Cara Membuat Link Zoom Meeting Lewat HP dan Laptop

Cara membuat link zoom meeting

Aplikasi yang sedang populer saat ini adalah Zoom Meeting. Aplikasi ini memungkinkan pertemuan online secara real-time dan dapat menampung hingga 200 peserta dalam satu ruangan, tergantung paket yang digunakan.

Zoom Meeting dapat diakses melalui ponsel Android dan juga PC/Laptop. Meskipun tersedia secara gratis, penggunaan terbatas dengan waktu maksimal 40 menit. Setelah 40 menit, ruang pertemuan Zoom Meeting akan ditutup secara otomatis. Untuk melanjutkan pertemuan, pengguna perlu membuat ruang baru.

Jika Anda menginginkan fitur lebih, Anda dapat mencoba berlangganan Zoom premium. Harganya cukup terjangkau, sekitar 200 ribu per bulan.

Cara Membuat Link Zoom Meeting di Laptop

Zoom merupakan salah satu aplikasi rapat online yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Untuk Sobat yang ingin membuat link Zoom Meeting, caranya tidaklah sulit. Dengan membuat link tersebut, Anda juga dapat menjadi host dalam pertemuan virtual tersebut. Untuk penggunaan di laptop, Anda hanya memerlukan koneksi internet dan kamera laptop. Namun, bagi pengguna PC, pastikan Anda memiliki webcam.

Berikut adalah tutorial membuat link Zoom Meeting di laptop:

  1. Buka aplikasi Zoom Cloud Meetings versi PC. Jika belum memiliki, Anda dapat mengunduhnya melalui tautan ini: https://zoom.us/download.
  2. Setelah masuk ke aplikasi, klik "Sign In".
  3. Pilih opsi untuk masuk ke akun Zoom Meeting, dapat melalui Facebook, Gmail, atau SSO.
  4. Setelah masuk ke akun, cari opsi "New Meeting" untuk membuat ruang Zoom Meeting baru.
  5. Untuk membagikan link Zoom Meeting, pilih "Invite" untuk mendapatkan link tersebut.
  6. Di laman yang sama, Anda juga dapat membagikan ID meeting dan password dengan mengklik ikon "i" di pojok kiri atas.
  7. Proses selesai, sekarang Anda dapat membagikan link, ID, dan password Zoom Meeting kepada peserta.

Cara Membuat Link Zoom Meeting di HP

Membuat link Zoom Meeting juga dapat dilakukan melalui perangkat Android maupun iPhone. Tutorialnya hampir sama dengan versi laptop. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi Zoom Cloud Meetings di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.
  2. Pilih opsi untuk masuk ke akun Zoom Meeting, bisa melalui Facebook, Gmail, atau SSO.
  3. Pilih opsi "New Meeting".
  4. Di halaman berikutnya, Anda akan diberi akses untuk mengatur Video On dan Use Personal Meeting ID (PMI). Setelah selesai memilih, tekan tombol "Start a Meeting".
  5. Untuk membagikan link Zoom Meeting, klik tombol "Participants".
  6. Klik "Invite" > "Copy Invite Link".
  7. Selesai, sekarang Anda dapat membagikan link tersebut kepada peserta lain agar mereka dapat bergabung dalam rapat online yang Anda buat.

Anda juga dapat menjadwalkan pertemuan online pada waktu tertentu dengan memilih menu "Schedule" dan mengisi tanggal, waktu, dan pengaturan untuk pertemuan. Setelah itu, klik "Save/Done" dan Anda akan diarahkan ke aplikasi web Google Calendar.

Demikianlah tutorial mengenai cara membuat link Zoom Meeting di hp dan laptop dengan mudah dan sederhana. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.