Begini Cara Memasang Kabel Antena TV ke Booster dengan Benar

Booster

Jika Anda baru saja membeli televisi baru dan ingin memasangnya di rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelumnya. Televisi bukanlah satu-satunya perangkat yang diperlukan, Anda juga membutuhkan booster, antena, dan kabel untuk proses pemasangan yang tepat.

Selain itu, penting untuk memahami cara memasang kabel antena TV ke booster baik itu di dalam maupun luar ruangan. Jika Anda masih bingung, artikel ini akan memberikan penjelasan lengkap dan tutorial pemasangan yang mudah diikuti.

Mengapa penting untuk memasang booster TV?

Untuk memperoleh gambar televisi yang jernih dan berkualitas, selain memasang antena TV, Anda juga perlu menggunakan booster. Booster atau sering disebut penguat sinyal TV merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk memperkuat sinyal televisi agar gambar yang ditampilkan pada layar televisi semakin jernih. Pasalnya, jika sinyal yang diterima televisi tidak cukup kuat, maka gambar yang ditampilkan akan terganggu, kabur, atau bahkan tidak ada sama sekali.

Pemasangan booster ini tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu menghubungkan kabel antena TV ke port input pada booster dan menghubungkan kabel coaxial dari booster ke televisi. Namun, pastikan untuk memilih booster yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa jenis booster yang dapat dipilih, antara lain booster indoor, outdoor, dan booster aktif. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan Anda.

Kabel antena juga merupakan komponen penting dalam pemasangan perangkat televisi. Kualitas kabel antena yang baik dapat mempengaruhi kualitas gambar yang ditampilkan pada televisi. Kabel antena berfungsi sebagai pengantar sinyal dari antena TV menuju booster atau televisi.

Semakin baik kualitas kabel antena, maka semakin baik pula kualitas gambar yang ditampilkan pada layar televisi. Selain kabel antena, ada juga kabel coaxial yang berfungsi sebagai pengantar sinyal dari booster ke televisi. Pilihlah kabel antena dan kabel coaxial yang berkualitas untuk memperoleh gambar televisi yang jernih dan berkualitas.

Persiapan Dalam Memasang Kabel Antena TV ke Booster

Sebelum memasang kabel TV ke booster, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Setidaknya ada dua komponen yang harus Anda siapkan, yaitu kabel antena dan booster. Pastikan Anda memilih kabel antena dan booster yang berkualitas baik, baik untuk antena TV digital outdoor maupun indoor.

Berikut adalah beberapa tahapan persiapan yang perlu dilakukan:

1. Cara Memilih Kabel Antena TV yang Berkualitas

Kabel antena TV yang berkualitas sangat penting untuk memastikan gambar yang dihasilkan lebih jernih dan nyaman saat menonton siaran TV. Untuk memilih kabel antena TV yang tepat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, pilihlah kabel antena TV yang memiliki deret panjang. Kabel antena dengan deret panjang lebih disarankan karena dapat memudahkan penangkapan sinyal yang lebih kuat. Dengan penangkapan sinyal yang lebih kuat, maka kualitas gambar yang dihasilkan akan lebih baik.

Kmudian, pilih kabel coaxial 75 ohm. Kabel coaxial 75 ohm sangat disarankan karena memiliki losses (attenuation) yang kecil, sehingga sinyal yang diterima lebih kuat dan jernih. Kabel coaxial 75 ohm dari merek ternama seperti Belden, Kitani, atau Tanaka merupakan pilihan yang baik untuk memastikan kualitas sinyal yang baik.

Memilih kabel antena TV yang tepat sangat penting untuk memastikan kualitas gambar yang dihasilkan lebih baik dan nyaman saat menonton siaran TV. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih kabel antena TV dengan deret panjang dan kabel coaxial 75 ohm yang berkualitas baik dan terpercaya.

Dengan memilih merek kabel antena TV yang terpercaya, Anda dapat memastikan bahwa kualitas sinyal yang diterima lebih baik dan tahan lama. Jadi, pilihlah merek kabel antena TV yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda untuk memastikan kualitas gambar yang dihasilkan lebih jernih dan nyaman saat menonton siaran TV.

2. Jenis-Jenis Booster dengan Kualitas Terbaik

Meskipun Anda dapat memasang kabel antena TV tanpa menggunakan booster, namun penggunaan booster dianggap lebih baik karena dapat memperkuat sinyal televisi.

Namun, pastikan Anda menggunakan booster berkualitas terbaik agar mendapatkan hasil yang maksimal. Terdapat berbagai merek booster terbaik yang dapat Anda temukan di toko elektronik offline maupun online. Berikut adalah beberapa merek booster terbaik yang kami rekomendasikan untuk dipasang di televisi:

  • SKYBOX Set Top Box DVB T2
  • FALCOM FDA G300A
  • Televes Booster Matrix
  • Falcom FSA S300
  • PF DX W5000
  • Matrix HA-8640
  • Tanaka Power Supply Booster
  • VHF/UHF TV Antenna Booster
  • CATV Signal Amplifier
  • Toyosaki TYS-468AW

Anda dapat memilih salah satu merek booster yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan menggunakan booster berkualitas, maka kualitas sinyal yang diterima akan lebih baik, sehingga Anda dapat menikmati siaran TV dengan lebih nyaman dan jernih.

3. Skema Pemasangan Antena TV ke Booster

Dalam proses pemasangan kabel antena, skema diperlukan untuk memudahkan Anda mengetahui ke mana kabel antena akan dihubungkan. Dengan demikian, proses pemasangan akan lebih mudah dan kabel akan terpasang dengan rapi dan aman.

Berikut ini adalah contoh gambar skema pemasangan antena TV ke booster:

Cara Memasang Kabel Antena TV

Dalam skema tersebut, Anda dapat melihat posisi kabel antena dan booster serta bagaimana cara menghubungkannya. Dengan menggunakan skema, Anda dapat memastikan bahwa pemasangan kabel antena dan booster dilakukan dengan benar dan tidak terjadi kesalahan yang dapat mempengaruhi kualitas siaran TV.

Pastikan Anda memahami dengan baik skema pemasangan sebelum memulai proses pemasangan kabel antena. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa pemasangan dilakukan dengan benar dan siaran TV yang diterima memiliki kualitas yang baik.

Cara Memasang Kabel Antena TV ke Booster

Setelah persiapan komponen selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah memasang kabel antena ke booster. Berikut adalah cara memasang kabel antena TV ke booster secara urut.

1. Perhatikan Jalur Port Pada Booster

Booster biasanya memiliki dua port yang dihubungkan dengan kabel. Port pertama mengarah ke TV dan port kedua mengarah ke antena.

Selain itu, ada tiga port lagi, yaitu jalur ke antena VHF, antena UHF, dan dari bagian bawah booster.

Untuk memasang antena TV UHF dan VHF, Anda memerlukan beberapa komponen tambahan. Antara lain diplexer, kabel coaxial, filter penolak FM, amplifier, dan power supply.

Berikut adalah penjelasan tentang fungsi utama dari setiap komponen tersebut:

  • Diplexer, berfungsi untuk menyatukan dua sinyal dari antena UHF dan VHF dalam satu kabel output.
  • Kabel coaxial, berfungsi sebagai jalur masuk antara TV dan antena.
  • FM rejection filters, berfungsi sebagai penyaring sinyal FM sehingga dapat menghilangkan gangguan dari sinyal TV.
  • Amplifier, berfungsi untuk memperkuat sinyal antena agar lebih mudah ditangkap oleh TV.
  • Power supply, berfungsi sebagai sumber daya listrik untuk amplifier yang dihubungkan melalui kabel coaxial.

2. Menyambungkan Komponen Dengan Kabel

Setelah semua langkah di atas sudah dilakukan, langkah terakhir adalah menyambungkan antena, booster, dan TV menggunakan kabel yang telah disiapkan sebelumnya.

Ikuti skema pemasangan kabel antena booster seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Tidak perlu menggunakan skema yang rumit, yang terpenting adalah jalur kabel tidak mengganggu atau merusak sehingga dianggap cukup.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai cara memasang kabel antena TV ke booster. Terbukti bahwa caranya cukup mudah, bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memasang booster antena TV dengan baik dan tentunya aman.

Sekarang saatnya Anda mencobanya sendiri untuk memasang televisi baru di rumah tanpa harus memanggil tukang listrik. Dengan mengikuti beberapa tahapan di atas, Anda dapat melakukan pemasangan sendiri dengan mudah. Selamat mencoba!