Ketahui 11 Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 Pro

Poco X3 Pro memiliki desain yang hampir identik dengan Poco X3 NFC. Eksteriornya masih menggunakan bahan plastik di bagian belakang dan bingkai aluminium. Poco X3 Pro merupakan smartphone murah yang sangat cocok bagi para gamer dengan anggaran terbatas. Anda dapat memilikinya dengan budget sekitar 3 jutaan.

POCO X3 Pro
Spesifikasi POCO X3 Pro
  • Tahun Rilis : 2021
  • Layar : 6.67 inci IPS LCD 120Hz
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 860
  • GPU : Adreno 640
  • Internal : 6GB/8GB 128GB/256GB
  • Eksternal : Ada (Slot Hybrid)
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 20 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5160 mAh
  • Harga : Rp 3.598.000

Selengkapnya : Spesifikasi Lengkap Poco X3 Pro

Poco merupakan merek yang sering melakukan eksperimen dengan tema warna yang mencolok pada smartphone mereka. Poco X3 Pro juga meneruskan warisan tersebut. Perangkat ini ditujukan untuk pembeli yang lebih muda dan hadir dalam tiga pilihan warna menarik, yaitu Phantom Black, Frost Blue, dan Metal Bronze. Desainnya menonjol dengan modul kamera belakang yang unik dan desain punggung belakang yang menarik.

Selain desain yang unik, Poco X3 Pro memiliki banyak kelebihan. Namun, ada juga beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Tak perlu berlama-lama, mari simak kelebihan dan kekurangan Poco X3 Pro di bawah ini.

Kelebihan Poco X3 Pro

Poco X3 Pro adalah perangkat yang memiliki banyak kelebihan yang menarik untuk dibahas. Mulai dari layarnya hingga daya tahan baterainya, Poco X3 Pro mampu memberikan kejutan yang menyenangkan dengan harga yang terjangkau. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dapat Anda dapatkan dari Poco X3 Pro.

1. Layar Full HD+ dengan Refresh Rate Tinggi

Poco X3 Pro hadir sebagai jawaban untuk kebutuhan para gamer mobile. Layarnya memiliki ukuran besar 6,67 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel atau FHD+, dengan kerapatan 395 ppi. Layar ini merupakan turunan dari Poco X3 NFC.

Layar Poco X3 Pro mendukung refresh rate adaptif 120Hz dan kecepatan sampling sentuh 240Hz. Hal ini memastikan respons yang cepat saat bermain game.

Layar X3 Pro juga memiliki kecerahan tipikal sebesar 450 nits, serta sertifikasi Widevine L1 untuk streaming konten HD pada layanan seperti Netflix dan Amazon Prime, memberikan pengalaman visual yang maksimal.

2. Proteksi Layar dan Bodinya

Poco X3 Pro dilengkapi dengan proteksi layar Corning Gorilla Glass 6, yang lebih tinggi dari kompetitor lainnya. Selain itu, bodinya juga memiliki sertifikasi IP53, sehingga tahan terhadap debu dan percikan air.

3. Kinerja Powerfull

Poco X3 Pro menggunakan chipset Snapdragon 860, yang pada dasarnya adalah Snapdragon 855+ yang diberi nama baru. Chipset ini memiliki satu inti Cortex A76 dengan kecepatan 2,96GHz, tiga inti Cortex A76 dengan kecepatan 2,84GHz, dan empat inti Cortex A55 dengan kecepatan 1,78GHz.

Keputusan Qualcomm untuk menghadirkan kembali chipset ini pada tahun 2021 adalah langkah yang cerdas. Snapdragon 860 dilengkapi dengan modem 4G built-in dan sangat cocok untuk perangkat yang ingin memaksimalkan kinerja tanpa harus beralih ke jaringan 5G.

4. Baterai Berkapasitas Tinggi dengan Fast Charging 33W

Poco X3 Pro memiliki baterai berkapasitas tinggi 5.160 mAh, yang mampu bertahan sepanjang hari. Selain itu, perangkat ini mendukung fast charging hingga 33W, sehingga pengisian daya dapat dilakukan dengan cepat.

5. Kamera yang Baik

Poco X3 Pro dilengkapi dengan empat kamera di bagian belakang. Terdapat lensa primer 48MP Sony IMX582, kamera ultra-wide 8MP, kamera makro 2MP, dan lensa potret 2MP. Di bagian depan, terdapat kamera 20MP yang merupakan sensor favorit Xiaomi dalam beberapa waktu terakhir. Poco X3 Pro juga mendukung perekaman video hingga resolusi 4K pada 30fps, serta fitur Mode Malam dan Dual Video.

6. Penyimpanan Besar

Poco X3 Pro menawarkan variasi RAM 6/8GB dan penyimpanan internal 128/256GB. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan penyimpanan eksternal microSD hingga 1TB.

7. Speaker Stereo dengan Audio Resolusi Tinggi

Poco X3 Pro dilengkapi dengan speaker stereo yang menghasilkan audio dengan resolusi tinggi. Hal ini membuat pengalaman bermain game atau menonton film menjadi lebih menyenangkan. Sementara banyak pesaingnya masih menggunakan speaker mono.

8. Dukungan NFC

Poco X3 Pro dilengkapi dengan fitur NFC, yang memungkinkan transfer data yang efisien. Fitur ini sangat berguna untuk kegiatan sehari-hari.

Kekurangan Poco X3 Pro

Meskipun Poco X3 Pro menawarkan spesifikasi yang menggiurkan dengan harga terjangkau, ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya. Berikut adalah beberapa komponen kekurangannya:

1. Menggunakan Panel IPS LCD

Poco X3 Pro masih menggunakan panel IPS LCD, meskipun dengan klaim reproduksi warna yang memuaskan. Namun, panel LCD ini kalah dalam hal warna cerah yang ditawarkan oleh layar AMOLED. Hal ini bisa menjadi sedikit kecewa, terutama karena beberapa pesaing dengan harga serupa, seperti Redmi Note 10, telah mengadopsi layar AMOLED.

2. Berat Lebih dari 200 Gram

Poco X3 Pro memiliki bobot yang cukup berat, mencapai 215 gram. Jika Anda terbiasa dengan smartphone yang ringan dan ramping, hal ini mungkin terasa kurang nyaman. Selain itu, ketebalannya juga lebih dari 9 mm, sehingga penggunaannya dengan satu tangan menjadi kurang praktis seperti smartphone lainnya.

3. Kecerahan Rendah

Satu kekurangan lainnya terkait dengan layarnya. Xiaomi biasanya melengkapi sub-brand mereka dengan layar yang memiliki kecerahan tinggi, melebihi 1.000 nits. Namun, Poco X3 Pro tidak dilengkapi dengan kecerahan sebanyak itu.

Hal ini dapat menyulitkan penggunaan perangkat di luar ruangan, terutama di bawah sinar matahari langsung. Meskipun memiliki proteksi layar, kekurangan ini mungkin tidak dapat ditoleransi oleh mereka yang sering menggunakan smartphone di luar ruangan.

Itulah beberapa informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Poco X3 Pro yang perlu Anda pertimbangkan lebih lanjut. Sebelum memutuskan, disarankan untuk melakukan perbandingan menyeluruh sesuai dengan kebutuhan Anda agar tidak menyesal di kemudian hari.

Meskipun demikian, dengan spesifikasi dan kelebihan yang dimilikinya, Poco X3 Pro tetap menjadi pilihan yang terjangkau. Jadi, apakah Anda sudah yakin memilihnya atau mungkin akan memilih smartphone lain pada akhir tahun ini?

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.