Kupas Habis Kelebihan dan Kekurangan Poco F3 Ini!

Poco diperkenalkan sebagai sub-merek Xiaomi yang menawarkan kinerja hampir sekelas atas dengan harga yang sangat terjangkau. Pada Poco, terdapat penyesuaian yang dilakukan untuk menjaga harga tetap rendah, terutama dalam penggunaan bahan yang lebih murah namun tetap memberikan performa yang baik. Bagi pengguna Android yang mengutamakan kinerja, Poco menjadi sub-brand Xiaomi yang sangat direkomendasikan.

POCO F3
Spesifikasi POCO F3
  • Tahun Rilis : 2021
  • Layar : 6.67 inci AMOLED 120Hz
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 870
  • GPU : Adreno 650
  • Internal : 6GB/8GB 128GB/256GB
  • Eksternal : -
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Depan : 20 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4520 mAh
  • Harga : Rp 5.499.000

Selengkapnya : Spesifikasi Lengkap POCO F3

Salah satu perangkat terbaru dari Poco yang banyak dibicarakan tahun ini adalah Poco F3. Untuk memilikinya, Anda perlu menyiapkan anggaran sekitar 4 jutaan. Poco F3 telah mengalami banyak perkembangan sejak Pocophone F1 diluncurkan oleh Xiaomi. Jika Anda penasaran dengan kelebihan dan kekurangannya, pastikan untuk membaca artikel ini sampai selesai.

Kelebihan Poco F3

Sebagai informasi, Poco F3 yang dirilis pada Maret 2021 merupakan model Poco termahal hingga saat ini. Perangkat ini berada di segmen 5G kelas menengah yang sangat kompetitif, namun Poco F3 menonjol dengan menyediakan fitur-fitur penting dengan harga yang menarik. Berikut adalah beberapa kelebihan Poco F3 yang membuatnya menonjol di antara pesaing lainnya.

1. Kualitas Build yang Kokoh

Poco F3 hadir dengan desain yang terasa premium berkat penggunaan panel belakang Gorilla Glass yang ergonomis. Desain panel belakangnya terlihat bersih dan ramping, memberikan kesan premium yang tidak murahan seperti ponsel kelas atas.

Poco F3 dilengkapi dengan kaca Gorilla Glass 5 di bagian belakang dan depan, serta tambahan perlindungan IP53 terhadap debu dan percikan air. Secara keseluruhan, Poco F3 mirip dengan ponsel Mi 11 yang lebih mahal.

Meskipun Xiaomi biasanya mengorbankan desain untuk memberikan kinerja yang baik dengan anggaran terbatas, Poco F3 melampaui ekspektasi dalam hal tampilan dan fungsionalitas. Ini membuatnya menjadi perangkat yang menarik untuk penggunaan sehari-hari, terutama bagi mereka yang aktif.

2. Layar AMOLED Penuh Fitur

Poco F3 dilengkapi dengan layar AMOLED 6,67 inci yang cantik dengan resolusi Full HD+ 2400 × 1080 piksel. Berbeda dengan Poco X3 Pro, Poco F3 menyajikan tampilan kelas atas untuk tahun 2021.

Layar ini memiliki kecepatan refresh 120Hz untuk animasi dan permainan yang halus, serta panel AMOLED untuk gambar yang tajam, cerah, dan penuh warna. Poco F3 juga mendukung tampilan HDR dengan kecerahan hingga 1300 nits, sehingga Anda dapat menikmati rentang dinamis tinggi saat menonton film.

Selain kecepatan refresh 120Hz, Poco F3 juga menawarkan kecepatan sampling sentuh hingga 360Hz. Kecepatan refresh dapat menyesuaikan secara otomatis tergantung pada aplikasi yang digunakan, namun Anda juga dapat mengatur kecepatan refresh secara manual pada 60Hz untuk menghemat baterai.

3. Performa Cepat

Poco F3 menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan. Meskipun mengejutkan bahwa ponsel dengan harga sekitar 4 jutaan memiliki prosesor kelas atas, itulah yang ditawarkan oleh Poco F3. Perangkat ini dilengkapi dengan chipset Snapdragon 870 yang dibangun dengan fabrikasi 7nm. Prosesor octa-core ini memiliki satu inti Kryo 585 clocked pada 3,2 GHz, tiga inti Kryo 585 clocked pada 2,42 GHz, dan empat inti Kryo 585 clocked pada 1,80 GHz.

Dengan performa ini, Anda tidak perlu khawatir dalam menjalankan game grafis tinggi atau aplikasi multitasking yang berat. Poco F3 juga memiliki pilihan RAM 6/8GB yang dipadukan dengan penyimpanan internal 128/256GB.

4. Speaker Stereo

Poco F3 hadir dengan pengaturan speaker stereo, sesuatu yang umumnya disediakan pada perangkat yang lebih mahal. Poco F3 memiliki pengaturan speaker yang agak unik, di mana lubang suara juga berfungsi sebagai speaker stereo bersama dengan kisi-kisi speaker di bagian atasnya, menciptakan pengaturan tiga speaker. Kualitas audio pada Poco F3 sangat baik berkat hadirnya speaker stereo ini.

5. Kamera yang Layak di Kelasnya

Poco F3 dilengkapi dengan tiga kamera belakang, termasuk kamera utama 48 megapiksel, kamera ultra-wide angle 8 megapiksel, dan kamera telemacro 5 megapiksel dengan fokus otomatis yang dapat diandalkan untuk hasil jepretan yang menawan. Anda dapat merekam video hingga 4K pada 30fps, menghasilkan video berkualitas tinggi.

Untuk kamera depan, terdapat kamera 20 megapiksel dengan aperture f/2.5 yang terletak di desain punch-hole.

6. Baterai Besar dengan Fast Charging 33W

Poco F3 dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar 4.520 mAh yang dapat bertahan sepanjang hari. Perangkat ini juga mendukung fast charging 33W, sehingga Anda tidak perlu menunggu terlalu lama saat mengisi daya.

7. Dukungan NFC

Poco F3 telah dilengkapi dengan fitur NFC, yang menjadi salah satu fitur yang dicari banyak orang saat membeli smartphone baru. Dengan dukungan NFC, Anda dapat melakukan transfer data atau pembayaran digital dengan mudah menggunakan smartphone ini.

Itulah beberapa kelebihan Poco F3 yang membuatnya menonjol di antara ponsel lainnya. Dengan kombinasi fitur-fitur unggulan dan harga yang terjangkau, Poco F3 menjadi pilihan menarik untuk dipertimbangkan.

Kekurangan Poco F3

Setelah membahas kelebihannya, tentunya Anda akan tertarik dengan Poco F3. Namun, penting untuk mempertimbangkan beberapa kekurangan perangkat ini agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut adalah beberapa kekurangan Poco F3 yang perlu dipertimbangkan:

1. Tidak Ada Sensor Sidik Jari In-display

Meskipun layar Poco F3 sangat menarik secara visual dan dilengkapi dengan proteksi dan fitur-fitur canggih, sayangnya Poco tidak menyertakan sensor sidik jari in-display pada layar ini. Sebagai gantinya, Poco F3 menggunakan sensor sidik jari samping. Hal ini sedikit mengecewakan mengingat sebagian besar ponsel kelas menengah saat ini sudah menggunakan sensor sidik jari in-display, terutama pada layar AMOLED.

2. Tidak Ada Jack Audio 3.5mm

Poco F3 juga tidak dilengkapi dengan jack audio 3.5mm. Hal ini berarti Anda tidak dapat menggunakan headphone dengan jack 3.5mm langsung pada perangkat ini. Anda perlu menggunakan adaptor USB-C-to-3.5mm jika Anda ingin mendengarkan audio melalui headphone tradisional.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, secara keseluruhan Poco F3 masih menawarkan spesifikasi yang menarik. Meskipun terdapat beberapa kekurangan teknis kecil, hal-hal tersebut dapat ditoleransi. Jika dibandingkan dengan pesaingnya pada kisaran harga yang sama, Poco F3 merupakan pilihan yang layak dan dapat menjadi pilihan utama. Apakah Anda setuju dengan pendapat ini atau Anda memiliki rekomendasi lain?

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.