15+ Contoh Benda yang Berbentuk Kubus di Sekitar Kita

Contoh Benda Berbentuk Kubus

Contoh Benda Berbentuk Kubus di Sekeliling Kita - Dalam keseharian, kita sering menjumpai benda-benda yang mempunyai bentuk tiga dimensi. Bentuk tiga dimensi merupakan benda yang memiliki volume atau isi, misalnya seperti tabung, kubus, balok, dan lain sebagainya. Nah, pada kesempatan ini akan membagikan beberapa contoh benda yang memiliki bentuk kubus.

Kubus merupakan bangun ruang tiga dimensi yang mempunyai sisi permukaan berbentuk persegi atau kotak. Salah satu contoh benda yang memiliki bentuk kubus yang paling mudah di temukan di sekitar rumah adalah rubik, dimana benda ini dibentuk oleh 6 buah sisi berupa persegi yang kongruen dan sejajar.

Sebelum menyebutkan benda-benda berbentuk kubus lainnya di sekitar kita, sedikit akan kami jelaskan mengenai sifat dan ciri dari kubus. Sehingga kalian dapat lebih mudah dalam memahami bentuk kubus. Berikut merupakan ciri-ciri dan sifat kubus:

  • Kubus memiliki 6 buah sisi berbentuk persegi
  • Kubus memiliki 8 buah titik sudut
  • Kubus memiliki 12 buah rusuk yang sama panjang
  • Kubus memiliki 12 diagonal bidang
  • Kubus memiliki 4 diagonal ruang
  • Kubus memiliki 6 bidang diagonal

Setiap bentuk kubus tentunya memiliki luas dan volume. Luas dan volume tersebut dapat dihitung menggunakan rumus matematika. Rumus luas permukaan kubus adalah 6 x sisi x sisi. Sedangkan rumus untuk mencari volume kubus adalah sisi x sisi x sisi.

Setelah memahami apa itu kubus, berikut akan kami berikan beberapa contoh benda berbentuk kubus. Jadi, silahkan simak dengan baik ulasannya di bawah ini.

Baca juga : Contoh Benda Berbentuk Balok dan Gambarnya

Benda-Benda Berbentuk Kubus

Benda Berbentuk Kubus

Jika kita perhatikan secara seksama, sebenarnya ada banyak sekali benda-benda yang mempunyai bentuk kubus di sekeliling kita. Biasanya benda-benda tersebut berada di dalam ataupun diluar rumah. Berikut contoh benda-benda berbentuk kubus di sekitar kita.

  1. Dadu
  2. Rubik
  3. Es Batu
  4. Celengan Kubus
  5. Kardus
  6. Brankas
  7. Loker
  8. Televisi Kubus
  9. Jam Kubus
  10. Mesin Cuci
  11. Loker
  12. Lemari Kubus
  13. Penghapus
  14. Kulkas
  15. Bak Mandi
  16. Akuarium Kubus
  17. Kotak Tisu
  18. Peti Kubus
  19. Pot Tanaman
  20. Toples Kubus

Baca juga : Contoh Benda yang Berbentuk Kerucut Beserta Gambarnya

Itulah beberapa contoh benda-benda berbentuk kubus yang ada di sekitar kita baik di dalam rumah ataupun diluar rumah. Semoga bermanfaat.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.