupakan generasi penerus dari Infinix Hot 20 yang dirilis setahun sebelumnya. Ponsel ini membawa peningkatan signifikan dalam fitur agar lebih modern dan sesuai dengan gaya hidup saat ini.

Kerjasama antara Infinix Mobility Indonesia dan game Free Fire memberikan sentuhan khusus pada Infinix Hot 30 dengan menyajikan wallpaper dan ringtone ala game Free Fire. Selain itu, kinerja ponsel ini dihadirkan dengan cukup tangguh untuk menjalankan game Free Fire, berkat dukungan dari SoC (System on Chip) MediaTek Helio G88 yang dipadukan dengan RAM sebesar 8 GB.

Lalu, apa keunggulan dan kelemahan Infinix Hot 30 beserta spesifikasinya dan harganya? Untuk mengetahui jawabannya, mari langsung simak ulasan berikut.

Kelebihan Infinix Hot 30

1. Desain Minimalis dan Unik

Dari segi desain, Infinix Hot 30 dapat dianggap sebagai ponsel yang cukup unik dengan adopsi kamera depan berdesain punch hole. Sisi belakangnya juga menampilkan tampilan yang segar dan berbeda dari ponsel lainnya. Terdapat dua lingkaran yang menampung empat lampu flash. Bodi belakang Infinix Hot 30 ini memiliki tekstur bergelombang dengan pola diagonal yang mencolok, memberikan kesan seperti lipatan.

Berdasarkan informasi yang saya peroleh, bodi belakang dan frame Infinix Hot 30 terbuat dari plastik polikarbonat. Ini menjadi sesuatu yang wajar mengingat ponsel ini memiliki harga hanya sekitar Rp1 jutaan. Dimensinya adalah 168.7 x 76.6 x 8.4 mm dengan bobot 196 gram. Tersedia beberapa varian warna, antara lain Racing Black, Surfing Green, Sonic White, dan Free Fire. Coba rewrite artikel tersebut dalam bahasa Indonesia.

2. Layar FHD+ dengan Refresh Rate 90Hz, Tampak Lebih Smooth

Ponsel entry-level Infinix Hot 30 dibekali layar sentuh punch hole berukuran 6,78 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD, memiliki resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel pada aspek rasio 20:9, dan menawarkan kerapatan hingga 395 ppi (pixel per inch).

Fitur refresh rate 90Hz turut hadir, memberikan penyegaran layar yang lebih sering, memastikan tampilan yang mulus, terutama bagi pengguna yang gemar bermain game, menjelajah internet, atau menggulir media sosial dengan cepat.

Layar Infinix Hot 30 memiliki kecerahan tipikal hingga 500 nits, dengan kecerahan puncak mencapai 600 nits. Kecerahan tinggi ini memungkinkan keterbacaan teks yang baik bahkan di luar ruangan pada siang hari.

Selain itu, layar Infinix Hot 30 telah memperoleh sertifikasi Widevine L1 DRM, menjadikannya pilihan yang nyaman untuk pengalaman menonton konten Netflix dan Amazon Prime Video dengan dukungan resolusi HD. Coba rewrite artikel tersebut dalam bahasa Indonesia.

3. Performa Optimal Berkat Helio G88

Performa Infinix Hot 30 di sektor dapur pacu tidak perlu diragukan lagi. Infinix secara konsisten memprioritaskan rasio harga terhadap kinerja dalam setiap produknya, termasuk Hot 30.

Ponsel ini dibekali dengan System on Chip (SoC) MediaTek Helio G88 yang diproduksi dengan teknologi fabrikasi 12 nanometer. SoC ini memiliki prosesor octa-core, terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 dengan kecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz. Hot 30 juga dilengkapi dengan RAM sebesar 8 GB dan didukung oleh GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 2EEMC2 berkecepatan 1 GHz.

Selain itu, terdapat fitur Dark-Link Engine yang bertujuan untuk mengoptimalkan pengalaman bermain game, sehingga permainan berjalan lebih lancar tanpa lag. Berdasarkan informasi yang ditemukan, Infinix Hot 30 mampu menjalankan game seperti Free Fire dan Asphalt 9 dengan frame rate yang cukup lancar pada kategori ponsel entry-level.

4. Hadir dengan Penyimpanan yang Cukup Lega

Infinix Hot 30 menyuguhkan kapasitas RAM yang besar untuk kelasnya, yakni 8 GB. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB, memberikan ruang yang cukup luas untuk menyimpan data dan aplikasi. Poin tambahan, Hot 30 mendukung slot microSD, memungkinkan pengguna untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga 1 TB dengan triple slot yang disediakan.

Kapasitas RAM sebesar 8 GB pada Infinix Hot 30 dapat ditingkatkan melalui fitur penambahan RAM Virtual. Infinix Mobility menyatakan bahwa fitur ini memungkinkan pengguna beralih antara 18 aplikasi secara instan.

5. Fotografi yang Cukup Oke dengan Kamera Utama 50MP

Dalam hal fotografi, Infinix Hot 30 dilengkapi dengan konfigurasi Dual Camera di bagian belakangnya. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan f/1.6, menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2.76 inci dengan piksel sebesar 0.64um. Kamera ini didukung oleh fitur phase-detection autofocus dan dual LED flash.

Kemudian, kamera kedua pada ponsel entry-level Infinix Mobility Indonesia ini berkekuatan QVGA sebagai depth sensor. Kombinasi kedua kamera belakang ini mampu menghasilkan efek bokeh melalui mode potret.

Pada bagian depan, Infinix Hot 30 menawarkan kamera selfie standar berkekuatan 8 MP dengan menggunakan sensor BSI CMOS dan bukaan aperture f/2.5 dengan fixed-focus. Untuk perekaman video, kamera belakang Infinix Hot 30 dapat merekam hingga resolusi 1440p@30fps, sementara kamera selfie hanya mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps.

6. Baterai Besar dengan Dukungan Fast Charging 33W

Infinix Hot 30 merupakan smartphone yang sangat cocok digunakan di luar ruangan. Hal ini dikarenakan baterainya memiliki kapasitas sebesar 5.000 mAh, mampu bertahan seharian penuh mulai dari pagi hingga malam. Terdapat pula fitur bernama power marathon yang dapat memperpanjang masa penggunaan ponsel.

Ketika fitur power marathon diaktifkan, sisa baterai sebesar 5% dapat digunakan untuk menelepon selama 2 jam atau dalam mode stand by. Infinix juga mengklaim bahwa ponsel ini dapat bertahan hingga 34 jam dalam mode siaga, 45 jam saat digunakan untuk menelepon, 30 jam saat melakukan streaming video, dan 9 jam saat digunakan untuk bermain game.

Dalam hal pengisian daya, Infinix Hot 30 didukung oleh teknologi pengisian cepat 33W yang cukup kencang di kelasnya. Bahkan, proses pengisian daya hingga mencapai 55% hanya membutuhkan waktu 30 menit saja.

7. Stereo Speaker yang Menggelegar

Tentu saja, sayang sekali jika layar lebar pada Infinix Hot 30 tidak dimanfaatkan sepenuhnya untuk menonton film atau melakukan streaming. Untuk memaksimalkan pengalaman pengguna, ponsel entry-level dari Infinix Mobility Indonesia ini dilengkapi dengan stereo speaker yang ditempatkan di bagian atas dan bawah bodi.

Speaker tersebut juga didukung oleh fitur DTS Audio, bertujuan untuk meningkatkan pengalaman bermain game atau menikmati konten multimedia agar lebih imersif.

Bagi para pengguna yang menyukai mendengarkan musik dengan menggunakan earphone, tidak perlu khawatir. Infinix Hot 30 masih menyediakan port jack audio 3.5 mm, memungkinkan pengguna untuk menggunakan earphone tanpa perlu menggunakan adaptor tambahan.

8. Punya Fitur NFC

Tidak semua ponsel entry-level menawarkan konektivitas yang komprehensif. Dalam hal ini, Infinix Hot 30 menonjol karena telah menyematkan NFC (Near Field Communication), memungkinkan pengguna untuk mengisi saldo e-Money tanpa harus pergi ke minimarket atau ATM. Ponsel ini juga dilengkapi dengan berbagai sensor tambahan untuk meningkatkan fungsionalitasnya, seperti sensor sidik jari (side-mounted), accelerometer, proximity, dan kompas. Namun, disayangkan bahwa sensor gyro tidak tersedia pada ponsel ini.

Kekurangan Infinix Hot 30

1. Adanya Bloatware

Berdasarkan informasi yang saya terima, Infinix Hot 30 dilengkapi dengan sejumlah aplikasi yang sudah terpasang sebelumnya. Ponsel ini diperkenalkan dengan sistem operasi Android terbaru, yaitu Android 13, yang disajikan melalui antarmuka XOS 12.6. Namun, pengguna mungkin perlu menghabiskan waktu untuk menghapus atau menonaktifkan aplikasi bawaan ini agar dapat memberikan lebih banyak ruang pada memori internal mereka.

Selain itu, belum ada kejelasan apakah Infinix Hot 30 akan mendukung pembaruan perangkat lunak atau tidak. Ini merupakan kekurangan yang umumnya ditemui pada smartphone itel, Infinix, dan Tecno.

Harga dan Spesifikasi Infinix Hot 30

Spesifikasi Infinix Hot 30
  • Warna : Racing Black, Surfing Green, Sonic White, dan Free Fire.
  • Dimensi : 168.7 x 76.6 x 8.4 mm.
  • Berat : 196 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2460 piksel, 6.78 inci.
  • Chipset : Mediatek Helio G88 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, XOS 12.6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 33W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 0.08 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Infinix Hot 30 merupakan smartphone entry-level terbaru yang memiliki kinerja tinggi, terutama dalam menghadapi game Free Fire, berkat dukungan dari System on Chip (SoC) MediaTek Helio G88 dan kamera utama berkekuatan 50 MP yang memadai. Ponsel ini juga dilengkapi dengan layar sentuh punch hole berukuran 6,78 inci, menampilkan resolusi Full HD+ dengan refresh rate 90Hz untuk pengalaman yang lebih imersif.

Harga terbaru smartphone Infinix Hot 30 di Indonesia, berdasarkan informasi yang saya himpun, adalah Rp1.899.000 untuk varian dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.