Sebelum Beli, Cek Dulu 8 Kelebihan dan Kekurangan Poco C40

 Halo, penggemar Xiaomi! Jika Anda mencari smartphone terjangkau yang menggoda dengan fitur-fitur unggulan, maka Poco C40 adalah pilihan yang tepat. Xiaomi terus mengejutkan pasar dengan menghadirkan smartphone berkualitas, dan sub-brand Poco fokus memaksimalkan potensi pasar entry-level di Indonesia.

POCO C40
Spesifikasi POCO C40
  • Tahun Rilis : 2022
  • Layar : 6.71 inci IPS LCD 60Hz
  • Chipset : JLQ JR510
  • GPU : Mali-G57 MC1
  • Internal : 3GB/4GB 32GB/64GB
  • Eksternal : Ada (Slot khusus)
  • Kamera Belakang : 13 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 5 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh
  • Harga : Rp 1.199.000

Selengkapnya : Spesifikasi Lengkap POCO C40

Mari kita lihat lebih dekat tentang Poco C40 dan mengapa ia bisa menjadi pilihan yang menarik!

Kelebihan Poco C40

Ponsel entry-level memiliki ciri khas fitur-fitur dasar yang mendukung tugas harian dengan mudah. Nah, bagaimana Poco C40 menawarkan kelebihannya untuk bisa mengungguli para rivalnya? Berikut sederet kelebihan yang akan kalian dapatkan.

Sertifikasi Rating IP52

Siapa sangka sebuah smartphone dengan harga 1 jutaan sudah memiliki sertifikasi rating IP52? Xiaomi memberikan hadiah mengejutkan dengan memberikan Poco C40 perlindungan yang handal untuk digunakan dalam jangka waktu lama. Sertifikasi rating IP52 membuat Poco C40 tahan air dan mampu bertahan bahkan saat digunakan dalam hujan ringan.

Layar Besar untuk Kepuasan Visual

Bagi Anda yang menyukai layar besar pada smartphone, Poco C40 menghadirkannya dengan layar seluas 6.71 inci. Meskipun menggunakan resolusi HD Plus (720 x 1650 piksel), visualisasi game dan konten streaming favorit Anda tetap terasa mengagumkan. Xiaomi juga melindungi layarnya dengan lapisan Corning Gorilla Glass, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang goresan halus atau keretakan.

Performa Dapat Diandalkan

Berbicara tentang performa, Poco C40 tidak menggunakan chipset mainstream seperti MediaTek atau Qualcomm. Sebaliknya, ia mempercayakan chip JLQ JR510 yang belum banyak dikenal di industri smartphone.

Meski begitu, jangan meremehkan kekuatannya. Prosesor JR510 dari JLQ hadir dengan CPU Octa-core, yang terdiri dari empat inti ARM A55 berkecepatan 2 GHz dan empat inti ARM A55 dengan kecepatan 1.5 GHz.

Dilengkapi dengan GPU Mali G52, perangkat ini menawarkan kinerja standar yang cukup untuk penggunaan sehari-hari. Semua komponen chip tersebut dijalankan melalui proses fabrikasi 11 nanometer, menjamin keseimbangan daya dan efisiensi.

Baterai Jumbo dengan Fast Charging 18W

Salah satu daya tarik utama Poco C40 adalah baterainya yang berkapasitas jumbo, yaitu 6.000 mAh. Dengan daya sebesar ini, Anda dapat dengan nyaman menggunakan perangkat ini berjam-jam tanpa khawatir kehabisan daya.

Dalam satu kali pengisian daya, Poco C40 dapat bertahan hingga 32 jam menelepon, 86 jam pemutaran musik, 20 jam pemutaran video, dan 17 jam navigasi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengisi daya lebih efisien dengan dukungan teknologi fast charging hingga 18W.

Desain Menarik dan Nyaman Digenggam

Poco C40 tidak hanya menonjolkan spesifikasi, tetapi juga desain yang menarik. Dengan tekstur panel belakang yang mirip dengan kulit sintetis, perangkat ini tidak terlihat monoton dan memberikan pengalaman digenggam yang nyaman dengan satu tangan. Selain itu, tersedia tiga variasi warna yang segar dan dinamis, yaitu Poco Yellow, Power Black, dan Coral Green, sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan mood Anda.

Penyimpanan Luas dengan Slot MicroSD

Poco C40 hadir dalam varian konfigurasi tertinggi dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB, dengan harga banderol yang sangat terjangkau. Xiaomi juga menyertakan slot microSD khusus yang memungkinkan Anda untuk mengembangkan penyimpanan eksternal hingga 1 TB. Jadi, Anda bisa leluasa menyimpan lebih banyak file dan aplikasi tanpa khawatir kehabisan ruang.

Kekurangan Poco C40

Sebagai smartphone entry-level, tentu saja Poco C40 memiliki beberapa kekurangan. Pertimbangkan dua kekurangannya berikut ini untuk menentukan apakah smartphone ini masih worth it untuk kalian.

Setup Kamera yang Tidak Cukup Bersaing

Xiaomi memangkas spesifikasi kamera Poco C40 untuk menjaga harga tetap terjangkau. Dengan hanya menggunakan setup dual kamera di bagian belakang, Poco C40 memiliki kamera utama 13 MP dan sensor depth 2 MP. Sayangnya, ia kalah bersaing dengan para rivalnya yang menawarkan kamera selfie yang lebih besar. Kamera selfie Poco C40 hanya memiliki resolusi 5 MP, yang mungkin mengecewakan bagi para penggemar selfie.

Charger Bawaan yang Lambat

Sebagai smartphone dengan baterai jumbo, tentu Anda menginginkan pengisi daya yang cepat dan efisien. Sayangnya, Xiaomi hanya menyertakan charger bawaan Poco C40 dengan daya 10W, meskipun perangkat ini mendukung fast charging hingga 18W. Jadi, Anda perlu mengeluarkan budget tambahan untuk mendapatkan charger dengan daya lebih tinggi agar proses pengisian daya lebih cepat.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan Poco C40 yang perlu Anda ketahui. Secara keseluruhan, Poco C40 merupakan pilihan yang menarik bagi Anda yang membutuhkan smartphone dengan mobilitas tinggi dan daya tahan baterai yang jumbo. Dengan fitur-fitur unggulannya, Poco C40 dapat menjadi daily driver yang andal di segmen entry-level. Jadi, jika Anda mencari smartphone yang menawarkan keunikan dan kenyamanan tanpa menguras kantong, Poco C40 adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.