Harga Oppo A74 Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Oppo A74

Fitur Unggulan


  • Layar Super AMOLED FHD+ bergaya punch-hole
  • Desain ramping dan ringan
  • Baterai 5000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 33W
  • Konfigurasi triple kamera belakang
  • Memori 6/128 GB plus ekspansi via slot microSD khusus

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Oppo A74

Spesifikasi Oppo A74

Umum
RilisMei 2021
JaringanGSM, HSPA, LTE
SIM CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat175 gram
Dimensi160.3 x 73.8 x 8 mm
Material
WarnaPrism Black, Midnight Blue

Layar
TipeAMOLED
Ukuran6.43 inci, ~84.4% rasio layar ke body
Resolusi1080 x 2400 pixel, rasio 20:9, ~409 ppi

Platform
OSAndroid 11, ColorOS 11.1
ChipsetQualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
CPUOcta-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver)
GPUAdreno 610

Memori
Internal6/128 GB
Jenis
EksternalmicroSDXC

Kamera Belakang
Resolusi 48 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF 2 MP, f/2.4, (macro) 2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash, HDR, panorama
Video1080p @30fps

Kamera Depan
Resolusi16 MP, f/2.4, 27mm (wide), 1/3.06", 1.0µm
Fitur
Video1080p @30fps

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmAda

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX
GPSA-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
RadioTidak spesifik
NFCTidak ada
USBUSB Type-C 2.0, USB On-The-Go

Fitur
SensorFingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
LainnyaTidak ada

Baterai
TipeLi-Po, non-removable
Kapasitas5000 mAh
FiturFast charging 33W, SuperVOOC 2.0

Benchmark
AntutuInformasi tidak tersedia

Harga Oppo A74

Harga
6/128 GB - Rp 2.400.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang OPPO A74

Bagaimana desain HP OPPO A74?

Desain OPPO A74 sederhana namun tetap terlihat bergaya. Bagian belakangnya terbuat dari polikarbonat dengan efek glossy dan gradasi yang halus, memberikan kilau menarik ketika terkena cahaya dari sudut tertentu.

Sayangnya, bahan yang digunakan membuat ponsel mudah terkena sidik jari dan rentan terhadap kotoran. Karena belum dilengkapi dengan pelindung layar, disarankan bagi pengguna untuk menggunakan casing tambahan guna melindungi ponsel dari goresan.

Di sisi lain, tampilan depan ponsel terlihat modern dengan adanya kamera selfie yang ditempatkan dalam lubang kecil di pojok kiri atas, yang dikenal sebagai desain punch hole.

Selain itu, OPPO A74 memiliki bodi yang ringan dan tipis, memberikan kenyamanan saat digenggam dalam jangka waktu yang lama. Ponsel ini didesain dengan dimensi 160.3 x 73.8 x 8 mm dan bobot sekitar 175 gram.

HP OPPO A74 tersedia dalam warna apa saja?

OPPO A74 hadir dalam dua opsi warna menarik, yaitu Prism Black dan Midnight Blue. Varian Prism Black menampilkan dominasi warna hitam dengan sentuhan futuristik, sementara Midnight Blue memberikan tampilan yang lebih cerah pada ponsel.

Spesifikasi HP OPPO A74 pakai layar apa?

Tentu! OPPO A74 dilengkapi dengan layar AMOLED beresolusi 1080 x 2400 piksel. Dengan spesifikasi tersebut, tampilan layarnya menjadi lebih tajam dan terang dengan tingkat kecerahan mencapai 800 nits.

Layar ini juga dilengkapi dengan teknologi eye-care yang melindungi mata dari cahaya biru ponsel, sehingga pengguna dapat merasa nyaman menggunakan perangkat dalam jangka waktu yang lebih lama.

Dengan ukuran layar 6,43 inci dan rasio screen-to-body mencapai 90,8%, desain punch hole pada layar memberikan kesan luas dan modern pada tampilan ponsel ini.

Apakah layar OPPO A74 sudah dilapisi Gorilla Glass?

Walaupun OPPO A74 berada dalam kategori harga menengah, namun sayangnya, ponsel ini belum dilengkapi dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass. Informasi dari beberapa sumber menyebutkan bahwa OPPO hanya menyediakan lapisan antigores bawaan pada perangkat ini.

Berapa kapasitas RAM OPPO A74?

OPPO A74 hadir dengan RAM sebesar 6 GB dan kapasitas penyimpanan internal sebesar 128 GB. Spesifikasi tersebut cukup besar untuk mendukung penggunaan sehari-hari dengan nyaman.

OPPO A74 pakai chipset apa?

OPPO A74 menggunakan chipset Snapdragon 662 dengan fabrikasi 11 nanometer. Chipset ini didukung oleh CPU Octa Core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver), dan GPU Adreno 610.

Dengan kombinasi spesifikasi tersebut, performa smartphone ini terbilang cukup bertenaga untuk memenuhi kebutuhan aktivitas sehari-hari. Mulai dari browsing internet, menonton film, hingga mengakses media sosial dapat dilakukan dengan lancar. Keberadaan GPU Adreno 610 juga meningkatkan tampilan grafis secara keseluruhan.

Dalam uji AnTuTu, A74 mencapai skor sekitar 184,000. Meskipun skor ini lebih rendah dibanding versi OPPO A74 5G yang mencapai skor hingga 300,000, performa ponsel ini masih dianggap baik dalam kelas harga OPPO A74.

Apakah OPPO A74 bagus buat main game?

Sesuai dengan semboyan "Gaming for Everyone", HP OPPO ini dapat diandalkan untuk bermain game. Ponsel ini mampu menjalankan game Call of Duty: Mobile dan Arena of Valor tanpa mengalami lag atau penurunan frame rate saat ganking dalam permainan tersebut.

Meskipun demikian, kualitas grafis yang disajikan oleh ponsel ini tidak terlalu istimewa. Saat digunakan untuk bermain game berat seperti PUBG Mobile, pengaturan grafis dan frame rate hanya mencapai tingkat smooth-high atau balanced-medium.

Meski begitu, untuk pengalaman bermain game kasual, ponsel ini menyajikan pengalaman yang cukup baik. Terdapat sejumlah mode dan fitur gaming berbasis AI, salah satunya adalah Game Focus Mode yang membantu meningkatkan konsentrasi saat bermain game untuk mencapai kemenangan. Saat mode ini diaktifkan, ponsel akan sementara memblokir notifikasi agar tidak mengganggu permainan.

OPPO A74 pakai sistem operasi Android berapa?

Ketika diperkenalkan, ponsel pintar ini menggunakan sistem operasi Android 11 (ColorOS 11.1). Sistem operasi ini membawa sejumlah fitur unggulan, seperti App Lock dan Private Safe Cloud Sync. Fitur ini memberikan perlindungan tambahan untuk privasi pengguna. Dengan demikian, file-file yang disimpan di dalam ponsel akan lebih aman.

Berapa MP resolusi kamera OPPO A74?

OPPO A74 membawa triple kamera di bagian belakangnya, terdiri dari kamera utama beresolusi 48 MP (f/1.7, wide), lensa makro 2 MP (f/2.4), dan lensa depth 2 MP (f/2.4). Sedangkan di bagian depan, terdapat kamera dengan resolusi 16 MP (f/2.4, wide).

Apakah kualitas kamera OPPO A74 bagus?

Kemampuan kamera A74 tergolong baik di kelas harganya. Gambar yang dihasilkan ponsel ini cukup tajam dan presisi. Pengguna tidak perlu khawatir tentang hasil foto yang kurang fokus, terutama ketika memotret dalam kondisi minim cahaya.

Keberadaan lensa makro di ponsel ini membantu pengguna dalam mengambil foto dengan jarak dekat, cocok untuk penggemar pemotretan objek dengan detail lebih tinggi. Tak ketinggalan, terdapat pula lensa portrait yang membantu fokus pada objek dengan efek bokeh yang menawan.

Kamera depan 16 MP-nya juga menarik dengan resolusi tinggi untuk kelas harga OPPO A74, dilengkapi dengan fitur AI Beautification. Fitur ini dapat mempercantik hasil selfie dengan mempertajam kontur wajah tetapi tetap memberikan tampilan yang natural.

Untuk kualitas video, OPPO A74 mampu merekam video hingga resolusi full HD, cukup memadai untuk kebutuhan berbagi video di media sosial. Namun, saat merekam di ruangan atau dalam kondisi pencahayaan kurang baik, hasil videonya mungkin kurang memuaskan. A74 juga belum dilengkapi dengan fitur stabilisasi video, sehingga pengguna mungkin perlu menggunakan tripod untuk menjaga hasil rekaman tetap stabil.

Berapa mAh baterai HP OPPO A74?

OPPO A74 dibekali baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh. Dengan kapasitas ini, daya yang digunakan oleh ponsel ini dinyatakan cukup rendah, hanya sekitar 5% saat digunakan untuk percakapan telepon selama 2,5 hingga 3 jam.

Sementara itu, untuk streaming selama 40 menit, smartphone ini hanya mengonsumsi daya sekitar 3%. Ketahanan daya ini tentu tergantung pada tingkat kecerahan layar, volume audio, dan faktor-faktor lainnya. Meskipun demikian, secara keseluruhan, kapasitas baterai 5000 mAh ini sudah dianggap sangat mencukupi untuk penggunaan sehari-hari yang bersifat kasual, seperti berkirim pesan hingga menjelajahi media sosial.

Apakah OPPO A74 bisa fast charging?

HP ini menyertakan teknologi Fast Charging 33W yang memungkinkan pengguna mengisi daya baterai hingga 54% hanya dalam waktu 30 menit. Bahkan, untuk mengisi baterai ponsel hingga penuh, kamu hanya memerlukan waktu 1 jam 6 menit.

Di mana letak sensor sidik jari OPPO A74?

Sensor sidik jari pada OPPO A74 ditempatkan di bawah layar. Dengan fitur in-display fingerprint unlock ini, kamu hanya perlu menempelkan sidik jari ke bagian bawah layar HP untuk membuka kunci layar.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.