Harga Xiaomi Redmi 9 Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Redmi 9

Fitur Unggulan


  • Layar Full HD+ yang jarang hadir untuk ponsel di kelasnya
  • AI Quad Camera
  • Performa oke untuk kelas harganya
  • Sertifikasi Widevine L1, bisa nonton Netflix dengan resolusi HD
  • Daya tahan baterai yang lama berkat baterai jumbo 5020 mAh

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9

Spesifikasi Redmi 9

Umum
RilisJuni 2020
JaringanGSM, HSPA, LTE
SIM CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat198 gram
Dimensi163,3 x 77 x 9,1 mm
MaterialDepan Gorilla Glass 3, Belakang Plastik, Bingkai Plastik
WarnaCarbon Gray, Sunset Purple, Ocean Green, Pink/Blue

Layar
TipeIPS LCD
Ukuran6,53 inci, ~ 83,2% rasio layar ke body
Resolusi1080 x 2340 piksel, rasio 19.5:9, ~395 ppi

Platform
OSAndroid 10, MIUI 11
ChipsetMediatek MT6769V/CU Helio G80 (12 nm)
CPUOcta-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G52 MC2

Memori
Internal3/32 GB, 4/64 GB, 4/128 GB, 6/128 GB
JeniseMMC 5.1
EksternalTersedia slot khusus microSDXC

Kamera Belakang
Resolusi 13 MP, f/2.2, 28mm (wide), 1/3.1", 1.12µm, PDAF 8 MP, f/2.2, 118˚ (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm 5 MP, f/2.4, (macro) 2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash, HDR, panorama
Video1080P @30fps

Kamera Depan
Resolusi8 MP, f/2.0, 27mm (wide), 1/4.0", 1.12µm
FiturHDR
Video1080P @30fps

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmAda

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS, BDS
RadioWireless FM Radio
NFCAda (Tergantung wilayah)
USBUSB Type-C 2.0, USB On-The-Go

Fitur
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
LainnyaTidak ada

Baterai
TipeLi-Po, non-removable
Kapasitas5020 mAh
FiturFast charging 18W

Benchmark
Antutu (v8)201.829

Harga Redmi 9

Harga
3/32 GB - Rp 1.550.000 6/64 GB - Rp 1.650.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Xiaomi Redmi 9

Xiaomi Redmi 9 keluaran tahun berapa?

Redmi 9 pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada bulan Juli 2020. Peluncurannya bersamaan dengan pengenalan MIUI 12 dan Poco F2 Pro. Pada awal perilisannya, Xiaomi Redmi 9 dijual dengan harga kelas menengah ke bawah.

Bagaimana desain Xiaomi Redmi 9?

Desain HP Xiaomi ini mengusung gaya minimalis yang elegan. Pada bagian belakangnya, terdapat modul kamera utama yang disusun secara memanjang ke arah bawah.

Tekstur bodinya dirancang agar tidak terlalu licin, membantu mencegah terjadinya bekas sidik jari yang menempel. Xiaomi juga menambahkan sentuhan gradasi warna pada bodi ponsel, memberikan tampilan yang lebih menarik.

Pindah ke bagian depan, ponsel ini menggunakan desain waterdrop notch untuk kamera depannya. Kamera selfie ini juga berfungsi sebagai Face Unlock, memungkinkan pengguna membuka kunci ponsel dengan deteksi wajah.

Secara keseluruhan, tampilan fisik ponsel ini terlihat elegan dan tipis. Dimensinya mencapai 163.3 x 77 x 9.1 mm, dengan bobot sekitar 198 gram.

Untuk penempatan fitur, port USB-C untuk pengisian daya terletak di bagian bawah smartphone, menggantikan penggunaan port micro-USB. Di sekitar port USB-C, terdapat speaker, mikrofon, dan jack audio 3.5 mm.

Di bagian atas ponsel, terdapat IR sensor atau infrared yang dapat digunakan sebagai remote control, dan juga mikrofon kedua. Di sisi kanan ponsel, terdapat tombol Power dan tombol Volume yang mudah dijangkau dengan satu tangan. Sementara di sebelah kiri, terdapat tiga slot kartu, dua untuk kartu SIM, dan satu untuk kartu microSD.

HP Xiaomi Redmi 9 ada warna apa saja?

Pada saat peluncurannya, Redmi Note 9 ditawarkan dalam opsi warna Carbon Gray, Sunset Purple, dan Ocean Green. Beberapa bulan setelahnya, Xiaomi memperkenalkan varian warna tambahan, yaitu Lunar Gold pada bulan November 2020. Warna Lunar Gold ini, dengan kombinasi keunguan, menciptakan simbolisasi pertemuan cahaya bulan dan keemasan matahari terbit. Sebuah pilihan warna yang menarik, bukan?

Apakah Redmi 9 tahan air?

Xiaomi tidak menyediakan sertifikasi tahan air dan debu untuk ponsel ini. Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian ekstra saat menggunakan ponsel di sekitar air.

Berapa inci ukuran layar HP Redmi 9?

Smartphone ini memiliki layar sebesar 6,53 inci, memberikan pengalaman menonton video yang lebih imersif. Layar yang digunakan adalah tipe IPS LCD dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2340 piksel dan kerapatan piksel sebesar 395 ppi, menghasilkan tampilan yang tajam dan jernih.

Spesifikasi layarnya juga mencakup Widevine L1 DRM, memungkinkan pengguna untuk menikmati konten multimedia dalam resolusi 1080p. Namun, kecerahan maksimal layarnya terbatas pada 330 nits.

Meskipun demikian, pengguna dapat mengaktifkan opsi Kecerahan Otomatis, yang dapat meningkatkan kecerahan hingga 420 nits dalam kondisi pencahayaan yang cukup terang. Kecerahan minimum pada layar putih mencapai 1,4 nit, cocok untuk membaca di malam hari.

Dalam hal fitur layar, Redmi seri 9 dilengkapi dengan perlindungan mata dari sinar biru untuk mengurangi kelelahan mata. Selain itu, terdapat lapisan Gorilla Glass 3 yang melindungi layar dari goresan ringan.

Berapa kapasitas RAM Redmi 9?

RAM pada Xiaomi Redmi 9 tersedia dalam dua pilihan. Pertama, terdapat varian dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB. Sementara varian kedua adalah Redmi 9 dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Pemilihan varian dapat disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan pengguna. Jika menginginkan pengalaman multitasking yang lebih lancar, disarankan untuk memilih spesifikasi RAM yang lebih besar.

Untuk kapasitas penyimpanan, masih ada opsi untuk memperluasnya menggunakan kartu memori eksternal hingga 512GB. Xiaomi menyediakan slot micro SD yang terletak di bagian samping kiri smartphone.

Xiaomi Redmi 9 pakai chipset apa?

Xiaomi menggunakan chipset MediaTek Helio G80 pada Redmi 9. Dapur pacu tersebut dilengkapi dengan CPU Octa-core dan GPU Mali-G52 MC2. Kombinasi spesifikasi ini membuat performa ponsel cukup kuat dan stabil, serta berjalan lebih efisien dan cepat dibandingkan dengan chipset generasi sebelumnya.

Selain performa yang impresif, smartphone ini juga tidak cenderung menghasilkan panas yang mengganggu dalam penggunaan normal seperti menelusuri media sosial, menjawab pesan, atau menjelajahi internet secara ringan. Namun, jika digunakan untuk bermain game dalam waktu yang lama, mungkin akan terasa sedikit panas seiring dengan peningkatan durasi penggunaan.

Dalam uji benchmark, Xiaomi Redmi 9 berhasil mencetak skor yang baik, bahkan melebihi skor ponsel sekelasnya. Ponsel ini mencapai skor AnTuTu antara 149.000 hingga 201.829, walaupun hasil tersebut dapat bervariasi tergantung pada kapasitas RAM dan penyimpanan internal dari Redmi 9 yang dimiliki.

Apakah HP Redmi 9 cocok buat gaming?

Xiaomi Redmi 9 masuk ke dalam kategori ponsel harga terjangkau yang sangat cocok untuk bermain game kasual. Ponsel ini mampu memberikan pengalaman bermain game yang memuaskan untuk berbagai judul, seperti PUBG Mobile, Mobile Legends: Bang Bang, Call of Duty Mobile, Free Fire, dan Among Us, semuanya dalam kisaran harga yang terjangkau.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa performa saat bermain game dapat bervariasi tergantung pada jenis game yang dimainkan. Untuk game yang lebih berat, disarankan untuk mengatur pengaturan grafis ke mode standar atau bahkan lebih rendah agar dapat menikmati performa yang lebih lancar.

Xiaomi Redmi 9 pakai Android berapa?

Redmi 9 dilengkapi dengan sistem operasi Android 10 saat pertama kali diluncurkan. Sistem operasi ini menawarkan beberapa fitur unggulan, termasuk Dark Mode yang cocok untuk pengguna yang menyukai tampilan gelap pada ponsel. Selain itu, terdapat fitur Smart Reply yang memudahkan pengguna untuk membalas pesan langsung dari bilah notifikasi tanpa perlu membuka aplikasi obrolan.

Xiaomi juga memberikan dukungan untuk mengupgrade sistem operasi pada seri smartphone ini. Pengguna dapat meningkatkan sistem operasinya hingga Android 12, yang membawa sejumlah fitur baru seperti pembaruan desain widget, scrolling screenshots, cara baru untuk mengaktifkan Google Assistant, dan banyak lagi.

Sementara untuk antarmuka, Xiaomi Redmi 9 menggunakan antarmuka MIUI 13. Antarmuka ini menawarkan beberapa fitur andalan, termasuk desain widget yang lebih menarik dari versi sebelumnya, font yang estetis, serta pilihan wallpaper dinamis baru yang beragam.

MIUI 13 juga membawa perbaikan dalam performa. Fitur seperti Focused Algorithms, Liquid Storage, dan Atomized Memory meningkatkan kemampuan ponsel dalam menjalankan aplikasi inti dan memastikan kinerja yang baik, terutama saat membuka aplikasi berat.

Xiaomi juga memperkenalkan fitur Game Turbo yang secara otomatis meningkatkan tampilan grafis dan performa keseluruhan saat bermain game. Selain itu, sensitivitas dan responsivitas layar sentuh juga ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan pengguna selama bermain game.

Berapa MP resolusi kamera Redmi 9?

Redmi 9 dilengkapi dengan dukungan kamera quad yang terdiri dari kamera utama 13 MP, kamera ultra wide 8 MP (f/2.2, 118˚), kamera makro 5 MP (f/2.4), dan sensor kedalaman 2 MP (f/2.4). Untuk kamera depan, Xiaomi menyematkan kamera beresolusi 8 MP dengan bukaan f/2.0.

Dari segi konfigurasi, sistem kamera yang digunakan sangat lengkap. Kamera ultra wide membantu dalam pengambilan gambar dengan sudut pandang yang lebih luas. Lensa makro mendukung pemotretan objek dari jarak dekat, sementara sensor kedalaman memberikan kemampuan untuk menghasilkan efek bokeh yang sempurna.

Apakah hasil kamera Redmi 9 bagus?

Untuk ponsel kelas harga Xiaomi Redmi 9, kemampuan kameranya dapat dianggap bagus. Ponsel ini mampu menghasilkan foto yang memadai, terutama dalam kondisi di luar ruangan di mana warna yang dihasilkan terlihat tajam dan detailnya terlihat dengan baik.

Kamera pada smartphone ini juga dapat menghasilkan gambar yang baik dalam mode Potret, dan tersedia mode Pro bagi penggemar fotografi yang ingin mengontrol ISO dan white balance.

Sensor ultrawide 8MP dapat dimanfaatkan untuk mengambil foto pemandangan dengan warna yang cukup akurat. Namun, ponsel ini tidak dilengkapi dengan mode malam, sehingga kondisi cahaya yang cukup diperlukan untuk menghasilkan foto yang baik pada malam hari.

Pada kondisi pengambilan foto di malam hari, mungkin terdapat banyak noise, namun AI bawaan dapat membantu dengan mengenali pemandangan, makanan, dan orang. AI ini juga dapat mengenali situasi minim cahaya dan membantu meningkatkan kualitas gambar.

Kamera selfie 8MP juga dapat digunakan untuk mengambil foto Potret dengan menggunakan deteksi wajah dan fotografi komputasional karena ketiadaan sensor kedalaman di kamera depannya.

Hasil foto Potret cukup bagus meskipun tanpa adanya sensor kedalaman. Kamera depan juga dilengkapi dengan mode palm shutter yang dapat mengaktifkan timer kamera saat telapak tangan terdeteksi di dalam frame.

Untuk rekaman video, ponsel ini mendukung resolusi hingga 1080p@30fps, baik untuk kamera belakang 13MP maupun kamera depan 8MP. Meskipun tidak dilengkapi dengan mode 4K dan perekaman 60 fps, kualitas videonya cukup detail untuk kelas harganya.

Warna pada video juga tidak mengecewakan dengan tingkat noise yang rendah dan dynamic range yang cukup baik. Sayangnya, ponsel ini tidak memiliki electronic stabilization, sehingga hasil video saat perekaman yang bergerak cenderung agak bergetar.

Berapa mAh kapasitas baterai Redmi 9?

Spesifikasi HP ini menggunakan baterai berkapasitas 5020 mAh, yang dapat dianggap cukup besar untuk kelasnya.

Dengan kapasitas baterainya yang mencapai itu, ponsel ini mampu memutar musik selama 185 jam, sementara daya tahannya dapat bertahan hingga 31 jam untuk kegiatan panggilan telepon terus menerus. Untuk pemutaran video, baterainya dapat bertahan selama lebih dari 19 jam.

Apakah Redmi 9 ada teknologi fast charging?

Ya, ponsel ini telah dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat 18W menggunakan kabel USB Type-C. Dengan teknologi ini, pengguna dapat mengisi daya baterai hingga penuh dalam waktu 2 jam 23 menit.

Namun, penting untuk diingat bahwa charger bawaan yang disertakan dalam kotak penjualan hanya mendukung pengisian daya 10W. Pengguna perlu membeli charger tambahan yang kompatibel dengan teknologi fast charging agar dapat menikmati fitur tersebut.

Apakah HP Xiaomi Redmi 9 ada sidik jari?

Ya, ponsel ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang, dekat dengan kamera utama.

Apakah Xiaomi Redmi 9 punya NFC?

Sayangnya, Xiaomi tidak menyertakan fitur NFC pada Redmi 9 yang diluncurkan di Indonesia. Pihak Xiaomi menyatakan bahwa fitur ini harus dihilangkan karena berkaitan dengan biaya produksi, mengingat harga Redmi 9 yang cukup terjangkau.

Apakah HP Xiaomi Redmi 9 sudah 5G?

Spesifikasi Redmi 9 belum mendukung jaringan 5G. Namun, pengguna masih dapat menikmati koneksi jaringan 4G LTE, GSM, dan HSPA pada ponsel ini.

Apakah Redmi 9 bisa dual SIM?

Ya, smartphone ini telah dilengkapi dengan tiga slot kartu yang mendukung penggunaan dua kartu SIM dan satu kartu memori eksternal secara bersamaan. Slot untuk kartu SIM dapat digunakan untuk tipe kartu Nano-SIM.

Apa itu IR Blaster di Xiaomi Redmi 9?

IR Blaster merupakan fitur yang memungkinkan Anda menggunakan ponsel ini sebagai remote. Misalnya, sebagai pengganti remote TV, AC, atau perangkat lain yang dilengkapi dengan sensor inframerah.

Apakah Redmi 9 ada stereo speaker?

Tidak, ponsel ini hanya memiliki satu speaker di bagian bawah, berdekatan dengan port USB Type-C.

Kualitas audio dari speaker terdengar standar. Namun, jika Anda ingin menikmati kualitas audio yang lebih baik, disarankan untuk menggunakan earphone saat mendengarkan musik.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.