Harga Samsung Galaxy A73 5G Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy A73 5G

Fitur Unggulan


  • Layar Super AMOLED+ yang cerah dan memukau dengan refresh rate 120Hz
  • Hadir dengan sertifikasi IP67
  • Disematkannya chipset Snapdragon 778 yang gahar
  • Konektivitas 5G, WiFi 6, Bluetooth 5.0 dan NFC
  • Kamera 108 MP dan kamera selfie 32 MP, mampu merekam hingga resolusi 4K

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A73 5G

Spesifikasi Samsung Galaxy A73 5G

Umum
RilisApril 2022
JaringanGSM, HSPA, LTE, 5G
SIM CardHybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat181 gram
Dimensi163.7 x 76.1 x 7.6 mm
Material-
WarnaGray, Mint, White

Layar
TipeSuper AMOLED Plus, 120Hz
Ukuran6.7 inci, ~87.0% rasio layar ke body
Resolusi1080 x 2400 piksel, ~393 ppi

Platform
OSAndroid 12, One UI 4.1
ChipsetQualcomm SM7325 Snapdragon 778G 5G (6 nm)
CPUOcta-core (4x2.4 GHz Kryo 670 & 4x1.8 GHz Kryo 670)
GPUAdreno 642L

Memori
Internal8/128 GB, 8/256 GB
EksternalmicroSDXC

Kamera Belakang
Resolusi 108 MP, f/1.8, (wide), PDAF, OIS 12 MP, f/2.2, (ultrawide) 5 MP, f/2.4, (macro) 5 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash, panorama, HDR
Video4K @30fps, 1080p @30/60fps; gyro-EIS

Kamera Depan
Resolusi32 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/2.8", 0.8┬Ám
FiturHDR
Video4K @30fps, 1080p @30fps

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmTidak ada

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS
RadioTidak spesifik
NFCAda
USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go

Fitur
SensorFingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
LainnyaTidak ada

Baterai
TipeLi-Po, non-removable
Kapasitas5000 mAh
FiturFast charging 25W

Benchmark
AntutuInformasi tidak tersedia

Harga Samsung Galaxy A73 5G

Harga
8/256 GB - Rp 7.800.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Samsung Galaxy A73 5G

Samsung Galaxy A73 5G keluaran tahun berapa?

Samsung A73 5G resmi dirilis pertama kali pada bulan April 2022. Ponsel pintar ini merupakan penerus dari Galaxy A72 yang telah diperkenalkan setahun sebelumnya.

Meskipun harga Samsung Galaxy A73 5G ditempatkan di kelas menengah atau mid-range, saat pertama kali diperkenalkan, smartphone ini diakui memiliki spesifikasi yang setara dengan ponsel flagship.

Bagaimana desain Samsung A73 5G?

Desain Samsung A73 menampilkan kesan minimalis dengan warna pastel yang lembut. Bagian belakangnya tampak polos tanpa gradasi atau corak apapun, dan desainnya secara umum identik dengan seri sebelumnya, yaitu Samsung A72.

Bagian belakang ponsel ini menampilkan modul kamera 4 lensa yang disusun rapi secara vertikal. Meskipun modul kamera ini sedikit menonjol, tepiannya dirancang landai sehingga terlihat lebih menyatu dengan bodi ponsel. Di bagian depan, Galaxy A73 5G mengadopsi desain punch hole dan bezel yang cukup minimalis.

Bodi Samsung A73 5G secara keseluruhan terbuat dari plastik. Meskipun demikian, ponsel ini tidak licin saat dipegang karena bagian belakangnya menggunakan plastik dengan tekstur matte. Tekstur ini juga membantu mencegah bekas sidik jari ketika memegang ponsel.

Dari segi ukuran, Samsung A73 hadir dengan dimensi 163.7 x 76.1 x 7.6 mm dan berbobot 181 gram. Meskipun ukurannya cukup besar, bobotnya lebih ringan dibandingkan dengan pendahulunya, Samsung A72.

Penempatan fitur pada Samsung A73 tidak jauh berbeda dari seri lainnya. Di sisi kanan terdapat tombol pengatur volume dan tombol power, sedangkan sisi kiri terlihat polos karena SIM tray ditempatkan di bagian atas.

Pada bagian belakang, terdapat tiga lensa kamera dan LED flash, sementara bagian bawahnya dilengkapi dengan lubang speaker, mikrofon, dan port USB Type-C. Sayangnya, audio jack 3.5 mm telah dihilangkan pada seri ini. Meski ini merupakan kekurangan yang disayangkan, pengguna masih dapat menggunakan adaptor tambahan atau headset Bluetooth yang lebih kompak.

Samsung A73 5G tersedia dalam warna apa saja?

Sebagai opsi, Galaxy A73 5G hadir dalam tiga varian warna yang berbeda. Pilihan yang dapat dipilih termasuk Awesome Mint, Awesome Gray, dan Awesome White.

Apakah Samsung Galaxy A73 5G tahan air?

Samsung Galaxy A73 5G telah mendapatkan sertifikasi IP67, menunjukkan kemampuannya untuk tahan terhadap air dan debu. Dengan sertifikasi ini, smartphone ini dapat tetap berfungsi dalam air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Namun, penting untuk diingat bahwa sertifikasi IP67 hanya mencakup ketahanan terhadap air tawar. Oleh karena itu, sebaiknya tidak menggunakan smartphone ini di air laut.

Berapa inci layar Samsung A73 5G?

Samsung Galaxy A73 5G menghadirkan layar seluas 6,7 inci yang terkesan luas, terutama dengan desain punch hole yang diterapkannya.

Selain memiliki dimensi layar yang besar, tampilan ponsel ini juga sangat memuaskan berkat penggunaan panel Super AMOLED Plus. Pilihan panel ini memberikan pengguna pengalaman visual yang tajam dan jernih, menyuguhkan gambar dan konten dengan kualitas yang istimewa.

Spesifikasi layarnya mencakup resolusi 1080 x 2400 piksel dengan refresh rate 120 Hz. Keunggulan refresh rate yang tinggi ini memberikan pengalaman navigasi menu dan perpindahan antar-aplikasi yang sangat mulus dan lancar. Hal yang sama berlaku ketika menonton video atau film, memberikan pengalaman visual yang lebih memikat.

Apakah layar Samsung A73 5G ada proteksi Gorilla Glass?

Samsung Galaxy A73 5G telah dilengkapi dengan layar yang dilindungi oleh Gorilla Glass 5. Pelapisan ini diakui mampu memberikan perlindungan, menjaga agar layarnya tidak rentan terhadap goresan dan retak, bahkan ketika mengalami jatuh dari ketinggian 1,2 meter.

Berapa RAM dan memori internal Samsung A73 5G?

Samsung A73 5G hadir dalam dua varian RAM, yaitu 6 GB dan 8 GB. Kapasitas RAM ini dapat ditingkatkan hingga 8 GB melalui fitur RAM Plus, sehingga total kapasitas RAM yang dapat dinikmati mencapai 16 GB.

Dengan spesifikasi RAM yang besar, ponsel ini menjadi lebih handal dalam menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Jika menginginkan performa multitasking yang lebih optimal, disarankan untuk memilih varian RAM 8 GB, meskipun perlu diingat bahwa harga Samsung Galaxy A73 5G dengan RAM 8 GB kemungkinan lebih tinggi dibanding varian RAM 6 GB.

Untuk penyimpanan internal, HP Samsung ini tersedia dalam kapasitas 128 GB dan 256 GB. Spesifikasi ini juga mendukung penggunaan kartu microSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan hingga mencapai 1 TB.

Samsung A73 5G pakai OS Android versi berapa?

Ketika diluncurkan, Samsung Galaxy A73 5G beroperasi dengan sistem operasi Android 12 dan antarmuka One UI 4.1. Samsung menjamin pembaruan sistem operasinya akan disediakan selama 4 tahun, sementara pembaruan keamanan akan dijaga hingga 5 tahun sejak tanggal rilisnya.

Android 12 membawa berbagai fitur menarik, termasuk desain Material You yang dapat disesuaikan, tata letak Widget baru yang lebih intuitif dan atraktif, serta fitur Scrolling Screenshots untuk menangkap layar Full Screen. Di sisi lain, One UI 4.1 memberikan pembaruan fitur favorit seperti peningkatan pada antarmuka pengguna, Smart Widget, dan pembaruan pada Gallery serta Photo Editor.

Chipset apa yang disematkan di HP Samsung A73 5G?

Galaxy A73 5G menggunakan chipset Snapdragon 778 5G yang terkenal cepat dan efisien daya untuk kelas harga yang ditawarkannya. Dapur pacunya mencakup CPU Octa-core (1x2.4 GHz Cortex-A78 & 3x2.2 GHz Cortex-A78 & 4x1.9 GHz Cortex-A55) dan GPU Adreno 642L.

Berdasarkan pengujian AnTuTu, performa Samsung A73 5G mencapai poin tinggi sebesar 524.005. Meskipun performa Snapdragon 778G ini tidak sekuat seri 888/888+ di kelas flagship, namun tetap memberikan kekuatan yang cukup untuk kebutuhan aktivitas harian.

Ponsel ini menyajikan pengalaman multitasking yang mulus, memungkinkan perpindahan antar-aplikasi tanpa lagging atau delay. Hal ini juga berlaku saat membuka aplikasi seperti Chrome, Instagram, dan lainnya. Dengan performa yang diberikan, Galaxy A73 5G dapat dianggap cukup unggul untuk kelas harga yang ditawarkan.

Apakah Samsung A73 5G cocok buat gaming?

Meskipun tidak dipasarkan sebagai ponsel gaming, spesifikasi Samsung Galaxy A73 5G masih memberikan kinerja yang layak untuk bermain game kasual. Game ringan seperti Mobile Legends dapat dijalankan dengan lancar, sementara game berat seperti Genshin Impact dapat berjalan dengan baik dan mulus pada pengaturan grafis rendah (low).

Namun, dalam beberapa ulasan, terungkap bahwa suhu Galaxy A73 5G mencapai sekitar 42,7 derajat Celsius setelah digunakan untuk bermain selama 5 menit. Suhu yang cukup tinggi ini menjadi perhatian, terutama mengingat bahwa ponsel ini tidak dilengkapi dengan sistem pendingin tambahan seperti ponsel gaming lainnya.

Meskipun demikian, pengalaman bermain game dapat dioptimalkan dengan sejumlah fitur yang telah disematkan. Sebagai contoh, dengan mengaktifkan mode Priority pada Game Booster, panggilan dan notifikasi akan diblokir untuk meningkatkan fokus saat bermain game. Fitur ini juga mempercepat kinerja game dengan menutup aplikasi lain dan mengalihkan daya ke game yang sedang dimainkan.

Apakah hasil kamera Samsung Galaxy A73 5G bagus?

Kamera Galaxy A73 5G menunjukkan hasil yang sangat baik, terutama pada kamera utama dengan resolusi 108 MP. Dalam kondisi cahaya yang cukup, baik di dalam maupun di luar ruangan, kamera utama 108 MP dalam mode normal mampu mengabadikan warna dan detail objek dengan jelas.

Meskipun dalam situasi minim cahaya, kamera utama masih dapat menghasilkan gambar yang detail dengan saturasi tinggi. Fitur night mode yang disematkan pada spesifikasi kamera juga dapat meningkatkan kualitas foto di kondisi cahaya minim, menghasilkan gambar yang lebih tajam, detail, dan terang.

Selain night mode, kamera ini dilengkapi dengan fitur stabilisasi OIS yang membantu mengurangi potensi blur akibat guncangan tangan saat memotret. OIS berusaha menjaga stabilitas pemotretan, bahkan saat pengguna sedang bergerak.

Selain kamera utama 108 MP, kamera belakang Samsung A73 5G dilengkapi dengan tiga kamera tambahan yang dapat digunakan untuk memotret berbagai jenis foto. Lensa kamera ultra wide 12 MP memungkinkan pemotretan pemandangan dengan hasil yang memuaskan. Untuk pecinta fotografi makro, lensa makro 5 MP pada A73 menghasilkan gambar yang mengesankan dengan efek blur dramatis dari kolaborasi lensa makro dan depth sensor 5 MP.

Untuk kamera selfie, Samsung A73 5G memiliki resolusi 32 MP. Kamera selfie ini tidak kalah dengan kamera belakang, mampu menghasilkan foto yang detail dan tajam.

Apakah Samsung A73 5G mendukung perekaman video 4K?

Baik pada kamera belakang maupun depan, keduanya dapat merekam video dengan resolusi 4K pada kecepatan 30 FPS. Spesifikasinya juga telah dilengkapi dengan gyro-EIS untuk menjaga stabilitas video dan mencegah efek blur. Video tampak sangat detail, terutama saat merekam di siang hari dengan kondisi cahaya yang baik.

Berapa kali zoom di kamera Samsung Galaxy A73 5G?

Baik pada kamera belakang maupun depan, keduanya dapat merekam video dengan resolusi 4K pada kecepatan 30 FPS. Spesifikasinya juga telah dilengkapi dengan gyro-EIS untuk menjaga stabilitas video dan mencegah efek blur. Video tampak sangat detail, terutama saat merekam di siang hari dengan kondisi cahaya yang baik.

Berapa mAh baterai Samsung A73 5G?

Baterai Samsung Galaxy A73 5G memiliki kapasitas yang cukup besar, yakni 5000 mAh. Berdasarkan data pada "battery usage," jika ponsel ini dalam keadaan daya penuh 100%, mampu bertahan selama hampir 12 jam dengan screen on time lebih dari 10 jam.

Performa ini hampir serupa dengan seri pendahulunya, sehingga dapat dikatakan tidak ada peningkatan yang signifikan. Namun, kamu dapat memaksimalkan ketahanan baterai dengan mengaktifkan fitur Power Saving. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mematikan mode Always On Display, mengurangi konsumsi baterai dari CPU hingga 70%, menonaktifkan jaringan 5G, dan mematikan aktivitas latar belakang aplikasi untuk menghemat baterai.

Apakah Samsung A73 5G mendukung pengisian cepat?

Untuk pengisian dayanya, Samsung Galaxy A73 sudah dilengkapi dengan fitur fast charging 25W. Dengan fitur ini, waktu yang diperlukan sekitar 30 menit untuk mengisi daya hingga 50%, dan sekitar 90 menit untuk mengisi daya hingga penuh 100%.

Meskipun sudah cukup cepat, teknologi fast charging 25W ini sebenarnya bukan yang terbaik dalam kelas harga Samsung Galaxy A73. Beberapa pesaing menawarkan dukungan pengisian daya cepat hingga 65W.

Apakah Samsung Galaxy A73 5G bisa wireless charging?

Galaxy A73 5G tidak dilengkapi dengan fitur wireless charging. Bahkan, ponsel ini tidak menyertakan kabel dan adapter charger dalam paket penjualannya. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan charger dari ponsel sebelumnya atau membeli charger baru secara terpisah.

Apakah Samsung A73 5G ada NFC?

Samsung A73 5G sudah dilengkapi dengan fitur NFC. Fitur ini dapat digunakan untuk mentransfer data secara nirkabel dan juga untuk melakukan pembayaran elektronik.

Apakah Samsung Galaxy A73 5G bisa dual SIM?

Samsung A73 5G mendukung penggunaan dual SIM pada jaringan seluler 2G/3G/4G/5G. Namun, sayangnya, slot yang digunakan masih bersifat Hybrid, sehingga tidak memungkinkan penggunaan dua kartu SIM dan satu kartu MicroSD secara bersamaan.

Bagaimana kualitas audio Samsung A73 5G?

Dengan konfigurasi dual speaker yang dimilikinya, ponsel ini mampu menghasilkan kualitas suara yang jernih dan nyaman di telinga. Bermain game atau menonton video favorit dari ponsel terasa semakin memuaskan dengan kualitas audio yang diberikan.

Apakah Samsung A73 5G ada sensor sidik jari?

Samsung A73 5G sudah dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang terintegrasi di layar ponsel. Pemindai sidik jari ini responsif dan mudah digunakan. Selain fitur tersebut, ponsel Samsung ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya, termasuk Bluetooth 5.0, dan konektivitas WiFi 802.11 a/b/g/n/ac/ax.

Apakah Samsung A73 5G sudah pakai USB Type-C?

Samsung telah melengkapi Galaxy A73 5G dengan port USB Type-C 2.0. Jenis port USB Type-C ini memiliki kemampuan transfer data dan pengisian daya yang termasuk cepat.

Galaxy A73 5G juga mendukung fitur OTG (On-The-Go). Ini berarti kamu dapat menghubungkan perangkat lain ke smartphone ini menggunakan kabel USB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.