Yuk, Cari Tahu 9 Kelebihan dan Kekurangan Poco M3 Pro 5G

Anda pasti tidak asing dengan ponsel ini, POCO M3 Pro 5G. Ponsel ini telah mulai dikenal di Indonesia melalui iklan online. POCO M3 Pro 5G merupakan salah satu ponsel 5G yang hadir di Indonesia dengan spesifikasi tangguh namun tetap terjangkau.

POCO M3 Pro 5G
Spesifikasi POCO M3 Pro 5G
  • Tahun Rilis : 2021
  • Layar : 6.5 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset : MediaTek Dimensity 700
  • GPU : Mali-G57 MC2
  • Internal : 4GB/6GB 64GB/128GB
  • Eksternal : Ada (Slot Hybrid)
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 8 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh
  • Harga : Rp 1.899.000

Selengkapnya : Spesifikasi Lengkap POCO M3 Pro 5G

Salah satu fitur unggulan dan paling dicari dari POCO M3 Pro 5G adalah konektivitas 5G. Dengan ini, pengguna dapat menikmati kecepatan internet yang lebih cepat dan koneksi yang lebih stabil. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar yang menjadi daya tarik lainnya.

Desain POCO M3 Pro 5G juga menarik perhatian dengan logo POCO yang terpampang di bagian belakangnya. Desainnya elegan dan ramping, sehingga menarik minat pengguna. Meskipun demikian, informasi ini mungkin tidak cukup bagi mereka yang penasaran dengan ponsel ini. Berikut ini adalah artikel lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan POCO M3 Pro 5G. Silakan simak sampai habis untuk mendapatkan informasi lebih detail.

Kelebihan Poco M3 Pro 5G

Poco M3 Pro 5G memang bikin keren dengan teknologi terbarunya, yaitu jaringan 5G. Tapi nggak cuma itu aja, ada banyak kelebihan menarik lainnya yang bisa bikin kalian tertarik:

1. Kencangnya 5G

Nah, ini dia yang paling ditunggu-tunggu. Poco M3 Pro udah siap menghadirkan kecepatan 5G buat kalian. Julukan "The 5G Killer" emang beneran cocok buat ponsel pintar ini. MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G jadi dapur pacunya yang bisa bikin internetan makin cepat dengan kecepatan maksimal.

Dan yang lebih keren lagi, Poco M3 Pro punya fitur dual 5G, jadi dua kartu SIM di ponsel ini bisa ngejajal jaringan 5G. Bagi kalian yang doyan banget main internet, tentunya ponsel ini bakal jadi pilihan yang oke banget. Dengan jaringan 5G, kecepatan unduhan makin ngebut banget dan latensinya rendah pula.

2. Triple kamera yang oke punya

Kualitas kamera juga nggak kalah penting, kan? Nah, Poco M3 Pro 5G punya triple kamera 48MP yang bikin hasil foto makin memukau. Plus ada juga kamera makro 2MP dan sensor potret 2MP yang bisa bikin kalian puas eksplorasi kreativitas fotografi.

Nggak usah khawatir soal kondisi cahaya yang redup, ponsel ini dilengkapi dengan berbagai fitur kamera keren seperti mode malam, mode AI, time lapse, dan slow motion. Kualitas perekaman videonya juga tajam dengan resolusi hingga 1080p pada frame rate 30 FPS. Jadi, buat kalian yang suka bikin video, gak usah takut goyang tangan. Poco M3 Pro udah punya fitur anti shaky yang bikin video jadi lebih stabil.

3. Layar jernih buat gaming

Kualitas layar itu penting banget, terutama buat kalian yang suka main game. Poco M3 Pro hadir dengan layar IPS LCD berukuran 6,5 inci yang luas dan responsif banget. Layarnya punya tampilan yang nggak bisa dianggap remeh di kelasnya. Dijamin, kalian bakal puas dan terpikat dengan tampilan layar ponsel ini.

Poco M3 Pro dilengkapi dengan pengaturan dynamic switch yang bisa mengubah refresh rate secara adaptif mulai dari 30 Hz, 50 Hz, 60 Hz, sampai 90 Hz. Jadi, refresh rate-nya bisa menyesuaikan dengan aktivitas kalian saat menggunakan ponsel ini. Bikin pengalaman gaming makin asik dan mulus, tanpa ada gangguan nge-frame.

4. Gaming yang seru

Refresh rate yang tinggi bikin kalian bisa menikmati setiap momen permainan di game dengan mulus, tanpa ada gangguan. Poco emang spesialis ponsel Android dengan performa tinggi yang tetap terjangkau, terutama buat gaming.

Poco M3 Pro 5G didukung oleh chipset MediaTek yang sudah mendukung jaringan 5G. Performanya nggak kalah oke di kelasnya, bisa buat ngangkat berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk main game berat. Prosesornya punya konfigurasi CPU 8-core dengan kombinasi Cortex-A76 2,2 GHz dan Cortex-A55 2,0 GHz, ditambah kartu grafis GPU Mali-G57 MC2.

5. Ada NFC juga, lho!

Poco M3 Pro sudah dilengkapi dengan NFC (Near Field Communication). Fitur ini bisa memudahkan kalian dalam berbagai transaksi, mulai dari belanja hingga menghubungkan dengan perangkat lain. Gak cuma itu, fitur IR Blaster juga ada, jadi ponsel ini bisa jadi remote TV, AC, dan peralatan rumah pintar lainnya.

6. Baterainya tahan lama

Poco M3 Pro punya baterai berkapasitas besar, yaitu 5.000 mAh, dan mendukung fast charging 18W. Xiaomi paham banget bahwa baterai yang tahan lama itu idaman semua orang. Bahkan, Xiaomi bilang ponsel ini bisa bertahan hingga 2 hari pemakaian.

Tapi tentunya, keawetan baterai juga tergantung pada jaringan dan aplikasi yang sering digunakan. Pemakaian baterai Poco M3 Pro cukup hemat, bahkan saat main game, baterainya cuma berkurang sekitar 10% aja.

7. Berbasis Android 11

Poco M3 Pro hadir dengan POCO Launcher yang dikombinasikan dengan MIUI 12 berbasis Android 11. Jadi, kalian bisa dapetin berbagai fitur terbaru dari sistem operasi ini, seperti control center, floating screen, dark mode 2.0, fitur memories di galeri, dan tentunya fitur health tracking juga ada. Jadi, ponsel ini nggak cuma canggih, tapi juga up to date.

Kekurangan Poco M3 Pro 5G

Walaupun Poco M3 Pro 5G memiliki banyak keunggulan menarik, seperti halnya smartphone pada umumnya, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, di antaranya:

1. Tidak dilengkapi lensa kamera ultrawide

Bagi pecinta fotografi, sayangnya Poco M3 Pro 5G, seperti seri sebelumnya, tidak memiliki lensa kamera ultrawide. Jadi, untuk mengambil foto dengan sudut pandang yang lebih luas, fitur ini tidak tersedia.

Poco M3 Pro lebih memilih untuk menyematkan lensa makro pada kamera belakangnya untuk pengambilan foto objek kecil. Namun, jangan terlalu kecewa dengan hal ini. Kekurangan ini mungkin tidak terlalu berpengaruh dalam penggunaan sehari-hari. Jika kalian menginginkan kualitas suara yang lebih baik, bisa menggunakan headset atau headphone.

2. Tidak memiliki rating IP53

Poco M3 Pro 5G juga belum memiliki sertifikasi IP53. Artinya, ponsel ini tidak memiliki perlindungan terhadap debu dan percikan air. Oleh karena itu, perlu berhati-hati saat menggunakan ponsel ini. Jangan sampai lengah ketika meletakkan ponsel di tempat yang tidak aman. Juga perlu berhati-hati saat menyimpan ponsel, hindari tempat yang kotor.

Setelah mengetahui ulasan di atas, apa pendapat kalian? Dengan harga di kisaran 3 jutaan, Poco M3 Pro 5G menawarkan berbagai fitur yang keren. Performa gaming yang didukung oleh chipset dan layar yang canggih, serta baterai yang tahan lama. Tentu saja, ponsel ini bisa menjadi pilihan yang baik.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.