Ciri-Ciri dan Sifat Bangun Ruang Bola Beserta Gambarnya

Ciri-ciri Bola

Ciri-Ciri Bangun Ruang Bola - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai ciri-ciri dari salah satu bangun ruang sisi lengkung yang disebut dengan bola lengkap dengan gambarnya agar lebih mudah dalam memahami.

Kita semua tentu sudah tahu bagaimana bentuk bola. Ya, benda yang memiliki bentuk bulat ini ciri-cirinya mudah ditemui pada beberapa benda, misalnya bola kasti, bola sepak, bola basket, bola golf, bola voli dan masih banyak yang lainnya.

Di sekeliling kita juga banyak sekali benda yang memiliki bentuk bola seperti kelereng, bola lampu, manik-manik aksesoris wanita dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Bangun Ruang Bola

Bola

Bola merupakan bangun ruang sisi lengkung selain kerucut dan tabung. Bangun tiga dimensi ini hanya memiliki sisi permukaan berbentuk lengkung yang mempunyai satu titik pusat tepat di tengah-tengahnya. Bentuk dari bangun ruang bola bisa kalian lihat pada gambar di atas.

Jika diperhatikan lagi gambar tersebut, maka kita dapat menentukan apa saja yang menjadi unsur-unsur bola. Unsur-unsur bola merupakan bagian bola yang menjadi ciri-cirinya. Sehingga, didapat kesimpulan ciri-ciri bangun ruang bola adalah sebagai berikut:

  • Memiliki jari-jari
  • Memiliki diameter
  • Memiliki 1 titik pusat
  • Memiliki 1 sisi lengkung
  • Tidak memiliki rusuk
  • Tidak memiliki titik sudut
  • Memiliki luas permukaan
  • Memiliki volume

Lebih jelasnya, bisa kalian simak pembahasan di bawah ini.

1. Memiliki Satu Titik Pusat

Titik pusat pada bola terletak tepat di bagian tengah-tengah bola. Titik pusat tersebut memiliki jarak yang sama terhadap sisi permukaan bangun ruang bola.

2. Memiliki Jari-jari

Bangun ruang bola merupakan gabungan dari lingkaran yang jumlahnya tak terhingga. Sedangkan ciri-ciri dari lingkaran adalah memiliki jari-jari, maka bola juga mempunyai jari-jari. Jari-jari pada bola jumlahnya tak terhingga, tetapi panjangnya selalu sama.

3. Memiliki Diameter

Diameter bola merupakan jarak antar sisi permukaan yang melewati titik pusat. Diameter bola juga merupakan tinggi bangun ruang bola yang panjangnya dua kali ukuran jari-jarinya.

4. Memiliki Satu Sisi

Bola memiliki sisi berbentuk lengkungan tertutup. Sisi bola sebenarnya merupakan titik-titik yang jumlahnya tak terhingga yang saling berdekatan dan mempunyai jarak yang sama dengan titik pusat.

5. Tidak Memiliki Rusuk dan Titik Sudut

Inilah yang menjadi salah satu keistimewaan pada bola jika dibandingkan dengan bangun ruang tiga dimensi lainnya, yaitu satu-satunya bangun ruang yang tidak mempunyai rusuk dan titik sudut.

6. Memiliki Luas Permukaan

Seperti yang sudah disinggung pada penjelasan di atas bahwa bola mempunyai satu ciri istimewa yaitu hanya memiliki satu sisi lengkung yang tertutup. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk menentukan luas permukaan bola adalah dengan menggunakan sebuah jeruk dan empat buah lingkaran yang mempunyai diameter sama dengan jeruk tersebut.

Pendekatan tersebut menjelaskan bahwa kulit satu buah jeruk dapat menutup empat buah lingkaran dengan diameter yang sama. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa rumus untuk menghitung luas permukaan bola adalah 4 kali luas lingkaran.

Rumus Luas Permukaan Bola = 4 × π × r²

Keterangan:

π = 22/7 atau 3,14
r = jari-jari bola

7. Memiliki Volume

Volume merupakan kapasitas ruangan yang dapat ditempati. Untuk menentukan volume bola didapat dari sebuah percobaan, bahwa volume 1/2 bola sama dengan volume 2 buah kerucut dengan jari-jari yang sama dengan bola dan tinggi kerucut sama dengan jari-jari bola.

Jadi, dari percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa bola adalah empat kali volume kerucut dengan jari-jari yang sama dan tinggi kerucut sama dengan jari-jari bola. Sehingga rumus yang diperoleh adalah sebagai berikut.

Volume Bola = 4 × ⅓ × π × r² × t
Karena tinggi kerucut sama dengan jari-jari bola, maka rumus volume bola adalah:

Volume Bola = 4 × ⅓ × π × r² × r
Rumus Volume Bola = 4/3 × π × r³

Keterangan:
π = 22/7 atau 3,14
r = jari-jari bola

Demikianlah pembahasan mengenai ciri-ciri dan sifat yang dimiliki oleh bangun ruang bola. Semoga penjelasan di atas mudah untuk dipahami dan dapat bermanfaat bagi kita semua.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.