Cara Cek Tipe HP Vivo Terbaru untuk Semua Tipe

Cek Tipe HP Vivo

Ponsel merek Vivo saat ini sedang menjadi pilihan favorit banyak orang. Tidak heran, karena ponsel ini tersedia dengan berbagai rentang harga yang cenderung terjangkau, namun tetap menawarkan kualitas yang baik, terutama dalam hal kamera. Karena banyaknya varian ponsel Vivo dengan desain yang hampir serupa, terkadang sulit untuk membedakan satu tipe dengan yang lain.

Namun, tidak perlu khawatir. Jika suatu saat Anda ingin mengetahui tipe ponsel Vivo yang digunakan oleh orang lain, Anda dapat mengetahuinya dengan cara memeriksa tipe ponsel Vivo, seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Baca juga : Cara Mengubah Font Berbayar Menjadi Gratis Vivo

Cara Cek Tipe HP Vivo Terbaru 

Terdapat beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa dan mengetahui tipe ponsel Vivo. Mulai dari memeriksa kotak kemasan, menggunakan pengaturan ponsel, melibatkan aplikasi, dan metode lainnya. Untuk informasi lebih lanjut dan langkah-langkahnya, silakan simak penjelasan berikut.

1. Cek Melalui Box

Jika ditanya mengenai cara termudah untuk mengetahui tipe ponsel, jawabannya adalah dengan melihat pada bagian kotak kemasan. Paling tidak, pada kotak tersebut Anda dapat menemukan informasi mengenai tipe ponsel Vivo, warna, dan detail lainnya.

Dapat disimpulkan bahwa kotak kemasan bukan hanya sebagai aksesori wajib ponsel, tetapi juga menjadi sumber informasi utama tentang ponsel tersebut. Bahkan ketika membeli ponsel bekas, keberadaan kotak kemasan bersama dengan fasilitas lain seperti charger, earphone, dan sebagainya tetaplah penting.

2. Cek Tipe HP Melalui Pengaturan

Setiap ponsel, termasuk yang diproduksi oleh Vivo, dilengkapi dengan fitur pengaturan. Salah satu cara termudah untuk memeriksa tipe ponsel Vivo adalah melalui pengaturan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka fitur Pengaturan pada ponsel Anda.
  • Gulir layar dan cari menu Pengaturan Lainnya. Ketuk pada menu tersebut.
  • Temukan opsi "Tentang Ponsel" dan dari sana, Anda dapat menemukan segala informasi terkait ponsel Vivo, termasuk tipe dari nomor modelnya.

3. Cek Tipe HP Vivo dengan IMEI

Mengetahui tipe hp Vivo terbaru memiliki kegunaan tertentu, terutama saat ingin mengganti casing atau membeli aksesoris tambahan untuk ponsel. Untuk mendapatkan informasi tentang tipe hp yang sedang digunakan, dapat dilakukan dengan cara memeriksa tipe hp Vivo melalui kode IMEI. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka layar ponsel dan akses menu Dial Up.
  • Pada menu tersebut, ketikkan kode USSD *#06# dan tekan tombol panggil.
  • Tunggu beberapa saat, dan kode IMEI dari hp Vivo yang digunakan akan ditampilkan.
  • Selanjutnya, buka website resmi Vivo di https://www.vivo.com/id/suport/IMEI, lalu masukkan nomor IMEI pada kolom yang tersedia. Klik tombol Kirim dan tunggu sejenak.
  • Informasi tentang tipe hp berdasarkan IMEI yang dimasukkan akan ditampilkan.
  • Dengan cara ini, Anda dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan mengenai tipe hp Vivo yang sedang digunakan.

4. Cek Tipe HP Vivo yang Terkunci

Apabila ponsel tiba-tiba terkunci atau Anda lupa pola layar, namun tetap perlu mengetahui informasi tentang tipe ponsel Vivo, Anda masih bisa melakukannya. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti.

  • Pastikan baterai ponsel Vivo yang terkunci atau lupa pola sudah terisi penuh. Matikan ponsel.
  • Dalam keadaan mati, tekan bersamaan tombol power dan volume up hingga layar masuk ke mode fastboot.
  • Pada mode Recovery, Anda dapat menggunakan opsi untuk membuka kembali layar ponsel Vivo yang terkunci dengan melakukan reset hp Vivo.
  • Pilih opsi wipe data dan hapus semua data pada sistem ponsel.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses reboot selesai dan layar ponsel Vivo menampilkan tampilan seperti baru pertama kali dibeli.
  • Setelah reboot selesai, periksa tipe ponsel Vivo seperti yang dijelaskan sebelumnya, baik melalui menu Pengaturan atau dengan menggunakan nomor IMEI.

Baca juga : Kode Rahasia HP Samsung yang Jarang Diketahui

5. Cek Tipe HP Vivo dengan Aplikasi

Selain menggunakan metode melalui menu Pengaturan atau nomor IMEI, tipe ponsel Vivo dapat juga diketahui melalui bantuan aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa tipe ponsel Vivo menggunakan aplikasi.

  • Buka ponsel dan arahkan ke Play Store.
  • Ketik "CPU-Z" pada kolom pencarian.
  • Unduh aplikasi tersebut hingga selesai.
  • Buka aplikasi CPU-Z dan dari sana, Anda dapat menemukan informasi tentang tipe ponsel Vivo, termasuk detail lainnya.

Selain menggunakan aplikasi CPU-Z, terdapat juga aplikasi lain seperti AIDA64, Device Info HW, Inware, dan Device Info yang memiliki fungsi serupa. Cara penggunaannya pun tidak berbeda jauh dan sangat mudah.

Demikianlah beberapa metode untuk cek tipe ponsel Vivo yang dapat dicoba, mulai dari yang paling mudah dengan menggunakan kotak kemasan hingga yang lebih kompleks ketika ponsel terkunci dengan password atau kode akses. Semoga salah satu langkah di atas dapat membantu Anda menemukan informasi mengenai tipe ponsel Vivo yang sedang digunakan. Selamat mencoba!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.