4 Tips Merawat Remote TV agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Remote TV

Remote merupakan salah satu komponen penting yang digunakan untuk mengontrol perangkat elektronik, seperti televisi. Namun, seringkali kita tergoda untuk membeli remote baru ketika remote lama mengalami kerusakan atau hilang. Hal ini bisa mengakibatkan pengeluaran yang tidak perlu, terutama jika kita sering membeli remote baru.

Meskipun proses setting remote tidak memakan banyak waktu ataupun tenaga, memiliki satu remote yang awet dan dapat digunakan dalam waktu lama tentu jauh lebih baik. Oleh karena itu, perawatan remote TV sangat penting untuk memastikan remote tetap berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama. Simak beberapa tips perawatan remot TV berikut ini yang bisa anda terapkan.

Tips Merawat Remote TV Supaya Awet

1. Menyimpan Remote TV di Tempat Kering

Menjaga remote TV agar awet bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menyimpannya di tempat yang kering. Hal ini dapat membantu mencegah munculnya lencir pada remote. Lencir yang muncul akibat tempat penyimpanan yang lembab dapat membuat tombol remote menempel pada PBC dan mengakibatkan remote tidak dapat digunakan lagi.

Selain itu, Anda juga bisa membungkus remote dengan plastik atau sarung remote khusus agar terlindungi dari debu dan kotoran. Pastikan juga untuk membersihkan remote secara berkala dengan menggunakan lap yang lembut dan sedikit dibasahi.

2. Hindari Terkena Benturan

Upayakan untuk tidak mengalami benturan saat menggunakan dan menyimpan remote TV, seperti jatuh atau sengaja dilemparkan ke benda keras. Hal ini akan menyebabkan casing remote retak dan bagian PBC rusak. Akibatnya, remote tidak dapat digunakan lagi atau fungsinya terganggu dan perlu segera diganti dengan remote baru.

Selain itu, jangan biarkan remote TV terlalu lama tidak digunakan atau diabaikan begitu saja. Ini dapat mempengaruhi kinerjanya, seperti baterai yang cepat habis atau terjadi kerusakan pada bagian internalnya.

3. Bersihkan Bagian PBC Remote

Pernahkah Anda mengalami kesulitan mengoperasikan remote TV? Hal itu bisa saja terjadi karena bagian PBC remote yang kotor. Namun, jangan khawatir, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kapas dan tinner agar kembali normal. Namun, perlu diingat agar tidak terlalu kasar atau menekan terlalu keras pada komponen tersebut karena dapat merusak jalur tombol lainnya.

Membersihkan remote TV merupakan salah satu upaya perawatan penting untuk menjaga keawetan dan fungsinya. Dengan rajin membersihkan remote, Anda dapat memastikan bahwa remote selalu dalam kondisi yang baik dan siap digunakan kapanpun Anda butuhkan. Selain itu, membersihkan remote secara teratur juga dapat mencegah kerusakan lebih lanjut yang mungkin terjadi akibat kotoran yang menumpuk.

4. Hindari Menekan Tombol Terlalu Kencang

Jangan terlalu memaksakan untuk menekan tombol remote TV jika susah konek. Kebiasaan tersebut bisa menimbulkan kerusakan pada remote. Jika ini terjadi, sebaiknya bersihkan remote dari kotoran dan debu yang menempel pada bagian PBC-nya.

Selain itu, pastikan juga untuk mengecek baterai remote TV. Jika saat digunakan tidak langsung berfungsi, kemungkinan baterai harus diganti. Dengan melakukan perawatan yang tepat, remote TV Anda bisa tetap awet dan terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Merawat remote TV adalah tindakan penting untuk memperpanjang usia pakai remot tersebut. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, Anda dapat menjaga keawetan remot TV dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu untuk membeli remot baru.

Selalu ingatlah untuk menyimpan remot di tempat yang kering, hindari benturan atau jatuh, dan membersihkannya secara berkala agar tetap berfungsi dengan baik. Dengan perawatan yang tepat, remote TV Anda akan bertahan lama dan dapat digunakan dengan optimal.

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.