9 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12 Pro

Infinix Mobility memperkenalkan Infinix Hot 12 Pro di pasar Indonesia pada akhir Agustus 2022. Sebelumnya, telah banyak artikel yang membahas seri Infinix Hot 12, termasuk Infinix Hot 12i, Infinix Hot 12, dan Infinix Hot 12 Play NFC. Kali ini, kita akan fokus membahas ponsel terbaru mereka, yakni Infinix Hot 12 Pro, yang baru-baru ini dirilis.

Infinix Hot 12 Pro

Meskipun memiliki harga terjangkau di kisaran Rp2 jutaan, Infinix Hot 12 Pro tetap menawarkan sejumlah fitur unggulan. Ponsel ini menyertakan beberapa fitur menarik, seperti NFC (Near Field Communications), RAM Expansion, dan baterai yang besar. Dalam ulasan ini, kita akan menjelajahi kelebihan, kekurangan, spesifikasi, dan harga Infinix Hot 12 Pro agar Anda dapat membuat keputusan pembelian yang lebih baik.

Kelebihan Infinix Hot 12 Pro

1. Desain Bodi Menarik

Infinix Hot 12 Pro menampilkan desain Shimmering Matte Edge yang memberikan tampilan berkilauan, memberikan kesan yang nyaman saat dipandang. Pada bagian penutup belakangnya, terdapat logo Infinix di pojok kiri bawah. Susunan kamera ponsel ini cukup menarik, dengan dua lensa kamera utama yang berukuran besar dan satu kamera kecil di bagian tengah.

Semua kamera tersebut dilengkapi dengan lampu flash, dan di sebelah modul kamera terdapat pemindai sidik jari untuk keamanan. Penutup belakang Infinix Hot 12 Pro masih menggunakan bahan plastik polikarbonat. Dalam hal dimensi, ponsel ini memiliki ukuran 164.2 x 75.8 x 8.4 mm dengan bobot 191 gram. Tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Racing Black, Electric Blue Lightsaber Green, dan Halo White.

2. Refresh Rate 90Hz, Gerakan Layar yang Lebih Smooth

Keunggulan berikutnya dari Infinix Hot 12 Pro adalah dukungan refresh rate 90 Hz, yang menghadirkan pengalaman layar yang lebih mulus saat melakukan scroll dibandingkan dengan refresh rate 60 Hz. Ini membuat aktivitas seperti scroll di TikTok, Instagram, Facebook, dan bermain game menjadi lebih nyaman.

Touch sampling rate-nya mencapai 180 Hz. Layar Infinix Hot 12 Pro memiliki ukuran 6,6 inci dengan resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel. Meskipun resolusi HD+ mungkin menghasilkan warna yang kurang tajam, pengguna yang sudah terbiasa dengan layar 720p mungkin tidak menganggap ini sebagai masalah besar.

3. Unisoc T616 untuk Performa yang Oke

Infinix Hot 12 Pro mengandalkan prosesor Octa-Core, yaitu Unisoc T616, yang dilengkapi dengan dua inti Cortex-A75 utama berfrekuensi tinggi 2,0 GHz. Dapur pacu ponsel ini dapat dianggap cukup baik, dengan Unisoc T616 setara dengan Helio G80 dan Helio G85 dari MediaTek.

Prosesor Unisoc T616 ini menggunakan teknologi fabrikasi 12 nanometer. Menurut pengujian gaming oleh Legawa Gadget, Unisoc T616 dapat menjalankan game seperti Mobile Legends dengan pengaturan refresh rate High dan Grafis High, menghasilkan gameplay yang sangat lancar dengan FPS rata-rata sekitar 59,8 FPS.

PUBG Mobile juga diuji, dan ponsel ini dapat menjalankan game dengan pengaturan grafis HD dan frame rate High. Meskipun demikian, Legawa Gadget menggunakan pengaturan grafis Balance dan frame rate Ultra, yang menghasilkan rata-rata 39,9 FPS.

Infinix Hot 12 Pro juga diuji dengan berbagai game lainnya, termasuk eFootball 2023, Asphalt 9, COD Mobile, Apex Legends, hingga Genshin Impact, dan semuanya dapat dijalankan dengan lancar oleh Unisoc T616.

4. Memori Lapang + RAM Expansion

Infinix Hot 12 Pro menawarkan keunikan dengan menyediakan memori yang cukup lega untuk kelasnya. Berbeda dari ponsel 2 jutaan pada umumnya yang biasanya dibekali dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB, Infinix Hot 12 Pro menonjol dengan menawarkan RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB dengan harga yang terjangkau, hanya Rp2 jutaan.

Kapasitas memori yang lega ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan banyak aplikasi, file, foto, audio, video, dan lainnya. Jika masih dirasa kurang, pengguna juga dapat menambahkannya dengan kartu microSD hingga kapasitas 512 GB.

Fitur RAM Expansion yang dihadirkan oleh Infinix Hot 12 Pro memungkinkan pengguna untuk memperluas RAM 8 GB hingga 5 GB RAM. Uniknya, terdapat beberapa opsi yang dapat disesuaikan oleh pengguna untuk menambahkan RAM Virtual, mulai dari RAM 2 GB, RAM 3 GB, hingga RAM 5 GB.

5. Baterai 5000 mAh Awet

Untuk memberikan pengalaman pengguna yang optimal dalam penggunaan smartphone dalam jangka waktu yang cukup lama, Infinix Hot 12 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Baterai ini mampu bertahan selama 79 jam pemutaran musik, 12 jam bermain game, 41 jam panggilan telepon, dan bahkan 45 hari dalam mode siaga.

Infinix Hot 12 Pro juga dibekali dengan fitur pengisian cepat 18W. Dalam uji coba yang dilakukan oleh Tech Updates di kanal YouTube-nya, ponsel ini berhasil diisi daya dari baterai kosong hingga penuh dalam waktu 2 jam 35 menit saja.

6. Kamera Utama 50MP

Dalam hal fotografi, Infinix Hot 12 Pro tetap dapat diandalkan untuk menangkap momen-momen berharga, terutama saat berlibur di lokasi dengan pemandangan indah. Ponsel ini dilengkapi dengan kamera utama 50 MP yang memiliki aperture f/1.8.

Kamera selfie pada Infinix Hot 12 Pro memiliki resolusi 8 MP. Baik kamera utama maupun kamera selfie dapat merekam video hingga resolusi 1080 piksel pada 30 fps.

7. Mendukung Fitur NFC

Infinix Hot 12 Pro memiliki keunggulan dengan adanya fitur NFC (Near Field Communication), memudahkan pengguna untuk berbagai keperluan seperti pengecekan saldo eMoney, pengisian saldo eToll, berbagi file foto dan video, melakukan transaksi pembayaran, membaca informasi dari smart poster, berbagi kontak, dan banyak lagi.

Keberadaan fitur NFC (Near Field Communication) pada ponsel ini menciptakan kemudahan yang umumnya ditemui pada ponsel kelas atas. Namun, saat ini, semakin banyak ponsel yang terjangkau juga menyematkan fitur NFC (Near Field Communication) untuk kepuasan konsumen.

Kekurangan Infinix Hot 12 Pro

1. Tanpa Lensa Ultrawide dan Makro

Sayangnya, Infinix Hot 12 Pro tidak dilengkapi dengan lensa ultrawide dan kamera makro. Kehadiran lensa ultrawide bisa dimaklumi karena umumnya ditemukan pada ponsel dengan harga lebih tinggi, kisaran Rp3 hingga Rp4 jutaan ke atas. Namun, ketiadaan kamera makro dapat dianggap sebagai kekurangan yang disayangkan.

Kamera makro biasanya berguna untuk menangkap detail objek yang sangat kecil dari jarak dekat. Tanpa adanya kamera atau lensa makro, pengguna mungkin akan mengalami kesulitan untuk memotret objek dari jarak yang sangat dekat.

2. Fingerprint di Belakang Bodi, Mengganggu Keindahan Desain Ponsel

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pemindai sidik jari Infinix Hot 12 Pro ditempatkan di bagian belakang bodi, yang dapat mempengaruhi estetika desain ponsel. Penempatan pemindai sidik jari di bagian belakang dianggap kurang sesuai dengan tren terkini pada ponsel keluaran tahun 2022.

Sebagian besar vendor saat ini lebih memilih menggunakan Side Fingerprint yang terintegrasi dengan tombol power untuk memberikan desain yang lebih modern pada ponsel dengan kisaran harga yang sama.

Harga dan Spesifikasi Infinix Hot 12 Pro

Spesifikasi Infinix Hot 12 Pro
  • Warna : Racing Black, Electric Blue Lightsaber Green, Halo White.
  • Dimensi : 164.2 x 75.8 x 8.4 mm.
  • Berat : 191 gram.
  • Layar : IPS LCD, 729 x 1612 piksel, 6,6 inci.
  • Chipset : Unisoc T616 (12 nm).
  • GPU : Mali-G57 MP1.
  • RAM : 8 GB + Extended RAM 5 GB.
  • ROM : 128 GB, microSD hingga 512 GB.
  • OS : Android 12, XOS 10.6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 18W..
  • Kamera Belakang : 50 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Berdasarkan informasi yang diambil dari situs resmi serta Toko Resmi Infinix Mobility dan Toko Resmi AliExpress dari Infinix, terungkap bahwa harga Infinix Hot 12 Pro dengan konfigurasi RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB adalah Rp2.299.000 rupiah.

Namun, jika Anda membeli Infinix Hot 12 Pro melalui tautan e-commerce yang telah disediakan di bawah ini, Anda dapat menikmati penawaran harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pembelian offline.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.