Cara Melihat Waktu Penggunaan Aplikasi di HP Xiaomi

Hampir semua HP Xiaomi sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas jumbo. Smartphone dengan kapasitas baterai besar tentunya menguntungkan pengguna untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Nah, bagi para Mi Fans, penting untuk mengetahui cara melihat waktu penggunaan aplikasi di Xiaomi.

Xiaomi

Fitur lengkap yang dimiliki HP Xiaomi memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Salah satunya adalah memantau berbagai penggunaan aplikasi di smartphone mereka.

Misalnya, ketika mereka memantau penggunaan aplikasi dalam periode waktu tertentu. Ini sangat wajar bagi pengguna ponsel yang aktif menggunakan aplikasi tertentu, seperti media sosial atau game.

Namun, baterai HP Xiaomi terkadang cepat panas atau habis daya ketika digunakan untuk aplikasi atau game tertentu, terutama jika game tersebut berukuran besar yang membutuhkan performa tinggi.

Fitur untuk melihat waktu penggunaan aplikasi di HP Xiaomi sangat membantu dalam melakukan pemantauan. Hal ini mirip dengan cara menggunakan split screen HP Xiaomi, yang membantu dalam melakukan berbagai aktivitas multitasking pengguna ponsel tersebut saat menikmati berbagai konten hiburan.

Baca juga : Cara Mengatasi Tidak Dapat Aktivasi Kartu SIM di HP Xiaomi

Waktu Penggunaan Aplikasi di HP Xiaomi

Waktu penggunaan aplikasi di HP memang penting untuk mengetahui seberapa lama kita menggunakan aplikasi. Beberapa tipe smartphone telah menyediakan fitur untuk melihat seberapa lama penggunaan aplikasi.

Fitur ini mempermudah pengguna untuk memantau penggunaan aplikasi. Misalnya, untuk pengguna yang ingin mengurangi kecanduan bermain game, fitur ini sangat membantu.

Namun, tidak semua tipe HP Xiaomi memiliki fitur untuk melihat waktu penggunaan aplikasi. Namun, saya akan memberikan tips tentang cara melihat waktu penggunaan aplikasi di HP Xiaomi.

Cara Melihat Waktu Penggunaan Aplikasi di Xiaomi

Untuk melihat waktu penggunaan aplikasi di HP Xiaomi, pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Xiaomi telah menyediakan fitur khusus untuk memonitor aplikasi yang digunakan di HP, termasuk konsumsi baterai dan waktu penggunaan.

Fitur kesehatan digital di HP Xiaomi memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai pemantauan penggunaan aplikasi. Fitur ini tersedia pada HP Xiaomi yang menjalankan MIUI 11 atau versi yang lebih baru.

1. Melalui Fitur Kesehatan Digital

Untuk melihat waktu penggunaan aplikasi di HP Xiaomi, Anda dapat menggunakan fitur kesehatan digital. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan di HP Xiaomi Anda.
  • Gulir ke bawah dan cari opsi "Kesehatan Digital & Kontrol Orang Tua" di bagian bawah.
  • Masuk ke menu "Alat Kesehatan Digital Anda".
  • Pilih "Tampilkan Data Anda".
  • Anda akan melihat tabel penggunaan data untuk hari ini.
  • Klik pada dashboard atau bagian tengah diagram untuk melihat penggunaan aplikasi per waktu.
  • Anda dapat melihat penggunaan aplikasi untuk hari ini, kemarin, dan sesuai dengan pengguna.

Cara ini dapat diterapkan pada semua ponsel Xiaomi yang menggunakan MIUI 11 ke atas. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan statistik konsumsi baterai untuk melihat waktu penggunaan aplikasi.

2. Gunakan Screen On Time

Cara kedua adalah menggunakan informasi Screen On Time, yang merupakan cara yang lazim digunakan untuk melihat waktu penggunaan aplikasi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan di HP Xiaomi Anda.
  • Gulir ke bawah dan cari opsi "Baterai dan Performa".
  • Pilih "Statistik Konsumsi Baterai".
  • Pilih menu "Layar".
  • Anda akan melihat informasi, termasuk waktu penggunaan aplikasi.
  • Gulir ke bawah untuk melihat waktu penggunaan aplikasi secara lengkap.

Cara ini memungkinkan Anda untuk melihat penggunaan aplikasi untuk hari ini, kemarin, atau bahkan bulan sebelumnya. Anda juga dapat menggunakan periode kustom untuk melihat penggunaan aplikasi dalam rentang waktu tertentu.

Baca juga : Cara Menghilangkan Iklan MIUI 11

Akhir Kata

Dari kedua cara di atas, pengguna dapat memilih cara mana yang paling mudah untuk diterapkan. Keduanya dapat digunakan di HP Xiaomi yang menggunakan MIUI 11 ke atas, jadi pastikan bahwa HP Anda telah menjalankan sistem operasi terbaru.

Semoga informasi singkat ini bermanfaat dan dapat diterapkan dengan baik untuk melihat informasi waktu penggunaan aplikasi. Semoga informasi ini berguna bagi pengguna HP Xiaomi yang ingin mengoptimalkan penggunaan ponsel mereka.