Cara Melihat QR Code Sendiri di BCA Mobile dan Penggunaannya

Cara Melihat QR Code BCA Sendiri

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, berbagai aktivitas kita menjadi lebih mudah. Salah satu kemudahan tersebut terlihat dalam adopsi fitur QR Code pada proses pembayaran, khususnya dalam transaksi digital.

Penting untuk dicatat bahwa fitur QR Code juga telah diimplementasikan dalam aplikasi BCA Mobile. Melalui fitur QR BCA, proses pembayaran menjadi lebih mudah dan cepat, selama terdapat kode QRIS. Sebagai pengguna aktif, saya merasakan manfaat besar dari kemudahan yang diberikan oleh fitur ini.

Mungkin masih banyak yang belum familiar dengan QR Code QRIS, oleh karena itu, mari kita bahas lebih lanjut.

Apa Itu QRIS BCA?

QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesia Standard. Ini merupakan jenis kode yang menyimpan data di dalamnya. Data yang tersimpan dalam kode ini umumnya berupa nomor rekening, dan bahkan bisa mencakup data lain seperti nama pemilik rekening.

Sebagai metode transaksi, QRIS telah menjadi standar yang diakui oleh Bank Indonesia. Fungsi utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan transaksi, baik itu pembayaran maupun transfer.

Cara Kerja dari QRIS

Cara kerja QRIS sebenarnya sangat sederhana. Pengguna hanya perlu melakukan pemindaian (scanning) terhadap kode QR melalui aplikasi mobile yang dimilikinya. Setelah melakukan pemindaian, informasi rinci akan muncul, termasuk nomor rekening tujuan dan jumlah yang harus dibayarkan. Ini berlaku terutama untuk kode QR khusus di merchant.

Setelah berhasil melakukan pemindaian dan muncul informasi pembayaran, langkah selanjutnya adalah melakukan proses pembayaran. Dengan demikian, keseluruhan proses transaksi menjadi lebih mudah dan cepat.

Fungsi QR Code BCA

QR Code BCA berperan penting dalam memfasilitasi transfer antar pengguna rekening BCA tanpa perlu memasukkan nomor rekening secara manual. Proses transfer dana dapat dilakukan dengan mudah melalui pemindaian kode QR, di mana aplikasi secara otomatis akan mentransfer dana ke rekening tujuan.

Fitur ini tidak hanya memungkinkan transfer antar pengguna, tetapi juga dapat digunakan untuk pembayaran di berbagai tempat dengan QRIS. Keberadaan fitur ini memberikan kemudahan, kecepatan, keamanan, dan kenyamanan dalam melakukan transaksi.

Jika kamu berbelanja di merchant yang mendukung pembayaran melalui QRIS, QR BCA Mobile dapat digunakan. Keuntungannya, tidak ada biaya tambahan yang dikenakan jika kamu memilih pembayaran melalui QRIS BCA.

Cara Melihat QR Code BCA Mobile

Kali ini kita akan membahas cara melihat barcode BCA sendiri. Pengguna aplikasi BCA Mobile sudah otomatis memiliki QR Code untuk nomor rekening mereka. Meskipun demikian, banyak yang mungkin bingung tentang cara mengetahui kode barcode tersebut.

Jangan khawatir, karena berikut ini beberapa panduan dan cara mudah yang dapat dilakukan:

  1. Pastikan Anda sudah memiliki akun BCA Mobile.
  2. Buka aplikasi BCA Mobile.
  3. Masukkan kode akses.
  4. Tekan menu "QRIS" di bagian tengah.
  5. Layar untuk memindai QR Code akan muncul.
  6. Pada bagian bawah, klik "SHOW QR".
  7. Kode QR Anda beserta informasi nama dan nomor rekening akan ditampilkan di bawahnya.
  8. Pilih "Simpan" atau "Bagikan" untuk menyimpan atau berbagi kode tersebut.

Dengan mengetahui kode QR BCA Anda, Anda dapat memberikannya kepada orang yang meminta nomor rekening Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa ini hanya berlaku dalam proses transaksi sesama Bank BCA. Untuk transaksi antarbank, mungkin akan sedikit lebih sulit.

Cara Daftar QRIS BCA

Pada versi terbaru aplikasi BCA Mobile, QR Code tidak dapat dilihat jika layanan finansial belum didaftarkan atau diaktifkan. Oleh karena itu, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mendaftar untuk layanan tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar QRIS BCA:

  1. Buka halaman web https://www.bca.co.id/en/Individu/layanan/e-banking/QRIS.
  2. Setelah halaman dimuat, gulir ke bawah hingga menemukan menu "Dapatkan Produk".
  3. Klik "Daftar Sekarang".
  4. Isi data pada formulir "Permohonan QRIS Statis" yang tersedia.
  5. Setelah formulir diisi, klik tombol "Daftar".
  6. Setelah pendaftaran selesai, tunggu beberapa waktu hingga persetujuan diproses. Proses ini dapat memakan waktu maksimal lima hari kerja.

Cara Menggunakan QR Code BCA (QRIS) untuk Pembayaran

Sebagai informasi tambahan, kami juga ingin memberikan panduan tentang cara melakukan pembayaran menggunakan QRIS. Bagi yang belum familiar, panduan ini akan sangat membantu, terutama ketika Anda berada di outlet atau merchant dan ingin melakukan pembayaran dengan lebih cepat melalui metode QRIS.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi BCA Mobile.
  2. Masuk ke m-BCA dan masukkan kode PIN Anda.
  3. Akses fitur QRIS BCA Mobile yang terletak di bagian bawah tengah.
  4. Pindai kode QRIS penerima.
  5. Periksa apakah nama penerima sudah benar, lalu masukkan nominal yang akan ditransfer.
  6. Masukkan PIN m-BCA Anda.
  7. Tanpa menunggu lama, transaksi akan berhasil.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pembayaran menggunakan QRIS akan menjadi lebih efisien.

Demikianlah tutorial tentang cara melihat QR Code BCA sendiri, sangat mudah bukan? Jika Anda tidak menemukan menu QR Code di aplikasi BCA Mobile, coba perbarui aplikasinya ke versi terbaru terlebih dahulu. Setelah itu, buka kembali aplikasi BCA Mobile.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.