Cara Menggunakan Zoom Meeting di Laptop dan HP

Zoom Meeting

Saat ini, berbagai aktivitas dapat dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom, yang memungkinkan komunikasi dalam bentuk pertemuan, webinar, atau acara secara online.

Penggunaan aplikasi Zoom telah meningkat pesat selama pandemi. Di Indonesia maupun di seluruh dunia, Zoom telah menjadi solusi terbaik untuk melanjutkan aktivitas pekerjaan dan pendidikan dari rumah.

Zoom dapat digunakan secara gratis dan tersedia untuk berbagai perangkat seperti komputer desktop, laptop, tablet, atau smartphone. Meskipun demikian, ada beberapa orang yang masih belum familiar dengan cara menggunakan aplikasi ini.

Bagi yang ingin belajar cara menggunakan aplikasi Zoom, berikut adalah tutorialnya.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting

Aplikasi Zoom adalah platform layanan konferensi video berbasis cloud computing yang pertama kali dirilis pada tahun 2013 dan dikembangkan oleh Eric Youn. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pertemuan virtual dengan orang lain melalui panggilan video, obrolan, atau telepon.

Bagi yang ingin mengadakan acara, event, atau pertemuan secara online, Zoom dapat menjadi pilihan yang tepat karena fitur-fiturnya dapat memudahkan dalam melaksanakan aktivitas tersebut. Selain itu, Zoom dapat digunakan di komputer desktop, laptop, tablet, atau smartphone.

1. Cara Menggunakan Zoom di HP

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Zoom di smartphone:

  1. Unduh dan pasang aplikasi Zoom Cloud Meetings dari Playstore untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.
  2. Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi Zoom dan masuk dengan mengklik tautan undangan "Join a Meeting Zoom". Aplikasi Zoom akan terbuka secara otomatis.
  3. Masukkan nama dan ID untuk bergabung dalam pertemuan Zoom, serta masukkan kata sandi jika diperlukan.
  4. Lakukan pengaturan audio dan video jika ingin menggunakan latar belakang virtual.
  5. Jika ingin membuat pertemuan Zoom sendiri, pilih "Start Meeting", lalu masuk ke pengaturan. Buat nama pertemuan, pilih ID pertemuan (Generate secara Otomatis), dan atur kata sandi.
  6. Bagikan tautan, ID pertemuan, dan kata sandi kepada peserta yang akan mengikuti pertemuan Zoom.

2. Cara Menggunakan Zoom di Laptop

Selain menggunakan ponsel, Anda juga dapat melakukan pertemuan Zoom di laptop. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi situs web https://zoom.us/, lalu buat akun Zoom dan aktivasi melalui email aktivasi yang Anda terima.
  2. Buka aplikasi Zoom untuk bergabung dalam pertemuan.
  3. Masukkan ID pertemuan dan kata sandi yang diberikan oleh penyelenggara.
  4. Klik "Join a Meeting" untuk bergabung dalam pertemuan.

Cara Join Meeting Zoom

Untuk mengikuti pertemuan dalam aplikasi Zoom, biasanya Anda akan menerima tautan undangan "Join a Zoom Meeting". Dengan tautan undangan tersebut, Anda dapat bergabung dalam pertemuan Zoom. Bagi yang belum tahu dengan cara bergabung dalam pertemuan Zoom melalui tautan undangan, berikut ini adalah tutorialnya.

1. Join Meeting di Aplikasi Zoom Melalui Smartphone

Menerima undangan untuk melakukan pertemuan Zoom saat sedang berada di luar dan hanya membawa ponsel? Kamu tetap bisa mengikuti pertemuan tersebut dengan menggunakan aplikasi Zoom yang dapat diinstal di ponsel Android atau iOS.

Berikut langkah-langkah untuk bergabung dalam pertemuan Zoom melalui smartphone:

  1. Install aplikasi Zoom yang dapat diunduh secara gratis dari Playstore untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.
  2. Buka aplikasi Zoom dan masuk ke pertemuan Zoom dengan menekan "Join a Meeting".
  3. Sebelum bergabung, masukkan Nama, ID Pertemuan, dan Kata Sandi yang diperoleh dari undangan pertemuan Zoom.
  4. Pilih opsi untuk bergabung dengan menggunakan video atau hanya audio. Jika memilih "Join With Video", kamu dapat mengubah latar belakang Zoom. Namun, jika memilih "Join With Audio", pertemuan hanya akan dilakukan melalui suara tanpa konferensi video.

2. Join Meeting di Zoom Melalui Laptop

Sebelum bergabung dalam pertemuan Zoom, pastikan laptop Anda sudah memiliki aplikasi Zoom terinstal. Jika belum, Anda dapat mengunduhnya terlebih dahulu. Bagi yang sudah menginstal aplikasi Zoom, dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk bergabung dalam pertemuan Zoom melalui laptop.

  1. Setelah menerima undangan pertemuan, biasanya Anda akan mendapatkan tautan atau link berserta ID pertemuan dan kata sandi untuk bergabung dalam pertemuan.
  2. Klik tautan tersebut, dan Anda akan diarahkan untuk membuka aplikasi Zoom.
  3. Masukkan ID pertemuan untuk bergabung dalam pertemuan Zoom sesuai dengan informasi yang Anda terima.
  4. Pilih opsi audio yang akan digunakan, apakah "Join With Computer Audio" atau melakukan tes terlebih dahulu.
  5. Setelah memilih audio yang akan digunakan, Anda sudah bergabung dalam pertemuan Zoom.

Keuntungan dan Fitur-fitur Aplikasi Zoom

1. Fitur pertama yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah kemampuan untuk menampung 500 peserta dalam satu sesi. Ini cukup besar sehingga cocok untuk digunakan dalam sebuah kelas.

2. Dengan aplikasi ini, kita dapat saling berbagi layar, yang berarti setiap peserta dapat melihat layar yang sama.

3. Durasi maksimum dalam satu sesi adalah sekitar 40 menit dan gratis. Namun, untuk sesi yang lebih lama, Anda perlu membeli versi premiumnya. Jika tidak, Anda dapat memulai sesi baru setelah waktu habis.

4. Fitur Zoom memberikan kualitas suara dan gambar HD yang mengagumkan.

5. Salah satu fitur yang paling menarik adalah kemampuan untuk menggunakan Virtual Background. Fitur ini memungkinkan kita mengganti latar belakang kita dengan gambar latar belakang lainnya, seperti pantai, gunung, dan lainnya, tanpa perlu layar hijau. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia jika Anda menggunakan Zoom melalui laptop.

6. Zoom juga menyediakan fitur schedule yang memungkinkan kita menjadwalkan waktu pertemuan.

7. Jika Anda ingin merekam pertemuan Anda, Zoom menyediakan fitur Record sehingga Anda tidak akan melewatkan momen penting dalam pertemuan.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial tentang cara menggunakan Zoom Meeting di PC, laptop, tablet, dan hp. Saya yakin sekarang Anda sudah mengerti dan dapat menggunakan aplikasi Zoom ini. Ingatlah untuk tidak membagikan link ID Anda secara sembarangan, hal ini penting untuk menjaga kenyamanan dan keamanan saat menggunakan Zoom Meeting. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kita semua.