25+ Contoh Benda Berbentuk Tabung yang Ada di Sekitar Kita

Contoh Benda Berbentuk Tabung

Contoh Benda Berbentuk Tabung - Perlu kalian ketahui bahwa banyak sekali benda-benda di sekitar kita yang mempunyai berbagai macam bentuk. Ada bentuk dua dimensi dan tiga dimensi. Contoh bentuk dua dimensi adalah persegi, lingkaran dan segitiga. Sedangkan contoh bentuk tiga dimensi adalah bola, kerucut, kubus, balok dan lainnya.

Namun, pada kesempatan kali ini kita akan membahas benda-benda yang berbentuk tabung. Sebelum menguraikan lebih jauh lagi mengenai apa saja benda yang memiliki bentuk tabung, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu tabung dan unsur-unsur pembentuknya. Untuk lebih jelasnya, simak pengertian tabung dan unsur-unsur tabung berikut ini.

Baca juga : Contoh Benda yang Berbentuk Bola Beserta Gambarnya

Pengertian Tabung

Tabung adalah bangun ruang yang terbentuk oleh sisi alas dan sisi atas berbentuk lingkaran, serta bidang sisi berbentuk persegi panjang lengkung yang sering disebut sebagai selimut tabung. Dengan begitu, tabung mempunyai ruang di bagian tengahnya yang berbentuk lingkaran.

Jika sebuah bangun ruang tabung dibongkar, maka kita akan melihat jaring-jaring tabung yang terdiri dari dua lingkaran dan satu persegi panjang. Dua lingkaran tersebut merupakan bidang sisi alas dan atapnya. Sedangkan bentuk persegi panjang merupakan sisi selimut tabung yang diluruskan.

Setiap bangun tiga dimensi mempunyai karakteristik yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Berikut ciri-ciri dan sifat bangun ruang tabung.

  • Mempunyai 3 buah sisi, yaitu sisi alas, sisi atap, dan sisi tegak.
  • Sisi tegak tabung merupakan bidang lengkung yang sering disebut sebagai selimut tabung.
  • Tabung mempunyai dua rusuk.
  • Tinggi tabung adalah jarak antara titik pusat lingkaran sisi alas dengan titik pusat lingkaran sisi atapnya.

Setelah memahami bentuk tabung dan karakteristiknya, tentunya kalian sudah bisa menggambarkan seperti apa yang namanya tabung. Nah, untuk lebih memahami berikut akan saya berikan beberapa contoh benda berbentuk tabung yang ada di sekitar kita.

Contoh Benda Berbentuk Tabung

Benda Berbentuk Tabung

Benda yang memiliki bentuk tabung sebenarnya sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Benda tersebut sering kita temui baik di dalam maupun diluar rumah. Berikut adalah beberapa contoh benda berbentuk tabung yang ada disekeliling kita.

  1. Gelas
  2. Botol
  3. Pipa Air
  4. Baterai
  5. Kaleng
  6. Panci
  7. Toples
  8. Selang
  9. Paralon
  10. Batang Rokok
  11. Termos
  12. Teko
  13. Batang Bambu
  14. Tiang Listrik
  15. Ember
  16. Spidol
  17. Drum
  18. Roda Besi
  19. Teropong
  20. Lampu Neon

Baca juga : Jaring-Jaring Bangun Ruang Beserta Gambarnya

Nah, itulah beberapa contoh benda berbentuk tabung yang sering dijumpai di sekitar kita. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.