Cara Mengubah Keyboard Menjadi Bahasa Arab di Android

Jika Anda ingin mengubah keyboard Anda menjadi bahasa Arab di perangkat Android tetapi tidak tahu caranya, tenang saja karena Anda berada di halaman yang tepat. Di sini, saya akan membahasnya untuk Anda.

Cara Mengubah Keyboard Menjadi Bahasa Arab di Android

Beberapa orang memilih untuk mengubah keyboard mereka dengan tujuan tertentu, mungkin bukan hanya untuk penampilan estetis yang menarik.

Misalnya, jika Anda seorang guru atau murid bahasa Arab yang sedang belajar atau mengajar bahasa Arab, mengubah papan ketik menjadi bahasa Arab dapat menjadi pilihan yang baik untuk praktik menulis dalam bahasa tersebut.

Untuk mengganti keyboard yang biasa Anda gunakan menjadi bahasa Arab, tidak sulit, meskipun tidak semua orang mungkin mahir mengetik dalam bahasa Arab karena dapat dianggap sulit. Oleh karena itu, banyak orang yang membutuhkan bantuan dalam melakukan hal ini.

Jadi, pada kesempatan ini, saya akan membahas cara mengubah keyboard menjadi bahasa Arab dengan menggunakan aplikasi gratis yang dapat diunduh dari Play Store. Dengan menggunakan papan ketik bahasa Arab ini, Anda dapat dengan mudah mengetik tulisan dalam bahasa Arab.

Baca juga : Cara Menghapus Cache di HP Android

Cara Mengubah Keyboard Menjadi Bahasa Arab di Android

Dalam panduan ini, saya akan menjelaskan langkah-langkah untuk mengganti keyboard alfabet menjadi bahasa Arab menggunakan aplikasi Gboard (Google Keyboard).

Mengapa Gboard? Karena kebanyakan ponsel Android saat ini sudah memiliki aplikasi Gboard terinstal secara default. Selain itu, dari segi tampilan dan cara penggunaannya, Gboard sangat sederhana dan mudah digunakan. Penasaran bagaimana caranya? Mari kita langsung menuju ke langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Menambahkan Keyboard Arab di Android

  1. Unduh dan pasang Gboard dari Play Store.
  2. Buka Gboard dan akses pengaturan keyboard Gboard.
  3. Pilih opsi "Bahasa".
  4. Ketuk "Tambahkan Keyboard".
  5. Cari dan tambahkan keyboard "Arab Saudi".

2. Mengganti Keyboard Menjadi Bahasa Arab

  1. Ketik di mana saja agar keyboard Gboard muncul.
  2. Setelah keyboard muncul, tekan dan tahan tombol "Spasi".
  3. Muncul menu pengaturan untuk memilih jenis keyboard.
  4. Pilih keyboard bahasa Arab untuk beralih ke bahasa Arab.
  5. Setelah memilih, seharusnya Anda akan melihat huruf Arab pada keyboard.
  6. Selesai.

Aplikasi Keyboard Bahasa Arab di HP Android

Berikut adalah aplikasi papan ketik Arab terbaik yang direkomendasikan yang dapat Anda gunakan.

1. Keyboard Bahasa Inggris Arab

Anda juga bisa menggunakan aplikasi keyboard yang disediakan oleh Best App Solution untuk mengubah keyboard Anda ke bahasa Arab. Keyboard ini merubah bahasa Inggris ke bahasa Arab, memudahkan Anda beralih antara kedua bahasa dengan mudah.

Anda dapat menyesuaikan tema, menggunakan font keren, dan mengubah latar belakang sesuai dengan keinginan Anda. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai suara yang berbeda saat Anda mengetik, cocok bagi mereka yang suka keyboard bersuara.

Tidak hanya bahasa Arab yang dapat digunakan di sini, tetapi ada banyak bahasa lain yang dapat Anda pilih pada papan ketik Bahasa Inggris-Arab ini.

2. Keyboard Arab Harokat

Banyak aplikasi papan ketik Arab yang tidak menyertakan huruf vokal pada alfabet. Bagi beberapa orang, terutama yang masih belajar, hal ini dapat membuat pemahaman bahasa Arab menjadi sulit. Bagi umat Islam yang telah diajarkan membaca Al-Qur'an sejak usia dini, mereka mungkin sudah mampu membaca bahasa Arab.

Namun, bagi sebagian orang lain yang tidak memiliki pengetahuan tersebut, mungkin sulit. Mungkin mereka tidak memiliki kesempatan belajar yang memadai. Oleh karena itu, Keyboard Arab Harokat ini dapat menjadi solusi untuk mengatasi keluhan tersebut.

Jika Anda sedang mencari keyboard yang memungkinkan penulisan huruf Arab berharakat di perangkat Android, Anda dapat menggunakan keyboard ini.

Baca juga : Cara Mempercepat Proses Download di PC dan Android

3. Gboard - Google Keyboard

Tidak asing lagi mendengar kata "Google". Tidak dapat disangkal bahwa Google selalu dianggap sebagai yang terbaik di mata dunia. Untuk memenuhi kebutuhan smartphone yang sedang populer saat ini, Google juga menyediakan aplikasi keyboard bernama Gboard Google Keyboard. Aplikasi keyboard yang ditawarkan oleh Google LLC memang salah satu yang terbaik.

Dalam toko aplikasi, unduhan Gboard telah mencapai lebih dari 1 juta, menunjukkan bahwa banyak orang di seluruh dunia, termasuk di Arab, menggunakan aplikasi keyboard bahasa Arab dari Google. Gboard pertama kali dirilis pada 25 Januari 2015, sudah 5 tahun yang lalu, namun Google terus memperbarui aplikasi ini, yang terakhir kali dilakukan pada 16 Desember 2019. Ada banyak fitur yang bisa dinikmati saat menggunakan keyboard ini.

Mulai dari kecepatan, fitur dikte, jenis slide, hingga dilengkapi dengan pencarian Google bawaan. Gboard menawarkan dukungan untuk banyak bahasa, termasuk Afrika, Jerman, Yunani, dan Jawa.

Anda juga dapat menggunakannya. Tidak terlepas dari pembahasan bahwa untuk menggunakan keyboard bahasa Arab, Anda dapat menggunakan aplikasi keyboard dari Google ini.

Itulah pembahasan tentang cara mengubah keyboard menjadi bahasa Arab beserta rekomendasi aplikasi keyboard Arab untuk perangkat Android. Ketiga aplikasi keyboard tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, sebaiknya Anda mencoba ketiganya dan memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.