Ciri-Ciri Bangun Ruang Balok dan Gambarnya

Sifat-Sifat Balok

Ciri-Ciri Bangun Ruang Balok - Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tiga pasang sisi berbentuk persegi atau persegi panjang, dengan setidaknya memiliki satu pasang sisi dengan ukuran yang berbeda. Ciri-ciri balok yang paling umum adalah memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut.

Nah, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang ciri-ciri dan sifal balok beserta gambarnya agar lebih mudah dalam memahaminya. Dengan memahami ciri dan sifat yang dimiliki oleh bangun ruang balok, maka akan memudahkan dalam membedakan antara balok dan kubus.

Nah, bagi kalian yang masih belum tahu bagaimana sifat-sifat dari bangun ruang balok, silahkan simak pembahasan di bawah ini.

Ciri-Ciri Bangun Ruang Balok

Balok

Agar lebih mudah dalam memahami karakteristik bangun balok, silahkan perhatikan gambar balok ABCD.EFGH di atas. Dengan melihat gambar di atas, kita dapat menentukan bagaimana karakteristik bangun ruang balok. Adapun ciri-ciri dan sifat bangun ruang balok, diantaranya:

  • Memiliki 6 sisi berbentuk persegi dan persegi panjang
  • Memiliki 12 rusuk yang terdiri dari 4 rusuk panjang, 4 rusuk lebar dan 4 rusuk tinggi
  • Memiliki 8 titik sudut
  • Memiliki 4 diagonal ruang
  • Memiliki 12 diagonal bidang
  • Memiliki 6 bidang diagonal
  • Rusuk yang saling sejajar memiliki panjang yang sama
  • Sisi balok berbentuk persegi dan persegi panjang
  • Panjang diagonal bidang yang saling berhadapan memiliki panjang yang sama
  • Semua diagonal ruangnya memiliki panjang yang sama
  • Bidang diagonalnya berbentuk persegi panjang

Agar bisa lebih memahami sifat-sifat dari balok, silahkan simak uraian mengenai sifat-sifat balok berikut ini.

1. Sisi Balok Berbentuk Persegi atau Persegi Panjang

Coba perhatikan sisi balok ABFE, BCGF, EFGH dan seterusnya. Sisi-sisi tersebut memiliki bentuk persegi dan persegi panjang. Pada bangun ruang balok, minimal harus ada sepasang sisi persegi panjang dengan luas yang berbeda. Jika seluruh sisi balok berbentuk persegi, maka bangun tersebut adalah kubus.

2. Rusuk yang Sejajar Berukuran Sama Panjang

Coba perhatikan rusuk-rusuk balok pada gambar di atas. Rusuk-rusuk balok yang sejajar mempunyai panjang yang sama. Rusuk-rusuk tersebut adalah rusuk panjang AB, DC, EF dan HG, rusuk lebar AD, BC, FG dan EH, serta rusuk tinggi AE, BF, CG dan DH.

3. Sisi yang Berhadapan Luasnya Sama

Balok mempunyai 3 pasang sisi yang saling berhadapan. Sisi yang berhadapan memiliki luas yang sama. Sisi yang berhadapan pada gambar balok di atas, yaitu sisi ABCD dengan EFGH, sisi ABEF dengan DCGH, serta sisi BCGF dengan ADHE.

4. Diagonal Bidang Balok yang Berhadapan Sama Panjang

Dari gambar bangun ruang balok di atas terlihat bahwa panjang diagonal bidang pada sisi yang berhadapan memiliki ukuran yang sama panjang. Diagonal-diagonal bidang yang berada pada sisi ABCD dengan EFGH, ABEF dengan DCGH, serta BCGF dengan ADHE.

5. Diagonal Ruang Balok Memiliki Ukuran Sama Panjang

Bangun ruang balok memiliki 4 diagonal ruang dengan ukuran sama panjang. Diagonal ruang pada gambar balok di atas ditunjukan oleh garis AG, EC, DF dan HB yang semuanya memiliki panjang yang sama.

6. Bidang Diagonal Balok Berbentuk Persegi Panjang

Bangun ruang balok memiliki 6 bidang diagonal berbentuk persegi panjang. Coba perhatikan gambar balok di atas, bidang diagonal balok BCEF memiliki bentuk persegi panjang. Begitu pula dengan bidang diagonal lainnya.

7. Rumus Balok

Balok memiliki rumus untuk menghitung luas permukaan dan volumenya. Berikut rumus yang digunakan untuk menghitung volume dan luas permukaan pada bangun ruang balok.

Volume = p x l x t
Luas Permukaan = 2 x (pl + pt + lt)

Keterangan:
p = panjang balok
l = lebar balok
t = tinggi balok

Demikianlalah pembahasan lengkap mengenai sifat-sifat bangun ruang balok beserta gambarnya. Semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.