Begini Cara Membatasi Waktu Main Instagram Supaya Enggak Kecanduan

Bermain media sosial merupakan hal yang menyenangkan. Selain untuk mengisi waktu luang, hiburan, kita juga bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang bermanfaat dari sosial media. Salah satu media sosial yang banyak digunakan adalah Instagram atau IG.

2 Cara Membatasi Waktu Main Instagram Supaya Enggak Kecanduan

Akan tetapi penggunaan media sosial yang terlalu berlebihan pastinya memiliki dampak yang buruk. Terlebih jika pengguna sosmed masih di bawah umur. Tentunya ini bisa menjadi masalah yang serius. Maka dari itu kita harus bijak dalam menggunakan medsos dengan membatasi waktu bermain.

Lalu, bagaimana cara untuk membatasi penggunaan Instagram agar tidak lupa waktu? Berikut ulasannya secara lengkap di bawah ini.

Ini Bahaya Terlalu Lama Bermain Instagram yang Perlu Kamu Ketahui

Seperti yang kita ketahui kalau melakukan sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Begitu juga dalam penggunaan media sosial instagram, ada beberapa dampak negatif yang bisa ditimbulkan jika berlebihan menggunakan instagram, diantaranya:

  • Lupa waktu
  • kecanduan
  • Insomnia
  • Menjauhkan yang dekat
  • Mengurangi daya ingat.

Cara Membatasi Waktu Penggunaan Instagram

Buat kamu yang suka gak ingat waktu ketika scroll-scroll instagram. Ada baiknya untuk memberi batasan agar tidak terlalu sering. Selain itu, secara tidak langusung kamu juga akan menghemat penggunaan kuota data.

Mimin punya dua cara yakni secara langsung tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi tambahan. Lebih jelasnya bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Membatasi Penggunaan Instagram Menggunakan Aplikasi

Kita bisa membatasi penggunaan instagram menggunakan aplikasi yang bernama StayFree. Aplikasi ini dapat membuat jadwal dan durasi main instagram dan secara otomatis akan memblokir sementara jika durasi yang telah disetting sudah habis, sehingga kamu benar-benar tidak akan ter-distract.

Ini dia cara membatasi waktu main Instagram dengan aplikasi StayFree.

  • Silahkan download aplikasi StayFree di play store.
  • Jika sudah install aplikasinya sampai terpasang sempurna.
  • Kemudian buka aplikasi StayFree dan ikuti semua instruksi awal.
  • Setelah masuk ke dashboard awal pilih menu Usage Limits dibagian bawah.
  • Selanjutnya pilih aplikasi Instagram dan atur durasi waktu yang diinginkan.
  • Selesai.

Selain Instagram, kalian juga dapat memilih beberapa aplikasi lain agar terhindar dari kecanduan media sosial.

2. Membatasi Penggunaan Instagram Tanpa Aplikasi

Sebenarnya instagram juga memiliki fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk membatasi penggunaan IG. Fitur tersebut bernama "Your Activity" yang hadir pada tahun 2018 lalu.

Fitur ini sendiri sebenarnya berfungsi untuk memantau aktivitas pengguna. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat mengatur durasi berapa lama pengguna dapat bermain instagram. Di bawah ini langkah-langkah untuk mematasi waktu main instagram di Android maupun iPhone.

  • Langkah pertama buka aplikasi Instagram terlebih dahulu. Jangan lupa login dengan akun maisng-masing.
  • Setelah berhasil login, berikutnya masuk ke bagian profil kemudian tap garis tiga di pojok kanan atas dan pilih Settings.
  • Selanjutnya kalian pilih pengaturan Account kemudian cari dan pilih opsi Your Activity.
  • Langkah berikutnya masuk ke menu Time di bagian atas lalu tap pengaturan Set Daily Reminder.
  • Setelah itu akan muncul pengaturan durasi penggunaan Instagram. Silahkan atur sesuai keinginan. Misalnya 1 jam, 2 jam dan sebaginya.
  • Jika sudah tekan tombol Set Reminder.
  • Selesai.

Setelah fitur tersebut di aktifkan, maka aktivitas penggunaa Instagram akan dibatasi. Jika durasi penggunaan sudah hampir habis, maka kalian akan mendapatkan notifikasi. Serta jika sudah selesai, mau gak mau kalian harus berhenti bermain instagram.

Itulah tutorial yang bisa kamu ikuti untuk membatasi penggunaan instagram, baik dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Gunakanlah aplikasi instagram dengan bijak dengan cara mengontrol diri agar tidak kecanduan, sehingga kamu bisa jadi lebih produktif.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.