Cara Menyembunyikan Foto dan Video di HP Oppo Agar tidak Terlihat

Menyembunyikan Foto dan Video di HP Oppo

Agar tetap bisa bersaing dengan merk lainnya, OPPO telah menghadirkan beragam fitur menarik pada smartphone yang akan dirilis. Fitur yang berhubungan dengan privasi pengguna merupakan salah satu fitur yang banyak diminati oleh pengguna OPPO. Dengan adanya fitur ini pengguna tidak perlu khawatir lagi akan privasi mereka.

Privasi pengguna menjadi salah satu fokus OPPO agar pengguna bisa lebih nyaman ketika sedang melakukan aktivitas sehari-hari, baik melakukan pekerjaan maupun menikmati liburan yang santai.

Salah satu fitur Privasi yang menjadi andalan pada ponsel OPPO adalah Private Safe yang memungkinkan kamu dapat menyembunyikan file-file penting, mulai dari foto, dokumen, video, lagu maupun file lainnya.

Dengan adanya fitur ini, orang lain yang ingin meminjam ponsel kamu tidak akan dapat melihat foto maupun video penting secara sembarangan. Selain itu, kamu juga tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga atau tambahan untuk menyembunyikan dokumen atau file lainnya.

Baca juga : Cara Mengubah Ukuran FOnt Tulisan di HP Android

Cara menyembunyikan Foto atau Video di OPPO

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, OPPO sendiri sudah menjadikan fitur privasi ini sebagai fitur bawaan sehingga kamu tidak perlu lagi menginstal aplikasi lain untuk sekedar menyembunyikan foto dan video. Fitur Private Safe ini sudah hadir di tiper terbaru ponsel OPPO. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Settings di HP OPPO.
  2. Masuk ke pengaturan Privasi, kemdian pilih menu Privasi Safe.
  3. Kamu akan diminta untuk menambahkan dan membuat password atau pola yang nantinya digunakan sebagai kunci akses.
  4. Selanjutnya akan ditampilkan beberapa folder.
  5. Silahkan pilih folder foto lalu tekan icon + (tombol add), setelah itu pilih beberapa file foto yang ingin disembunyikan, kemudian tekan Done.
  6. Secara otomatis file yang dipilih akan masuk ke fitur Privasi Safe. Kamu bisa melakukan hal yang sama pada file lainnya.
  7. Selesai.

Baca juga : Cara Menyimpan Gambar dari Google ke Galeri HP Android

Membuka Foto atau Video yang Telah Disembunyikan

File-file yang telah kamu sembunyikan, kamu bisa membukanya kembali agar bisa terlihat digaleri tanpa harus mengakses Private Safe. Berikut cara mengembalikan file yang telah disembunyikan:

  1. Buka menu Pengaturan di HP OPPO.
  2. Pilih Privacy.
  3. Scroll ke bawah dan pilih Private Safe.
  4. Masukkan password yang telah dibuat.
  5. Pilih salah satu folder yang ingin dilihat.
  6. Jika ingin mengembalikan foto atau video yang diprivate, tekan dan tahan file lalu pilih Set as Public.
  7. Foto dan video yang dikembalikan bisa kamu lihat di galeri.
  8. Selesai.

Perlu kamu catat, saat pertama kali kamu mengaktifkan fitur Private Safe, kamu akan diminta untuk memunculkan shortcut folder di Home Screen. Jika kamu menyetujuinya, maka folder tersebut dapat langsung diakses tanpa harus masuk ke aplikasi Settings.

Kamu bisa mengembalikan foto atau video yang telah disembunyikan dengan mengaturnya menjadi Set as Public. Jika sudah diatur ke publik, maka foto dan video yang disembunyikan kini bisa kamu lihat di aplikasi galeri atau file maanger bawaan ponsel OPPO.