2 Cara Menonaktifkan Talkback di HP Realme Semua Tipe

Menonaktifkan Talkback di HP Realme

Talkback merupakan fitur untuk melakukan perintah pada ponsel android hanya dengan audio atau suara saja. Jadi cukup dengan perintah suara saja pengguna bisa mengoperasikan ponsel tanpa menyentuhnya.

Bagi pengguna yang memiliki kekurangan, fitur ini tentu akan sangat berguna. Namun sebaliknya, biasanya pengguna akan merasa terganggu dengan adanya fitur ini, ketika fitur ini tidak sengaja aktif maka mereka jelas langsung ingin menonaktifkan fitur voice assisten ini.

Realme sendiri sudah menyediakan fitur untuk mematikan talkback karena memang fitur ini hanya dikhusus kan untuk beberapa orang saja. Bagi kamu pengguna Realme yang secara tidak sengaja mengaktifkan fitur ini, kamu jangan khawatir karena Realme sudah menyediakan fitur untuk menonaktifkan talkback.

Baca juga : Cara Screenshot Realme C20 Menggunakan Fitur Bawaan

Cara Menonaktifkan Talkback Realme

Realme memiliki antarmuka yang mirip dengan HP Oppo, jadi untuk menonaktifkan talkback pada realme juga hampir sama dengan di Oppo. Baik secara mekanismenya maupun pada bagian menu pengaturannya sendiri sangat mirip.

Terkadang kita tidak sadar telah mengaktifkan fitur talkback ini karena menekan tombol volume dalam beberapa saat. Dengan menekan tombol volume selama 3 detik maka secara otomatis voice assisten akan aktif.

Setelah fitur talkback ini diaktifkan maka ponsel sudah tidak bisa di operasikan seperti biasa lagi. Melainkan hanya bisa digunakan dengan perintah suara. Berikut tahapan untuk menonaktifkan talkback realme dengan mudah.

A. Menonaktifkan Talkback Realme

1. Langkah pertama, silakan swipe layar ke atas menggunakan 2 jari untuk membuka semua menu di ponsel Realme.

2. Setelah itu buka Pengaturan dengan cara tap 1 kali lalu tap 2 kali.

3. Gulir ke bawah menggunakan 2 jari dan pilih Pengaturan Tambahan.

4. Cari Aksesibilitas yang terletak di pilihan menu bagian bawah.

5. Kemudian tap 1 kali dan diikuti tap 2 kali pada menu Pintasan Aksesibilitas.

6. Matikan Pintasan Aksesbilitas dengan mengetuk bulir aktivasi pada bagian kanan. Jika sudah, silakan klik tombol Kembali.

7. Klik 1 kali dan klik 2 kali pada menu TalkBack.

8. Matikan TalkBack dengan cara klik tombol aktivasi lalu pilih Nonaktifkan.

9. Sampai disini kamu sudah berhasil menonaktifkan fitur TalkBack Realme. Sekarang kamu sudah bisa mengoperasikan ponsel kamu seperti biasa, tanpa harus menggunakan dua jari maupun tap menu secara berulang kali.

Nb. Ketika fitur TalkBack pada ponsel aktif, kamu perlu menggunakan 2 jari untuk melakukan scroll layar ke atas maupun ke bawah. Selain itu, untuk melakukan konfirmasi kamu haru melakukan tap 1 kali lalu tap 2 kali.

B. Menonaktifkan TalkBack Realme dengan Tombol

Sama seperti HP android lainnya, Realme juga telah menyediakan tombol yang bisa digunakan untuk menonaktifkan fitur TalkBack. Tombol tersebut bukanlah tombol khusus, melainkan kombinasi antar tombol yang tersedia di ponsel tersebut, seperti volume up dan volume down.

  • Buka HP Realme.
  • Setelah itu tekan dan tahan tombol Volume Up + Volume Down secara bersamaan.
  • Nanti akan muncu pada layar HP Realme sebuah notifikasi yang menyatakan bahwa fitur TalkBack berhasil dimatikan.

Nb. Menonaktifkan TalkBack menggunakan kombinasi tombol bisa diterapkan pada semua tipe HP Realme.

Baca juga : Cara Mengatasi Kamera HP Tidak Bisa Memotret

Itulah tutorial cara menonaktifkan fitur TalkBack di HP Realme melalui menu pengaturan dan tombol kombinasi. Selain itu, di atas juga telah saya jelaskan mengenai cara pengoperasian HP Realme ketika fitur TalkBack aktif.