Cara Mencari Nilai Tengah (Median) Pada Suatu Data

Cara Mencari Nilai Tengah (Median) Pada Data Kelompok - Ketika mempelajari matematika, pastinya kita pernah menjumpai materi tentang median, mean dan modus. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mencari nilai tengah (median) pada suatu data. Bagi kalian yang masih belum paham, silahkan simak penjelasan di bawah ini secara seksama.

Cara Mencari Nilai Tengah (Median)

Median adalah nilai tengah yang diperoleh dari suatu penyajian data setelah data tersebut diurutkan mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar. Untuk mencari nilai tengah (median), hal pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan seluruh data yang akan dicari nilai tengahnya. Misalnya data nilai siswa, data berat badan siswa, data tinggi badan siswa dan lain sebagainya.

Setelah keseluruhan data telah terkumpul, selanjutnya urutkan data tersebut. Untuk mencari nilai tengah pada suatu data, terdapat dua cara yang bisa dilakukan. Jika jumlah data yang disajikan jumlahnya ganjil, maka untuk menentukan nilai tengahnya yaitu dengan mengambil suku yang tepat berada di tengah. Sedangkan jika data yang terkumpul berjumlah genap, maka nilai tengahnya dapat ditentukan dengan menjumlahkan dua suku tengah lalu dibagi dua.

Cara Mencari Nilai Tengah (Median)

Soal menghitung nilai tengah sering sekali muncul pada ujian semester maupun pada ujian nasional. Berikut adalah cara mencari nilai tengah pada data ganjil maupun genap yang dilengkapi dengan contohnya masing-masing.

A. Mencari Nilai Tengah Pada Data Ganjil

Untuk mencari nilai tengah pada data yang jumlahnya ganjil adalah dengan mengambil suku yang terletak tepat di tengah-tengah data tersebut setelah diurutkan dari yang terkecil hingga terbesar. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak contoh berikut ini.

Kelas C memiliki siswa berjumlah 15 anak. Data nilai ulangan harian dari siswa putra tersebut masing-masing adalah 6, 8, 7, 8, 6, 6, 7, 7, 9, 10, 5, 7, 6, 9 dan 7. Dari data tersebut, maka kita dapat mencari nilai tengah dengan cara:

1. Mengurutkan nilai tersebut mulai dari yang terkecil hingga terbesar. Maka diperoleh urutan sebagai berikut:

5, 6, 6, 6, 6, 7, 7, 7, 7, 7, 8, 8, 9, 9, 10

2. Untuk menentukan nilai tengah pada data ganjil, maka kita dapat mengambil suku yang terletak paling tengah. Sehingga, nilai tengah dari data hasil ulangan siswa putra kelas C adalah 7.

B. Mencari Nilai Tengah Pada Data Genap

Untuk menentukan nilai tengah atau median pada data yang berjumlah genap, pertama kalian harus mengurutkan data dari yang terkecil hingga yang terbesar. Setelah itu, ambil dua suku yang berada di urutan tengah, kemudian jumlahkan dan bagi dengan angka 2.

Sebagai contoh kita akan mengambil data usia anak yang sedang bermain di taman. Usia masing-masing anak tersebut adalah 5, 4, 4, 3, 7, 5, 6 dan 6 tahun. Dari data tersebut, maka kita dapat menentukan nilai tengah usia pada anak-anak tersebut dengan cara:

1. Urutkan data usia anak yang berada di taman mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Maka dapat diperoleh hasil urutan data sebagai berikut:

3, 4, 4, 5, 5, 6, 6, 7

2. Untuk menentukan nilai tengah pada data genap, maka kita bisa menggunakan rumus yaitu dengan mengambil dua suku yang terletak di tengah dan menjumlahkannya, kemudian bagi dengan angka 2. Jadi, nilai tengah dari data usia anak yang di taman adalah:

(5 + 5) : 2 = 10 : 2 = 5

Dari ulasan di atas, maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa rumus untuk menentukan nilai tengah adalah sebagai berikut:

  • Median pada data ganjil = suku yang tepat berada di tengah data yang diurutkan dari terkecil sampai terbesar.
  • Median pada data genap = jumlah dua suku tengah dibagi 2 setelah data tersebut diurutkan dari terkecil hingga yang terbesar.

Itulah pembahasan mengenai cara mencari nilai tengah (median) pada suatu data. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.