Yuk Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix GT 10 Pro

Setelah sukses meluncurkan seri Infinix Note 30 dan Infinix Note 30 Pro beberapa waktu lalu, Infinix Mobility Indonesia kembali menggebrak pasar smartphone tanah air dengan merilis smartphone gaming terjangkau yang dilengkapi tiga kamera belakang berkekuatan 108 MP. Ponsel ini didukung oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8050 5G octa-core dan RAM sebesar 8 GB, dengan tambahan extension RAM 5 GB.

Infinix GT 10 Pro

Infinix GT 10 Pro tidak hanya menawarkan pengalaman gaming yang mulus, tetapi juga membawa layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan refresh rate 120Hz yang memberikan tampilan yang halus. Selain itu, smartphone ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dan fitur pengisian cepat 45W.

Sebagai debut Infinix dalam pasar smartphone gaming terjangkau, Infinix GT 10 Pro tentu menimbulkan banyak pertanyaan tentang kemampuannya. Untuk mengetahui lebih detail mengenai kelebihan, kekurangan, spesifikasi, dan harga Infinix GT 10 Pro, mari simak ulasan berikut ini.

Kelebihan Infinix GT 10 Pro

1. Desain Khas Gaming yang Futuristik

Dari segi desain, Infinix GT 10 Pro terlihat terinspirasi dari Nothing Phone dengan penutup belakangnya yang semi transparan. Meskipun tidak seluruhnya transparan seperti pada Nothing Phone, namun Anda masih bisa melihat nuansa transparan dengan pola-pola yang serupa.

Infinix menyebut desain ini sebagai Cyber Meca Design, memberikan nuansa Cyberpunk yang kuat sehingga memberikan tampilan yang futuristik. Di antara lensa kamera belakang, terdapat beberapa garis mini LED yang akan menyala dalam kondisi tertentu, seperti saat menerima panggilan telepon, notifikasi, atau pesan.

Sebagai tambahan, ponsel ini juga sudah memiliki sertifikasi IP53, membuatnya tahan terhadap percikan air dan debu.

2. Hadir dengan Layar AMOLED 120Hz

Infinix GT 10 Pro, smartphone gaming terjangkau ini, dilengkapi dengan layar sentuh punch hole berukuran 6,67 inci dengan aspek rasio 20:9. Layarnya menggunakan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel, memberikan kerapatan mencapai 395 ppi (pixel per inch). Kecerahan layar dapat mencapai 900 nits (peak), dan didukung oleh refresh rate 120Hz serta touch sampling rate 360Hz.

Layar Infinix GT 10 Pro memiliki profil warna 10 bit yang mampu menampilkan hingga 1 miliar warna. Untuk akurasi warna, ponsel ini mendukung DCI-P3 100% color gamut, menjadikannya ideal untuk keperluan kreasi konten agar kreator dan audiens dapat melihat warna yang sama di layar mereka.

Selain itu, layar ini memiliki PWM Frekuensi 1920Hz untuk mengurangi flicker saat berada di kecerahan rendah. Sertifikasi TUV Rheinland juga telah dimiliki oleh Infinix GT 10 Pro, memberikan kenyamanan pada mata pengguna dengan mengurangi intensitas cahaya biru yang dapat merusak mata.

Dengan sertifikasi Widevine L1+, Infinix GT 10 Pro dapat menampilkan konten streaming pada resolusi Full HD di aplikasi seperti Netflix dan Amazon Prime Video, yang umumnya membutuhkan sertifikasi ini. Hal ini membedakannya dari banyak ponsel terjangkau lainnya yang hanya mendukung Widevine L3, membatasi resolusi konten menjadi SD.

3. Performa Dapur Pacu yang Sangat Powerful

Performa yang dimiliki oleh Infinix GT 10 Pro dianggap sangat powerful di kelasnya, dengan didukung oleh SoC (System on Chip) Dimensity 8050 5G berfabrikasi 6 nanometer. SoC ini memiliki prosesor octa-core, termasuk single-core ARM Cortex-A78 berkecepatan 3 GHz, triple-core ARM Cortex-A78 berkecepatan 2,6 GHz, dan quad-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz. Infinix GT 10 Pro juga dilengkapi dengan memori RAM 8 GB LPDDR4X dan GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G77 MC9 886MHz yang powerful.

Ponsel gaming ini juga menonjolkan kemampuan Z Axis Linear Motor, yang mampu memberikan haptic feedback dalam arah sumbu Z atau vertikal. Fitur ini memberikan efek getaran dan sensasi menyenangkan saat pengguna berinteraksi dengan ponsel atau saat menerima notifikasi.

Infinix GT 10 Pro memiliki penyimpanan internal sebesar 256 GB UFS 3.1, dan kelebihannya, terdapat slot microSD yang mendukung ekspansi memori eksternal hingga 1 TB, dengan triple slot yang memungkinkan penggunaan dua kartu SIM bersamaan dengan kartu memori eksternal.

4. Kamera Utama Berkekuatan 108MP

Infinix GT 10 Pro mengusung tiga kamera di bagian belakangnya. Kamera utamanya memiliki resolusi tinggi, yaitu 108 MP, menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 berukuran 1/1.67 inci dengan piksel seukuran 0.64um pada bukaan aperture f/1.8. Kamera ini dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus dan quad LED flash.

Kamera kedua memiliki kekuatan 2 MP dengan bukaan aperture f/2.4, berfungsi sebagai depth sensor. Sementara itu, kamera ketiga juga memiliki kekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4, berperan sebagai dedicated macro camera.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie dengan resolusi 32 MP, menggunakan sensor BSI CMOS dan bukaan aperture f/2.0, serta dilengkapi dengan fitur fixed focus AI. Untuk merekam video, kamera belakang mampu merekam pada resolusi 4K@30fps, sementara kamera depan dapat merekam video dengan resolusi 1440p@30fps.

5. Baterai 5000 mAh yang Awet

Infinix GT 10 Pro menawarkan daya tahan baterai yang mengesankan, berkat kapasitas 5000 mAh dan efisiensi daya tinggi pada layar dan chipset. Dalam uji coba pemutaran video loop selama 30 menit, baterainya hanya berkurang 3%, dari 88% menjadi 85%.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, Infinix GT 10 Pro dapat bertahan sepanjang hari dengan penggunaan moderat. Selain itu, smartphone ini dilengkapi dengan pengisian cepat 45W yang disertakan dalam paket penjualan. Dalam waktu 45 menit, baterai dapat diisi dari kosong hingga mencapai 90%.

6. Dukungan Stereo Speaker dan Vapor-Chamber

Keistimewaan dari smartphone Infinix GT 10 Pro mencakup kehadiran dua speaker stereo dengan dukungan DTS Audio dan sertifikasi Hi-Res Audio, yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman bermain game dan menikmati konten multimedia secara lebih immersif. Selain itu, fitur 4D vibration haptic hadir untuk memberikan getaran yang lebih responsif saat bermain game.

Tidak hanya itu, terdapat juga fitur Bypass mode yang mengalirkan daya langsung ke mainboard untuk menjaga suhu tetap dingin saat bermain game sambil mengisi daya ponsel. Infinix juga melengkapi smartphone ini dengan teknologi Vapor-Chamber berukuran 4319mm dan desain 11 lapis untuk meredam panas.

7. Tanpa Iklan dan Ada Jaminan Update

Infinix sering kali dikritik karena kurang memerhatikan kenyamanan pengguna dari segi perangkat lunak, terutama terkait adanya iklan, bloatware, dan kejelasan mengenai pembaruan sistem. Namun, Infinix GT 10 Pro membawa perubahan dengan menghadirkan antarmuka XOS 13 for GT yang jauh lebih bersih. Diklaim memiliki jumlah bloatware 40% lebih sedikit dibandingkan dengan seri Infinix lainnya, bahkan Infinix menyatakan bahwa antarmuka ini bebas iklan.

Pengguna tetap dapat menikmati berbagai fitur menarik seperti X Arena dan Dark-Link Engine untuk konfigurasi pengalaman bermain game, floating window untuk multi-tasking, dan kemampuan split screen. Selain itu, sistem operasi pada Infinix GT 10 Pro menjanjikan dukungan pembaruan perangkat lunak selama 2 tahun sejak peluncuran global, termasuk pembaruan hingga Android 14 pada tahun 2024.

8. Dukungan Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) memang sudah bukan hal yang eksklusif bagi ponsel kelas flagship. Namun, kini fitur NFC ini telah diterapkan oleh smartphone di kelas entry-level hingga mid-range, termasuk Infinix GT 10 Pro.

Dengan adanya fitur NFC (Near Field Communication), pengguna dapat dengan mudah mengisi saldo eMoney dengan membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Infinix GT 10 Pro. Hal ini tentu akan memberikan kemudahan bagi pengguna sepeda motor hingga mobil saat melalui tol atau parkir.

Kekurangan Infinix GT 10 Pro

1. Tidak Ada Kamera Ultrawide

Sisi fotografi dari Infinix Note 30 Pro sudah menawarkan kualitas yang sangat baik di kelasnya dengan resolusi yang cukup besar. Meskipun begitu, ketiadaan sensor ultrawide pada ponsel ini dapat menjadi hal yang membuat beberapa orang ragu. Infinix Mobility Indonesia memilih untuk membekali ponsel ini dengan sensor depth sebagai kamera kedua dan dedicated macro sebagai kamera ketiganya. Sementara di pasar terkini, banyak ponsel kategori entry-level hingga mid-range yang telah mengadopsi sensor ultrawide.

2. Tidak Ada Proteksi Layar

Infinix GT 10 Pro membawa kualitas konstruksi yang baik dalam segmen harganya. Bodi ponsel ini dirancang tahan percikan air dan memiliki ketahanan terhadap benturan, sehingga tidak mudah rusak jika terjatuh. Namun, perlu diperhatikan bahwa ketiadaan pelindung layar meningkatkan risiko terhadap goresan dan retak.

Harga dan Spesifikasi Infinix GT 10 Pro

Spesifikasi Infinix GT 10 Pro
  • Warna : Mirage Silver dan Cyber Black.
  • Dimensi : 162.7 x 75.9 x 8.1 mm.
  • Berat : 187 gram.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.67 inci.
  • Chipset : Mediatek Dimensity 8050 (6 nm).
  • GPU : Mali-G77 MC9.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, XOS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 45W wired.
  • Kamera Belakang : 108 MP + 2 MP +  2 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Infinix GT 10 Pro, sebagai smartphone gaming terjangkau terbaru, menghadirkan performa tinggi berkat SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8050 5G octa-core. Keunggulan ini didukung oleh kamera utama berkekuatan 108 MP yang cukup tinggi. Ponsel ini juga dilengkapi layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan refresh rate 120Hz yang memberikan pengalaman visual yang imersif. Fitur menarik lainnya termasuk antarmuka tanpa iklan, fitur bypass mode, Vapor-Chamber, dukungan stereo speaker, dan sebagainya. Harga terbaru Infinix GT 10 Pro di Indonesia, berdasarkan informasi yang saya himpun, adalah Rp3.499.000 untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 256 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.