Thermostat : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Ciri Kerusakan

Thermostat

Termostat adalah sebuah komponen yang digunakan untuk mengatur aliran listrik pada suhu yang berubah. Komponen ini diperlukan ketika Anda perlu mengontrol suhu secara presisi sesuai kebutuhan. Terdapat dua jenis termostat yang umum digunakan, yaitu termostat mekanik dan termostat elektronik.

Selain itu, ada juga komponen termostat AC pada mobil yang berfungsi sebagai sensor untuk mengontrol suhu pada AC mobil. Dalam artikel ini, akan dibahas secara detail mengenai termostat dan fungsinya pada mobil.

Fungsi Thermostat

Fungsi Thermostat

Termostat adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur suhu pada mesin kendaraan agar tetap stabil dan dingin. Selain itu, termostat juga memiliki beberapa fungsi penting lainnya, yaitu:

  • Mengatur sistem suhu mesin kendaraan agar tetap dalam kondisi dingin.
  • Mengatur sirkulasi cairan pendingin radiator sehingga suhu bisa stabil di kisaran 80-92° C.
  • Menutup saluran air pendingin pada mesin dan radiator.
  • Membuka saluran air pendingin secara otomatis ketika suhu mulai naik.

Dengan adanya komponen termostat, pengendara dapat lebih mudah mengatur suhu pada AC mobil dan mesin kendaraan secara tepat. Menariknya, pemasangan termostat tidak harus dilakukan oleh profesional, karena Anda juga bisa melakukannya sendiri dengan bantuan tutorial yang tepat.

Cara Memasang Thermostat AC Mobil

Thermostat AC Mobil

Jika ingin menghemat biaya pengeluaran, Anda bisa belajar cara memasang thermostat AC mobil sendiri. Langkah-langkahnya tidaklah rumit atau sulit, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pelajari sebelum memulai pemasangan.

1. Menyetel Ulang Re-Adjust Thermostat

Proses menyetel ulang thermostat pada AC mobil bertujuan untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap stabil dan dingin. Anda dapat melakukan pengaturan suhu kontrol dengan memutar baut pada thermostat setengah lingkaran. Pastikan juga untuk mengukur suhu yang diinginkan atau yang dibutuhkan agar tercapai hasil yang sesuai.

2. On Off Sistem AC

Sistem AC on-off digunakan untuk mengontrol atau memutuskan sistem suhu pada AC. Untuk mengatur sistem ini, Anda perlu memutar baut differential dengan arah searah jarum jam. Pastikan untuk tidak hanya memutar baut secara sembarangan, tetapi juga mengikuti langkah-langkah yang tepat.

Cara Memasang Thermostat AC Digital

Bagi Anda yang ingin memasang thermostat AC digital pada mobil, ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan secara urut. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama, gunakan sarung tebal untuk mengakses thermostat, yang terletak di antara kap mobil dan radiator. Gunakan selang pendek hitam sebagai identifikasi.
  • Keluarkan media pendingin mesin dengan melepas selang karet atas yang terhubung ke thermostat.
  • Setelah itu, pasang gasket pada posisi yang sesuai. Pastikan jiggle valve diluruskan dengan tanda di sisi kanan.
  • Geser jiggle valve dengan batas 10°.
  • Terakhir, pasang kembali selang karet bagian atas dan saluran air.

Cara Kerja Thermostat Lengkap Dengan Tahapannya

Agar berhasil memasang komponen thermostat, Anda juga perlu memahami bagaimana sistem kerjanya. Tidak hanya mengatur suhu kendaraan tetap stabil, tetapi juga melalui beberapa tahapan agar fungsi komponen ini dapat berjalan maksimal.

Berikut adalah tahapan cara kerja komponen thermostat yang diaktifkan:

  • Pertama, pompa air memompa air ke mesin.
  • Kedua, air akan melalui water jacket sehingga suhunya akan menjadi panas kemudian masuk ke dalam radiator.
  • Ketiga, pada suhu 85-95°C, katup akan terbuka.
  • Keempat, saat suhu turun, katup akan menutup. Namun, saat suhu mulai naik, katup akan membuka secara otomatis.

Komponen Penting pada Thermostat

Komponen pada Thermostat

Setiap mesin memiliki komponen penting yang membentuknya dan setiap komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dalam rangka untuk menjalankan fungsi thermostat secara optimal, semua komponen harus berfungsi dengan baik.

Berikut adalah beberapa komponen dasar yang membentuk thermostat dan fungsinya:

  • Selongsong berulir yang melingkari bagian katup.
  • Warna emas perak pada bagian ulir.
  • Ukuran kecil untuk pendinginan mesin.
  • Wax sealed untuk membuka bagian tutup.
  • Spring/pegas agar katup menutup.
  • Valve sealed untuk pintu air.
  • Control hole yang dapat mengatur jumlah air pada water jacket.

Jika salah satu dari komponen tersebut hilang atau mengalami kerusakan, thermostat tidak akan berfungsi secara optimal. Namun, dengan mengetahui komponen-komponen tersebut beserta fungsinya, Anda dapat dengan mudah mengenali bagian yang mengalami kerusakan dan menanganinya sesuai dengan kebutuhan.

Ciri-Ciri Thermostat AC Mobil Mengalami Kerusakan

Ciri Thermostat AC Mobil Rusak

Tanda-tanda thermostat AC mobil rusak bisa dilihat dengan mudah tanpa harus membongkar kendaraan secara keseluruhan. Berikut beberapa gejala yang menunjukkan kerusakan pada komponen thermostat:

  1. Termostat terbuka meskipun suhu belum mencapai 30°C.
  2. Water pump mengalami masalah.
  3. Saluran air radiator tertutup atau macet pada suhu sekitar 90°C.
  4. Performa mesin mobil menurun tiba-tiba.
  5. Suhu mesin yang rendah meningkatkan penggunaan bahan bakar.
  6. AC lebih panas dari biasanya atau terjadi overheating.
  7. Tenaga mobil menurun secara signifikan.
  8. Suhu yang sangat tinggi terlihat di gauge.
  9. Mobil tidak berjalan sehalus biasanya.

Jika termostat mobil mengalami kerusakan dengan gejala-gejala tersebut, Anda dapat membeli termostat AC mobil yang berkualitas di toko terpercaya atau membawanya ke jasa service untuk diperbaiki jika memungkinkan.

Kesimpulan

Sudah jelas mengenai pembahasan tentang thermostat di atas? Seperti yang kita ketahui, thermostat adalah sebuah sensor yang berfungsi untuk mengatur suhu pada AC kendaraan. Karena fungsinya yang sangat penting, maka kondisi dan performa alat ini harus diperhatikan dengan baik. Untuk mengenali apakah thermostat sudah rusak atau tidak, Anda bisa melihat dari tanda-tanda kerusakan pada setiap komponen penyusun alat tersebut.