5 Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Merekam Video, Paling Ampuh!

Begini cara mengatasi masalah kamera Xiaomi yang tidak dapat terhubung dan merekam video dengan baik, dijamin langsung bagus lagi!

Xiaomi

Penyebab kamera HP Xiaomi yang tidak dapat terhubung dan tidak bisa merekam video biasanya beragam, baik dari aplikasi atau hardware kamera pada HP Xiaomi Anda.

Namun jangan khawatir, bagi Anda yang sedang mengalami masalah seperti kamera HP Xiaomi yang bermasalah tidak dapat terhubung dan merekam video, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut.

Berikut adalah 5 cara mengatasi kamera HP Xiaomi yang bermasalah tidak dapat terhubung dan merekam video, pastikan Anda membaca sampai selesai.

Baca juga : Cara Reset HP Xiaomi ke Pengaturan Pabrik Semua Tipe

Kamera Xiaomi Bermasalah, Tidak Dapat Terhubung dan Merekam Video

Xiaomi memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan merek lain. Namun, ada beberapa kendala yang sering dialami pengguna HP Xiaomi.

Salah satunya adalah ketika HP Xiaomi tidak dapat digunakan untuk merekam video. Masalah ini terjadi saat pengguna ingin memencet tombol rekam, tetapi tidak berhasil.

Banyak pengguna bingung mengapa hal ini terjadi dan apa penyebabnya. Untuk informasi lebih lanjut, silakan simak penjelasan berikut.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Merekam Video

Untuk mengatasi masalah kamera yang error di HP Xiaomi sehingga tidak dapat digunakan untuk merekam video, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Anda tidak perlu membawa HP tersebut ke tukang servis, karena Anda dapat memperbaikinya sendiri dengan mudah. Berikut adalah cara-cara untuk mengatasi kamera Xiaomi yang tidak dapat merekam video secara lengkap.

1. Beri Ruang Memori

Penyebab umum ketika HP Xiaomi tidak dapat digunakan untuk merekam video adalah karena ruang penyimpanan penuh. Ketika ruang penyimpanan penuh, Anda tidak dapat menambahkan video baru dari hasil rekaman.

Jadi, bagi Anda yang mengalami masalah tidak bisa merekam video di HP Xiaomi, kemungkinan besar disebabkan oleh masalah ruang penyimpanan. Solusinya, Anda dapat menggunakan kartu memori SD atau eksternal, atau menghapus beberapa file yang tidak penting untuk memberikan ruang pada memori.

2. Restart Xiaomi

Masalah HP Xiaomi yang tidak dapat merekam video mungkin disebabkan oleh error pada sistem Android yang disebabkan oleh file cache. Memori HP Xiaomi mungkin terisi penuh dengan file cache sehingga mengganggu fungsi HP saat digunakan untuk merekam video.

Cara praktis untuk menghapus file cache atau sampah di memori HP Xiaomi adalah dengan melakukan restart. Setelah HP Xiaomi direstart, Anda dapat menjalankan kembali aplikasi kamera dan menggunakannya untuk merekam.

Baca juga : Cara Melihat Waktu Penggunaan Aplikasi di HP Xiaomi

3. Clear Cache & Data

Selain file cache yang tersimpan di RAM, file cache yang menumpuk di aplikasi Kamera juga bisa menjadi penyebab error dan tidak bisa merekam video. Untuk mengatasinya, Anda perlu menghapus file sampah tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Kamera Xiaomi.
  • Klik pada opsi Penyimpanan.
  • Klik Hapus Cache.

Setelah itu, jalankan kamera lagi dan coba untuk merekam. Jika masih tidak berhasil, kembali ke halaman Penyimpanan tadi. Kemudian, klik Hapus Data.

4. Gunakan Aplikasi Kamera Lain

Untuk mengatasi masalah tidak dapat merekam di HP Xiaomi, Anda dapat menggunakan aplikasi kamera alternatif. Metode ini juga efektif jika kamera bawaan mengalami error.

Anda dapat mencari aplikasi kamera alternatif di Play Store yang menurut Anda memiliki fitur lengkap. Setelah menemukan aplikasi yang sesuai, instal dan coba gunakan untuk merekam. Jika berhasil, Anda dapat menggunakan aplikasi kamera tersebut sebagai pengganti kamera bawaan.

5. Factory Reset

Cara terakhir ini cukup berisiko karena melibatkan penghapusan semua data dan pengembalian ke pengaturan pabrik. Meskipun efektif dalam mengatasi masalah serius pada HP, langkah ini dapat menyebabkan kehilangan data secara permanen.

Karena risiko kehilangan data yang penting, sangat disarankan untuk melakukan pencadangan semua data, terutama yang krusial, ke memori eksternal atau perangkat lain sebelum melakukan langkah ini.

Baca juga : Cara Mengatasi Tidak Dapat Aktivasi Kartu SIM di Xiaomi

Demikianlah beberapa cara mengatasi masalah HP Xiaomi yang tidak bisa merekam video. Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai pembahasan di atas, silakan tanyakan di kolom komentar di bawah.