Cara Mengerjakan Operasi Hitung Campuran

Cara Mengerjakan Operasi Hitung Campuran - Ketika duduk di bangku sekolahan, tentu kita sudah mengenal macam-macam operasi hitung pada pelajaran matematika, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Jika disuruh untuk menyelesaikan soal menghitung satu operasi hitung saja (misalnya penjumlahan), tentu kita dapat menyelesaikannya dengan mudah. Namun, bagaimana jika harus mengerjakan beberapa soal perhitungan atau operasi hitung campuran? Operasi manakah yang harus dikerjakan terlebih dahulu?

Operasi Hitung Campuran

Operasi hitung campuran adalah operasi hitung yang di dalamnya terdapat beberapa perhitungan yang berbeda. Misalnya operasi penjumlahan perkalian dan pembagian atau pengurangan pembagian dan perkalian, dan lain sebagainya. Apakah cara untuk mengerjakannya bisa dimulai dari sebelah kiri terlebih dahulu? Ya, mungkin jawaban ini benar jika operasi hitung tersebut masih setingkat. Namun jika sudah berbeda tingkat, maka jawaban tersebut pastinya salah.

Perlu kamu ketahui, dalam mengerjakan operasi hitung campuran terdapat beberapa aturan yang wajib dilakukan. Dan kita harus mengikuti aturan-aturan tersebut agar hasil dari perhitungan operasi hitung campuran benar. Namun, masih banyak siswa yang duduk di bangku SD maupun SMP bahkan siswa SMK/SMA yang masih tidak tahu mengenai aturan tersebut. Sehingga masih banyak yang salah dalam mengerjakannya.

Nah, maka dari itu, bagi yang masih belum tahu dan bingung dalam mengerjakan soal yang melibatkan beberapa operasi hitung di dalamnya, silahkan simak ulasan mengenai cara mengerjakan operasi hitung campuran yang benar secara lengkap.

Baca juga : Cara Membuat Garis Bilangan, Contoh Gambar dan Soal

Aturan Cara Mengerjakan Operasi Hitung Campuran

Agar dapat mengerjakan operasi hitung campuran dengan mudah dan benar, maka kita harus terlebih dahulu memahami aturan penyelesaiannya. Berikut aturan-aturan yang perlu kamu ketahui yang berlaku di dalam operasi hitung campuran bilangan matematika:

  • Operasi hitung penjumlahan dan pengurangan memiliki tingkat yang sama, sehingga harus dikerjakan secara berurutan mulai dari kiri.
  • Operasi hitung perkalian dan pembagian memiliki tingkatan yang sama, sehingga harus dikerjakan secara berurutan mulai dari kiri.
  • Operasi hitung perkalian dan pembagian memiliki tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan operasi penjumlahan dan pengurangan, maka jika menemukan soal operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian secara acak, kerjakanlah terlebih dahulu operasi hitung perkalian dan pembagian.
  • Jika terdapat tanda kurung pada operasi hitung, maka kerjakanlah terlebih dahulu.

Cara Mengerjakan Operasi Hitung Campuran

Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan

Seperti yang telah di jelaskan di atas, operasi hitung yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan memiliki tingkatan yang sama, sehingga untuk mengerjakannya harus berurutan mulai dari kiri.

Contoh Soal
60 + 45 - 100 = ...?

Jawaban:
Langkah pertama, hitunglah = 60 + 45 = 105
Langkah kedua, hitunglah = 105 - 100 = 5
Jadi, 60 + 45 - 100 = 5

Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian

Operasi hitung yang di dalamnya terdapat perkalian dan pembagian memiliki tingkatan yang sama, sehingga harus dikerjakan secara berurutan mulai dari kiri.

Contoh Soal
120 : 20 x 7 = ...?

Jawaban:
Langkah pertama, hitunglah = 120 : 20 = 6
Langkah kedua, hitunglah = 6 x 7 = 42
Jadi, 120 : 20 x 7 = 42

Baca juga : Mengenal Bentuk Aljabar Beserta Operasinya

Operasi Hitung Campuran (Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian)

Operasi hitung perkalian dan pembagian memiliki tingkatan yang lebih tinggi dari pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Sehingga dalam menyelesaikan soal yang melibatkan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian secara acak, maka kerjakanlah operasi perkalian dan pembagian terlebih dahulu, baru setelah itu kerjakan operasi penjumlahan dan pengurangan. Namun, jika terdapat tanda kurung pada sebuah soal perhitungan, maka kerjakan terlebih dahulu operasi hitung yang berada di dalam kurung.

Contoh Soal
50 + 6 x 20 - 70 = ...?

Jawaban:
50 + (6 x 20) - 70 = ...
Langkah pertama, hitung operasi perkalian terlebih dahulu = 6 x 20 = 120
Maka operasi perhitungannya menjadi = 50 + (120) - 70 = ...?
Langkah kedua, hitung operasi penjumlahan = 50 + 120 = 170
Langkah ketiga, hitung operasi pengurangan = 170 - 70 = 100
Jadi, 50 + 6 x 20 - 70 = 100

Contoh Soal
9 x (12 + 28) : 5 - 35 = ...?

Jawaban:
9 x (12 + 28) : 5 - 35 = ...
Karena terdapat tanda kurung, kerjakanlah terlebih dahulu operasi hitung yang ada di dalam kurung = 12 + 28 = 40
Maka perhitungannya menjadi = 9 x 40 : 5 - 35 = ...?
Hitunglah perkalian atau pembagian terlebih dahulu = 9 x 40 = 360
Maka akan diperoleh hasil = 360 : 5 - 35 = ...?
Hitunglah operasi pembagian terlebih dahulu = 360 : 5 = 72
Maka akan diperoleh hasil = 72 - 35 = ...?
Hitunglah = 72 - 35 = 37
Jadi, 9 x (12 + 28) : 5 - 35 = 37

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai cara mengerjakan operasi hitung campuran yang benar lengkap dengan contoh soalnya. Semoga tulisan di atas dapat menjadi pembelajaran yang bermanfaat dan memudahkan dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang melibatkan operasi hitung campuran.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.